Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit

Khasiat jahe untuk kesehatan dan pengobatan penyakit. Manfaat jahe pada umumnya untuk menghangatkan tubuh. Banyak masyarakat membuat wedang jahe untuk mengusir masuk angin. Khasiat jahe diantaranya untuk anti muntah yang efektif  mengatasi mual dan muntah. Selain itu, khasiat jahe bermanfaat sebagai zat untuk mengeluarkan keringat dan udara untuk penyembuhan perut kembung Anda. Jahe berguna juga sebagai stimulan peredaran darah, anti-inflamasi, antiseptik dan pengobatan penyakit.

Loading...

Khasiat jahe bisa juga untuk diet. Manfaat jahe untuk diet, dengan cara menambahkan jahe pada teh hijau. Seduh teh hijau dan campurkan jahe yang telah ditumbuk hingga memar lalu celupkan. Minum selagi hangat. Untuk hasil maksimalnya harus dibarengi dengan melakukan olahraga minimal 15 sampai 20 menit setiap hari

Khasiat Jahe Untuk  Kesehatan

Manfaat jahe adalah sebagai obat yang hebat bagi masalah-masalah pencernaan seperti, perut kembung, mual, gangguan pencernaan, infeksi usus dan berbagai jenis keracunan makanan.

Jahe juga efektif dalam mengatasi masalah tekanan darah tinggi dan demam. manfaat jahe ini, sangat baik bagi mereka yang rentan terhadap penggumpalan darah yang dapat menimbulkan serangan jantung dan stroke.

khasiat  jahe

Loading...

Jahe adalah pengobatan yang efektif bagi ibu hamil yang mengalami mual di pagi hari atau pun mabuk perjalanan. Manfaat jahe sangat cocok juga untuk para penyelam yang akan membantu mengatasi mabuk laut, menjaga badan dari masuk angin dan menghangatkan badan.

Khasiat Jahe Dan Madu

Untuk mengkonsumsi jahe, Anda bisa membuatnya menjadi teh jahe. Selain rasanya yang enak juga banyak membawa manfaat bagi kesehatan Anda. Nah akan saya bagikan resep cara membuat teh jahe spesial. Ambil jahe sebesar jempol pria dewasa, kemudian tumbuk hingga hancur tanpa Anda buang kulitnya. Rebus jahe dengan air sebanyak mug kopi selama beberapa menit. Tuangkan teh jahe ke dalam mug serta tambahkan 2 sendok makan madu lalu aduk.

Minum teh kopi tersebut selagi hangat. Ramuan ini mengandung manfaat  jahe untuk mengobati mual, masalah perut, demam dan pilek.

Kandungan Jahe

Jahe kaya akan kandungan seperti magnesium, kalsium, dan fosfor yang bekerja bersama-sama dalam pembentukan tulang, kontraksi otot dan transmisi saraf. Tingginya kandungan mineral pada jahe membuat sangat bermanfaat bagi masalah-masalah kejang otot, depresi, hipertensi, lemah otot, kebingungan, perubahan kepribadian dan gangguan pencernaan.

Kandungan jahe kaya akan kadar kalium menjadikan jahe bermanfaat untuk menjaga tubuh Anda dari masalah tulang keropos, kelumpuhan, sterilitas, kelemahan otot, apatis, kerusakan ginjal, dan kerusakan jantung. Sebagai tambahan, fungsi kalium pada jahe sebagai pengatur tekanan darah, juga mengatur detak jantung menjadi baik.

Efek samping jahe

Jahe selain mempunyai manfaat untuk kesehatan dan sebagai obat, ternyata memiliki efek negatif. Efeksamping jahe jika dikonsumsi dalam jumlah takaran yang dikonsumsi terlalu banyak dan sering. Akibat yang ditimbulkan dengan pemakaian yang berlebihan akan menimbulkan gangguan radang tenggorokan dan panas dalam.

Baca juga: Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Jahe Sebagai Obat

Anda bisa membuat obat tradisional dari jahe yang bisa menyembuhkan penyakit. Ramuan jahe dapat membantu mengatasi berbagai penyakit, diantaranya:

1. Obat Untuk Mual, Mabuk Perjalanan Dan Mabuk Kehamilan

Potong tipis-tipis jahe segar atau 1 sendok jahe bubuk. Seduh dengan segelas air panas, minum 3 kali sehari, tergantung kondisi Anda. Hasil terbaik akan didapatkan untuk mengatasi mabuk perjalanan, yaitu dengan meminumnya 2 jam sebelum bepergian.

2. Obat Untuk Otot, Tulang, dan Sendi.

Jika Anda pernah mengalami keseleo pada kaki atau patah tulang pada tangan dan kaki. Anda akan tahu bahwa daerah yang terkilir akan mudah bengkak dengan cepat. Khasiat jahe pada pengobatan keseleo ini sangat efektif untuk mengurangi bengkak. Resep ini terbukti manjur, tidak hanya untuk bengkak saja, namun untuk patah tulang juga.

3. Obat Untuk Keseleo

Cara meramu untuk masalah keseleo atau patah tulang, yaitu dengan menempelkan pada luka dengan parutan jahe yang ditambah dengan serai. Balurkan keseluruh bagian yang terluka. Bahkan akan lebih baik lagi jika dengan Anda parut jahe segar, campur dengan parutan bawang merah dan tambahkan sedikit minyak jintan hitam.

Oleskan pasta ini ditempat yang terkilir, bungkus dengan plastik dan rekatkan dengan perban panjang. Hal ini akan terasa sangat panas pada awalnya, jadi berhati-hati, jangan mengoleskannya dan membiarkan semalaman. Bila Kulit Anda terasa terbakar karena penggunaan yang terlalu lama, maka lepaskan perbannya. Gunakan perban ini selama Anda kuat merasakan panasnya. Hal ini sangat baik untuk mengatasi pembengkakan dan rasa sakit. Itulah khasiat  jahe untuk pembengkakan dan nyeri terkilir atau keseleo.

4. Obat Untuk Hipertensi

Jahe berguna untuk menstimulan sirkulasi dan membantu darah untuk mengalir ke permukaan. Hal tersebut membuat jahe menjadi obat yang penting bagi peredaran darah yang lemah ke arah kaki dan tangan. Dengan memperbaiki sirkulasi, manfaat  jahe membantu menstabilkan tekanan darah. jahe juga mampu meningkatkan produksi keringatkan dan membantu menurunkan suhu badan saat demam.

5. Obat Untuk Masuk Angin

Khasiat jahe untuk masuk angin Dan Permasalahan Perut. Untuk mengatasi pilek, yaitu dengan minum teh jahe panas yang ditambahkan sejumput bubuk kayu manis untuk menambah khasiatnya.

Siapkan satu cangkir besar teh jahe dan minum. Hal ini akan membuat perut Anda terasa nyaman dan membantu menghilangkan sakit kepala. Teh jahe ini  juga memiliki manfaat penyembuhan yang luar biasa bagi semua organ kewanitaan dan usus besar, serta bisa mengatasi stres menjadi lebih rileks.

Gunakan sepotong (ukuran jempol) yang sudah ditumbuk lalu ditambah 2 cangkir susu sapi asli bukan beli dari toko. Tambahkan 1 cangkir air kemudian campur dan aduk rata, panaskan hingga beruap. Minumlah campuran ini, dua atau tiga kali sehari.

Demikian bahasan khasiat  jahe bagi kesehatan Anda, semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: JManfaat jahe Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Pengobatan Islam

 

Loading...

Leave a Comment