Kurma Mengkal: (Khasiat, Kandungan Nutrisi dan Cara Meraciknya)

WarasSehat.com – Kurma mengkal adalah kurma muda atau kurma yang setengah matang. Ternyata khasiat kurma mengkal , diantaranya menekan tekanan darah tinggi, mencegah pendarahan dan lainnya akan saya bahas dibawah nanti.

Loading...

Penderita darah tinggi atau hipertensi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma ini, karena khasiat kurma mengkal dapat menurunkan kadar tekanan darah.

Kurma mengkal atau disebut juga kurma balah, memiliki banyak khasiat dan manfaatnya, hal ini juga Allah Swt. telah menyebutnya di dalam alqu’an yaitu kisah maryam.¬†Allah berfirman,

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu. Niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak padamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu.”(Maryam[19]:25-26)

Hadits yang Menerangkan Khasiat Kurma Mengkal

Rasulullah Saw. pun menganjurkan untuk senantiasa mengkonsumsi kurma mengkal/balah, dalam haditsnya Beliau menyebutkan:

Loading...

” Makanlah balah dengan tamr (kurma kering dan tua), karena sesungguhnya setan, apabila melihat anak adam sedang makan balah dengan tamr maka ia berkata”Anak adam akan terus eksis sehingga dia makan makanan yang muda dengan yang sudah tua.” (HR.Ibnu Majah).

Khasiat kurma mengkal

Disebutkan dalam kitab Thibbun Nabawi, bahwasanya di dalam balah itu tersimpan sifat dingin dan kering. Ia sangat bermanfaat bagi mulut, gusi dan perut. Namun kurang bagus untuk dada dan paru-paru.

Disebutkan dalam Tadzkirah Dawud Al-Anthaki, sesungguhnya balah atau kurma mengkal itu merupakan zat penguat bagi hati manusia, pelunak watak, penambah libido. Apabila dimakan bersama biji pohon cemara, khasiat kurma mengkal juga dapat menyembuhkan tenggorokan yang parau.

Memakan kurma mengkal sebelum sarapan pagi bisa bermanfaat membunuh cacing dan mampu memperkuat gusi dan perut. Kurma mengkal juga berkhasiat menghentikan diare dan darah wasir, merekatkan luka-luka yang menganga dengan menggunakannya sebagai perban, dan sangat dianjurkan minum air jahe setelah memakan kurma mengkal.

Khasiat Kurma Mengkal dan Cara Meraciknya

Saya sajikan dihadapan Anda, sebuah resep ramuan yang mempunyai pengaruh dan kontribusi terbesar dalam upaya memperkuat daya jimak seseorang, yaitu dengan memakan kurma mengkal atau balah dengan air susu dan kayu manis.

Konsumsilah pada malam hari lalu pada malam yang kedua, makanlah kurma mengkal dengan minum air jahe. demikian seterusnya, bergantian mengkonsumsinya, selama kurang lebih lima belas hari secara rutin.

Baca juga: Manfaat Kurma Ajwah Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Islam

Untuk orang-orang yang perutnya sehat, sangat dianjurkan untuk menambah menu, menu yang saya sebutkan tadi, dengan menambah satu sendok madu lebah disetiap pagi harinya. Dan perlu juga dengan memakan tambahan dengan sepotong keju dari susu sapi yang masih hangat secukupnya.

Dengan hal tersebut, akan menambah kekuatan tubuh dan stamina senggama Anda meningkat. Anda bisa membuktikannya. Selain khasiat diatas, khasiat kurma mengkal juga mempunyai manfaat-manfaat medis lainnya, antara lain adalah:

  • Dapat mempermudah proses melahirkan, Kurma mengkal atau balah sangat bagus dikonsumsi oleh para ibu hamil tua, karena ia bermanfaat untuk memperlunak dan melumasi rahim.
  • Mencegah pendarahan dan menurunkan naiknya kadar tekanan darah (hipertensi) pada saat persalinan.
  • Mengendurkan sel-sel syaraf, yang berpengaruh terhadap kelenjar gondok
  • Menguatkan otot-otot dan sel-sel urat syaraf tubuh.
  • Memeperlambat proses penuaan dan mencegah penuaan dini.
  • Dapat menyembuhkan orang-orang yang memiliki masalah kekurangan darah atau anemia.
  • Mengobati penyakit-penyakit didalam dada seperti asma, bronchitis, batuk, flu dan lainnya.
  • Meningkatkan kesehatan mata, karena pada kurma mengkal terkandung vitamin A yang cukup tinggi.
  • Pembersih alami bagi perut, jika mengkonsumsinya dibarengi dengan minum susu.
  • Memperkuat saluran darah di dalam hati
  • Mampu menghilangkan lendir dan dahak dari dalam dada.

Kurma mengkal merupakan salah satu makanan yang penting dan paling pokok pada manusia, sehingga cukup dengan memakan kurma mengkal atau balah untuk mencukupi kebutuhan makan dan dengan minum air putih setiap hari. Pada orang badui arab, mereka hanya makan kurma mengkal atau balah ini setiap harinya dan bertahan hidup dari ke hari tanpa makanan lainnya.

Baca juga: Manfaat Dan Khasiat Gandum Untuk Kesehatan Menurut Islam

Kandungan Kurma Mengkal

Ternyata di dalam kurma mengkal terdapat kandungan gizi, gula, protein, zat lemak, vitamin A, B komplek dan vitamin C. Juga terdapat kandungan yodium, kalsium, potasium, zat besi dan fosfor. dan khasiat utama pada balah atau kurma mengkal adalah dapat melancarkan air seni, berkhasiat menguatkan hafalan dan melancarkan Air Susu Ibu atau ASI.

Sesungguhnya pada khasiat kurma mengkal mengandung zat-zat yang dapat melindungi tubuh dari macam-macam penyakit dan obat penyembuhnya. Balah atau kurma mengkal merupakan makanan yang diturunkan Allah swt. untuk membangun tubuh manusia.

Bahkan pada umur janin manusia sudah bisa mendapatkan manfaatnya. Dikarenakan seorang ibu hamil memakan kurma mengkal atau balah, mana kala memakannya, maka sang anak akan mempunyai tubuh yang kuat dan akan mempermudah proses melahirkannya. Maha suci Allah dan maha agung.

Loading...

Leave a Comment