Khasiat Kurma Untuk Kesehatan dan Pada Pengobatan

Khasiat kurma untuk kesehatan dan pada pengobatan. Manfaat dan khasiat buah kurma sudah sangat dikenal di seluruh dunia. Manfaat kesehatan dan pengobatan pada buah kurma di dapat karena kandungannya. Diantara kandungan kurma adalah gula alami yang berkhasiat lebih baik dibandingkan dari gula pasir olahan. Khasiat pengobatan pada buah kurma antara lain untuk menyembuhkan batuk, pilek asma, radang tenggorokan, demam, dan masalah pada liver.

Loading...

Kurma merupakan buah yang berasal dari timur tengah dan termasuk jenis tanaman palma. Tinggi pohon kurma sekitar 15 sampai 25 meter dengan buah yang dihasilkan dengan panjang 3 sampai 7 centimeter dan berdiameter 2 sampai 3 centimeter yang mempunyai biji tunggal.

Buah kurma dibagi menjadi 3 jenis golongan utama, yaitu golongan lunak, semi kering dan kering. Buah ini diketahui berasal dari teluk persia memiliki berbagai manfaat dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup tinggi.

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, dan beberapa nutrisi pada buah kurma antara lain, Thiamin, niasin, folat, dan riboflavin. Sehingga tidak mengherankan jika kurma jika kurma memiliki manfaat untuk kesehatan. Buah kurma sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena kandungan hormon sejenis oksitosin.

Hormon oksitosin pada buah kurma dapat membantu ibu hamil untuk merangsang kontraksi otot polos ketika menjelang melahirkan. Manfaat kurma pada ibu hamil juga dapat membantu mengurangi pendarahan ketika persalinan. Sari dari buah kurma bisa membantu menstabilkan kondisi ibu hamil dan mengembalikan nutrisinya.

Loading...

Manfaat dan khasiat kurma dapat diperoleh dengan memakannya secara langsung. Namun, bisa juga dengan merendamnya untuk memperoleh air nabeez. Air nabeez merupakan air rendaman kurma atau kismis yang dilakukan semalaman kira-kira 8 sampai 12 jam dengan menggunakan wadah yang tertutup rapat yang dicampur dengan air matang dan diminum keesokan harinya. Air nabeez dapat bertahan selama 1 sampai 2 hari, jika disimpan pada kulkas atau lemari es. Manfaat air kurma yaitu untuk membuang kelebihan asam di dalam perut.

Manfaat kurma tidak hanya diperoleh dari memakan buah dan meminum air rendamannya. Biji kurma juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Cara mendapatkan manfaat kesehatan pada biji kurma, yaitu dengan menjemurnya sampai kering dan kemudian disangrai lalu ditumbuk halus hingga menjadi bubuk. Pemakaiannya layaknya kopi yaitu dengan diseduh menggunakan air panas.

Kandungan biji Kurma, Dalambiji kurma mengandung lemak, serat, dan minyak kuning hijau. Biji kurma juga bisa digunakan untuk lulur dengan mencampurkannya bersama minyak zaitun dan madu dan dioleskan ke kepala.

Buah  kurma mempunyai serat yang sangat halus sehingga, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak akan menyebabkan iritasi pada perut. Pada bulan puasa atau bulan ramadhan, konsumsi buah kurma meningkat. Disamping memakannya adalah kesunnahan,  Dengan memakannya bermanfaat untuk memulihkan dan menyediakan tenaga ekstra.

Khasiat  Kurma Untuk Kesehatan

khasiat kurmaMengonsumsi kurma akan menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain itu kurma juga membantu Anda untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan. Dan inilah beberapa gangguan kesehatan yang bisa disembuhkan oleh buah kurma:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Salah satu khasiat kurma adalah membantu pencernaan Anda. Kurma mengandung 20 jenis asam amino yang berperan dalam proses pencernaan. Inilah mengapa kurma sangat mudah untuk kita cerna, dan bagus untuk menjaga kesehatan organ-organ pencernaan serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan minum 2 sendok makan sari kurma di pagi hari setelah Anda bangun, akan bermanfaat untuk merangsang gerak peristaltik yang bisa mengatasi masalah sembelit Anda.

