Khasiat Tomat Untuk Kesehatan Dan Penyembuhan

Khasiat tomat untuk kesehatan dan penyembuhan. Buah tomat memiliki manfaat dan khasiat yang banyak untuk mengobati berbagai penyakit Anda. Ini dikarenakan buah tomat memiliki kandungan yang kaya vitamin A, B, dan C yang kadarnya lebih tinggi dari buah lain, seperti pada buah anggur dan jeruk. Khasiat  tomat bisa Anda dapatkan hanya dengan memakan empat buah tomat masak setiap hari, sudah cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan tubuh akan vitamin.

Loading...

Vitamin-vitamin pada tomat tidak akan hancur jika dipanaskan atau dimasak. Selain itu buah tomat kaya akan zat besi yang jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dari zat besi yang terkandung pada telur. Khasiat tomat mampu menstimulisasi sirkulasi darah. Tomat memberi energi dan kekuatan pada otot jantung dan tulang.

Khasiat  Tomat Untuk Kesehatan

khasiat tomat

Dengan kaya akan kandungan vitamin, zat besi dan yang lainnya, buah tomat memiliki khasiat untuk mengobati dan peyembuh untuk bermacam-macam penyakit, berikut khasiat buah tomat untuk penyembuhan penyakit, antara lain:

1. Mengobati Gusi Berdarah, Mata dan Sariawan

Tomat bisa membantu Anda untuk mengobati masalah pada gusi, yaitu gusi berdarah. Dengan meminum Jus tomat paling sedikit tiga kali sehari, mampu menguatkan gusi dan menghentikan gusi berdarah.

Loading...

Selain menyembuhkan gusi berdarah, tomat juga mempunyai khasiat pada mata Anda. Memakan tomat mentah secara rutin akan meningkatkan kemampuan penglihatan dan mengurangi banyak masalah mata.

Khasiat tomat juga berguna untuk mengatasi masalah sariawan yang sedang Anda alami, yaitu dengan cara berkumur secara rutin dengan jus tomat yang dicampur sedikit air. Hal ini juga menyembuhkan bibir-pecah-pecah, masalah pada lidah dan mulut.

2. Menyembuhkan Masalah Kulit Dan Gangguan Perut

Minum jus tomat dua sampai tiga kali sehari membantu Anda untuk membersihkan darah dan menyembuhkan berbagai masalah penyakit kulit. Jus tomat yang dicampur dengan minyak kelapa dan kemudian dipijatkan pada kulit sangat efektif dalam menghilangkan kulit kering dan menghentikan masalah gatal.

Khasiat  tomat juga digunakan untuk mengatasi gangguan perut. Makan tomat mentah ditaburi garam hitam dan bubuk lada hitam akan menyembuhkan permasalahan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan Anda.

3. Menyegarkan Mata

Khasiat dan manfaat buah tomat untuk menyegarkan mata bisa Anda lakukan dengan mudah. Setelah seharian melakukan aktivitas biasanya mata terasa lelah. Sempatkan waktu untuk melakukan pijatan lembut pada wajah Anda. Lalu gunakan potongan tomat dengan menempelkan pada mata Anda dalam keadaan mata terpejam. Tomat akan memberikan efek relaksasi pada mata yang lelah menjadi segar kembali.

4. Mengobati Nyeri Punggung

Masalah nyeri pada punggung harus diperhatikan serius agar tidak menjadi masalah yang membahayakan kesehatan Anda. Untuk mengatasi nyeri punggung ini, Anda bisa mengonsumsi buah tomat secara rutin setiap hari.

Khasiat tomat untuk nyeri punggung terbukti ampuh. Hal itu dikarenakan pada buah tomat mengandung senyawa atau zat bioflavonoid dan karotenoid yang berfungsi sebagai antiinflamasi atau antiradang. Jika nyeri punggung parah maka membutuhkan waktu yang lebih lama dalam penyembuhannya dengan tomat ini.

5. Mengontrol Gula Darah

Gula darah pada tubuh tidak boleh melebihi kadar normal, agar tidak menimbulkan penyakit diabetes. Anda bisa mengontrol kadar gula darah dengan menggunakan manfaat atau khasiat buah tomat. Tomat merupakan sumber kromium yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengontrol gula darah dalam tubuh agar tidak melonjak tinggi.

6. Memenuhi Asupan Vitamin Harian

Jika Anda malas untuk mengonsumsi suplemen setiap hari untuk memenuhi asupan vitamin bagi tubuh. Anda bisa menggantinya dengan mengosumsi buah tomat. Dengan makan buah tomat 20% vitamin yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi secara baik.

