Khasiat Lidah Buaya: Pengobatan, Serta Untuk Kecantikan Kulit

WarasSehat.com – Lidah buaya (Aloe vera) merupakan sejenis tanaman kuno yang dikenal untuk digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Di tanah air kita dengan mudah menemukan tumbuhan yang satu ini, namun tak sedikit yang tidak tau khasiat lidah buaya untuk kesehatan.

Loading...

Lidah buaya sudah dikenal selama berabad-abad karena manfaat lidah buaya ini, baik untuk diminum atau dioleskan pada daerah luka. Kegunaan lidah buaya sebagai obat tercatat mampu menyembuhkan hampir semua jenis luka kulit, luka bakar atau kulit melepuh. Bahkan tumbuhan ini membantu mempercepat penyembuhan pasca operasi.

Karena kandungan nutrisi yang berkhasiat ini, sering kali dijadikan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Lidah buaya dapat ditemukan secara luas di daerah-daerah panas atau daerah tropis, seperti Amerika dan Asia Tenggara. Tanaman ini bahkan banyak tersebar di semua wilayah bercuaca panas lainnya.

Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Tubuh

Bagian dari lidah buaya yang banyak digunakan adalah daunnya. Ia digunakan karena manfaatnya sebagai antibakteri, anastesi serta Antiseptik, dan sangat baik digunakan untuk pemulihan jaringan kulit yang terluka, seperti pada luka bakar, luka potong dan sangat manjur untuk penyembuhan yang diakibatkan oleh sengatan matahari.

Khasiat lidah buaya

Loading...

Gel lembut yang ada di bagian dalamnya sangat berkhasiat untuk menghilangkan eksim kulit yang disebabkan tanaman beracun dan membantu mengeluarkan infeksi. Khasiat lidah buaya juga sebagai obat pencahar yang sangat ampuh, sangat cocok untuk digunakan bagi mereka yang mengalami sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Baca juga: Khasiat jambu biji

Berikut adalah manfaat lidah buaya untuk membantu masalah kesehatan:

1. Pencahar Alami Dan Luka Kulit

Untuk obat sebagai pencahar alami, lidah buaya termasuk obat yang enak dikonsumsi. Dengan ditambah pemanis alami, seperti madu atau gula aren.

Caranya cukup dengan mengambil daging daun lidah buaya dan campur dengan pemanis diatas dan diminum. Mudah, bukan?. Namun jangan terlalu banyak untuk menggunakannya karena efek samping lidah buaya menyebabkan diare.

Khasiat lidah buaya lainnya yaitu untuk perban luka kulit seperti luka bakar dan luka potong. Caranya potong daun lidah buaya memanjang dan tekan bagian dalamnya ke permukaan, lalu tempelkan pada luka potong atau luka bakar Anda. Kemudian dibungkuskan untuk menutupi luka. Namun yang umum dilakukan, yaitu dengan mengeluarkan gel di dalamnya dan dioleskan pada luka tersebut. Anda bisa memilih yang mana, yang menurut Anda mudah.

Baca juga: Khasiat buah asem jawa

2. Penyakit Kulit

Lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati kulit melepuh, gigitan serangga, ruam, herpes, jamur, gatal karena alergi dan kulit kering.

Tanaman lidah buaya yang segar merupakan yang terbaik. Sekarang banyak obat dengan bahan lidah buaya dalam kemasan, yang dapat di beli di toko-toko obat,  yang memudahkan Anda untuk mengobati masalah-masalah kulit tadi.

Tanaman ini adalah tidak enak rasanya, oleh sebab itu membutuhkan pengolahan yang benar, supaya enak untuk dimakan atau diminum yaitu dengan mencampurkan pemanis. Saya biasanya beli dalam kemasan yang siap untuk dikonsumsi.

Manfaat lidah buaya untuk jerawat, luka sengatan matahari dan radang dingin. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka, dan bisa juga untuk menghilangkan keriput pada kulit wajah karena usia.

Lidah buaya juga terkenal sebagai makanan bergizi bagi rambut Anda. Dengan memijatkan olesan lidah buaya pada rambut, lalu diamkan selama 30 menit kemudian Anda bilas, akan membuat rambut Anda menjadi halus dan lembut jika disentuh.

Khasiat Untuk Pengobatan

Dengan cara dimakan atau diminum, lidah buaya berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit panad dalam perut, radang sendi, rematik dan asma. Selain itu juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Khasiat lidah buaya lainnya juga bisa membantu pasien kanker. Dengan mengkonsumsi lidah buaya mampu mengaktifkan sel-sel darah putih dan meningkatkan sel-sel non kanker. Penelitian menyatakan bahwa lidah buaya merupakan tanaman yang direkomendasikan untuk melawan penyakit kanker.

Manfaat lain dari Khasiat  lidah buaya, apabila Anda konsumsi, adalah untuk mengobati hidung tersumbat, cacingan, salah cerna, infeksi perut, wasir dan masalah liver, seperti hepatitis, sirosis, infeksi ginjal, infeksi saluran kemih, masalah prostat dan berguna juga sebagai detoks. (mengeluarkan racun dalam tubuh).

Baca juga: Khasiat buah delima

Khasiat Sebagai Obat

Banyak orang yang mengkonsumsi lidah buaya melaporkan keadaan mereka jauh lebih baik dan lebih sehat. Khasiat  lidah buaya yang dahsyat selayaknya mendapat perhatian Anda.

Saran saya, mulailah menambahkan bahan lidah buaya ke dalam daftar belanja Anda, yang berguna untuk ramuan herbal. Daun lidah buaya akan bertahan lebih lama jika disimpan dilemari es atau kulkas Anda.

Jika Anda membeli lidah buaya dalam kemasan, periksa bahan-bahan dasarnya dan lihat jumlah kandungan lidah buayanya cukup sesuai takaran obat herbal atau tidak. Berikut daftar kandungan lidah buaya yang baik pada bahan kemasan.

  • Minuman segar- Kandungan Aloe 50% atau lebih
  • Kapsul- Kandungan Aloe 5-10% atau lebih.
  • Krim dan obat oles-Kandungan Aloe 20% atau lebih.
  • Minuman-Kandungannya Aloe 10% atau lebih.
  • Jus-Kandungan Aloe 95% atau lebih.

Dengan itu Anda harus jeli dan teliti, karena banyak pabrik yang berusaha mencurangi Anda, dengan menuliskan Aloe Vera pada kemasan depannya saja tanpa ada kandungan presentasenya. Banyak kasus jumlah kandungan Aloe Vera pada produk tersebut tidak cukup atau kurang dari daftar diatas, sehingga khasiat lidah buaya tidak begitu terasa.

Loading...

Leave a Comment