2. Mengatasi Diabetes dan Demam Berdarah

Jika Anda sedang mengalami masalah diabetes, sangat disarankan untuk rutin makan buah ini. Karena khasiat kurma untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Selain baik untuk masalah diabetes, buah kurma juga bisa menyembuhkan demam berdarah.

Cara mendapatkan khasiat pengobatan pada kurma untuk mengatasi demam berdarah, yaitu dengan cara meminumya.  2 sendok pada  pagi hari dan 2 sendok makan pada sore hari. Lakukan rutin setiap hari sampai sembuh.

Selain itu Penderita demam berdarah harus istirahat total, dan minum banyak air putih akan mempercepat penyembuhannya. Efeknya bisa Anda rasakan 2 hari meminumnya. Demam akan hilang dan kadar trombosit Anda akan melonjak dan tubuh akan berangsur-angsur membaik dan sembuh.

Jika dalam kasus demam berdarah Anda diharuskan untuk merujuk ke rumah sakit, bawalah sari kurma dan minum dua laki sehari pagi dan sore. Anda pun akan cepat memulihkan kadar trombosit dalam tubuh dan cepat sembuh.

3. Mengobati Diare dan Maag

Kurma yang matang banyak mengandung kalium. kalium ini bermanfaat untuk mengontrol masalah diare. Zat tersebut sangat mudah dicerna yang akhirnya dapat membantu dan menangani masalah dan pengobatan Diare.

Kurma sangat baik khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada perut. Dengan mengkonsumsi 3 buah kurma di pagi hari dan 3 buah kurma saat petang, setiap hari. dengan melakukan hal ini, maka Anda akan mampu merasakan perbedaannya pada perut Anda. Jika perut Anda bermasalah, makanlah kurma secara teratur. Kurma adalah buah yang  dipilih banyak orang untuk menyembuhkan perut mereka yang bermasalah.

Baca juga: Manfaat Kurma Ajwah Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Islam

Pada bulan puasa dengan meminum 1 sendok makan sari kurma atau memakan buah kurma, sebelum berbuka. hal ini akan menghilangkan sakit perut apa pun, baik iritasi perut, yang biasanya terjadi pada perut saat bulan puasa.

4. Mencegah Rabun Senja Dan Memperkuat Email Gigi

Khasiat kurma Menurut penelitian, bahwa mengkonsumsi satu buah kurma sehari sekali dapat mempertahankan mata yang sehat sepanjang usia.  khasiat pengobatan pada kurma membantu dalam menjaga dan menjauhkan resiko Anda dari masalah rabun Senja.

Selain itu khasiat pengobatan kurma juga bermanfaat untuk menghambat proses pengeroposan dan pembentukan lubang gigi. hal ini dikarenakan buah kurma memiliki kandungan flourin yang merupakan mineral penting untuk kesehatan gigi Anda.

Khasiat  Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat buah kurma untuk kesehatan, tidak terlepas dari kandungan yang penting yang dibutuhkan untuk tubuh. Selain khasiat buah kurma diatas, ada beberapa manfaat lain buah kurma untuk kesehatan manusia, yaitu:

1. Mencegah Rematik

Ternyata buah kurma memiliki manfaat untuk mencegah rematik. Karena buah ini mengandung banyak mineral penting untuk kesehatan terutama untuk kesehatan tulang dan otot. Makan 15 buah kurma setiap hari dapat memenuhi kebutuhan tubuh untuk asupan mineral penting. Mineral penting tersebut antara lain: kalium, kalsium, sulfur, magnesium dan boron.

2. Meningkatkan Kesehatan Usus

Buah kurma merupakan serat terbaik untuk usus. Usus kita terus bekerja sehingga perlu dibersihkan dari sisa-sisa makanan untuk  kinerja usus kembali normal dan meningkat. Serat merupakan zat yang berfungsi untuk membersihkan usus dan itu dimiliki oleh buah kurma. Buah ini memiliki serat yang mudah larut yaitu pektin. Dan kurma memiliki kandungan pektin tertinggi dibandingkan dengan buah-buah lainnya. Selain itu, serat pada buah kurma muda bisa berkhasiat sebagai prebiotik yang mendukung perkembangan bakteri baik yang sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan kita.

3. Mencegah kanker Otak

Kandungan mineral yang tinggi pada buah kurma dan kaya mineral diantaranya magnesium, sulfur, potassium dan boron yang bermanfaat untuk mencegah terkena penyakit kanker otak. Dengan cukup mengonsumsi 15 buah kurma setiap hari, maka Anda telah mencukupi kebutuhan tubuh dari mineral tersebut di atas.

4. Sumber Energi

Buah kurma merupakan sumber energi. Dengan mengonsumsi  100 gram kurma segar, maka Anda telah memenuhi kebutuhan energi harian. Kurma merupakan sumber energi yang instan maka sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang berbuka puasa untuk mengembalikan stamina.

5. Mencegah Kanker

Kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga berguna untuk melindungi tubuh dan menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit kanker. Mengonsumsi buah kurma secara tidak langsung melindungi tubuh kita dari penyakit tersebut.  Zat-zat fitokimia yang mampu mencegah penyakit kanker antara lain polifenol, sterol, tanin dan karoten.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium pada kurma berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, menstabilkan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot-otot jantung dan mengatur tekanan darah.

7. Mencegah Stroke

Dengan mengkonsumsi buah kurma akan mengurangi resiko terkena stroke hingga 40%. Makan 100 gram buah kurma itu berarti telah memberi asupan kalium 400 mg. Kebutuhan kalium tersebut bisa terpenuhi dengan kita mengonsumsi 5 buah kurma setiap hari. Dengan hal itu, maka kandungan kaliumnya akan mencegah kita terkena risiko stroke.

8. Mencegah Anemia

Anemia atau kurang darah merupakan masalah yang terjadi karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Anemia ini juga sering dialami oleh ibu hamil. Anemia pada masa kehamilan bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah kurma.

Bahkan kurma bisa berfungsi untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi dan kalsium pada buah timur tengah ini berperan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan asam askorbatnya juga baik untuk menjaga ketersediaan zat besi dalam tubuh, sehingga produksi hemoglobin dapat berjalan dengan baik. Itulah salah satu manfaat kurma bagi ibu hamil.

9. Meningkatkan Daya Ingat Dan Kerja Otak

Kandungan kalium buah kurma berfungsi untuk meningkatkan daya ingat dan kinerja otak. Dengan cukup kalium dalam tubuh, maka akan melancarkan distribusi oksigen ke otak dan menyeimbangkan cairan tubuh Anda.

10. Mencegah Insomnia

Insomnia atau sulit tidur merupakan masalah  kesehatan yang serius. Gejala insomnia ini banyak di alami pada masa modern ini. Dampaknya, keseimbangan tubuh mulai terganggu karena sistem metabolisme yang tidak teratur. Kandungan vitamin B3 dalam buah kurma bisa membantu Anda mencegah insomnia dan mengurangi gejalanya.

11. Mencegah Penggumpalan Darah

Khasiat kurma yang lain adalah untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Karena kurma mengandung banyak asam salisilat yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah. Penggumpalan darah sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menjadi penyebab penyakit stroke dan penyakit jantung.

Demikianlah Manfaat dan Khasiat kurma, Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat.!!

Baca juga: Manfaat Kurma Muda Bagi Kesehatan Menurut Islam

Loading...

Leave a comment