7. Menyehatkan Jantung

Buah Tomat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan kalium pada satu buah tomat berguna untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan meningkatkan kinerja jantung Anda menjadi lebih baik dan stabil. Manfaat dan khasiat tomat lainnya adalah untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

8. Mengatasi Hipertensi

Khasiat tomat adalah untuk mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan mengonsumsi tomat maka akan mengendalikan kadar kolesterol jahat tidak naik. Kolesterol jahat yang meningkat maka akan menimbulkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

9. Membuat Tulang Sehat Dan Kuat

Tomat merupakan sumber kalsium yang baik untuk tulang. Agar menjaga kesehatan tulang agar tidak keropos dan tetap kuat, sangat dianjurkan mengonsumsi buah tomat. Selain tulang, Tomat juga bisa berkhasiat untuk menguatkan gigi Anda. Pada masa pertumbuhan tomat juga penting untuk proses pertumbuhan tulang pada anak.

10. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah tomat, akan mencegah berbagai penyakit serius. Diantaranya kanker payudara, kamker usus besar dan kanker paru-paru yang dapat dicegah dengan cukup rutin mengosumsi buah tomat. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan di journal of the national cancer institute.

11. Mengatasi Kurang Stamina Dan Cacingan

Minum segelas jus tomat dengan menambahkan sedikit madu pada minuman pagi akan berkhasiat meningkatkan kekuatan fisik, mental dan menambah energi tubuh. Selain minum jus, Anda juga bisa dengan mengkonsumsi sup tomat sebelum makan. hal ini akan mampu meningkatkan nafsu makan, mengurangi kelesuan, dan menyediakan tenaga bagi otot tubuh Anda. Dengan mengkonsumsi tomat secara teratur juga akan mendapatkan khasiat  tomat untuk tulang keropos atau osteoporosis.

Jika Anda atau anggota keluarga ada yang sedang mengalami masalah cacingan. Buah tomat menjadi solusi pengobatan yang ampuh untuk cacingan. Anda cukup makan potongan buah tomat segar dan ditaburi garam batu, serta bubuk lada hitam. Makan pada saat perut kosong. Hal demikian akan menghancurkan cacing dalam perut Anda.

Khasiat Tomat Untuk Wajah Dan Kecantikan

Khasiat tomat untuk wajah dan kecantikan

Manfaat tomat untuk wajah dan kecantikan, berikut ini adalah manfaatnya:

1. Mencerahkan Dan Melembabkan Kulit Wajah

Buah tomat mempunyai kandungan yang banyak manfaat, khususnya untuk wajah dan kecantikan. Diantara kandungannya adalah vitamin C dan vitamin E. Buah tomat juga berguna sebagai Anti kuman yang sangat efektif untuk membunuh kuman-kuman pada kulit wajah. Selain itu, tomat juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang bisa mencerahkan dan melembabkan kulit wajah Anda.

Cara mencerahkan dan melembabkan kulit wajah dengan buah tomat sangat mudah, yaitu dengan cara sebagai berikut: Ambil buah tomat segar lalu cuci bersih agar kandungan pestisida hilang. Kemudian potong menjadi beberapa bagian dan gosok ke seluruh bagian wajah dan leher Anda secara merata.

Diamkan kurang lebih selama 15 sampai 20 menit agar kandungan nutrisi tomat meresap dengan baik. Kemudian bersihkan dengan menggunakan handuk lembut yang dibasahi. Dan rasakan hasilnya.

Baca juga: Fakta Buah Tomat Mempunyai Manfaat Kesehatan Yang Luar Biasa

2. Melindungi Kulit Wajah Dari Panas Sinar Matahari

Panas dan teriknya matahari dapat mengakibatkan kulit menjadi terbakar dan bahkan bisa menyebabkan radang. Jika hal ini Anda biarkan maka akan berdampak buruk pada kesehatan kulit wajah Anda. Namun Tak usah khawatir karena khasiat buah tomat mampu melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari.

Cara membuat ramuan tomat untuk mencegah efek sinar matahari yaitu dengan cara sebagai berikut: Haluskan buah tomat dengan cara diblender dan tambahkan sedikit yoghurt, Aduk hingga rata menjadi pasta. Setelah itu oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian bersihkan dengan air dingin hingga bersih. Lakukan cara ini dengan rutin dan teratur dan nikmati hasilnya.

3. Mengatasi Kulit Berminyak Pada Wajah

Kulit wajah berminyak dapat menjadikan wajah menjadi terlihat kusam dan menimbulkan jerawat. Hal tersebut disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati dan lemak yang ada pada kulit wajah Anda. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan buah tomat sebagai obatnya yang dipercaya sangat baik untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

Bagaimana cara mengatasi kulit berminyak pada wajah?. Berikut caranya: Haluskan buah tomat berukuran sedan dan buah mentimun ukuran kecil. Blender hingga halus kedua buah tadi. Bersihkan terlebih dahulu wajah Anda sebelum penggunaan. Oleskan ramuan tadi ke seluruh bagian wajah dan leher secara merata.

Diamkan selama 25 sampai 30 menit kemudian bersihkan dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur dan rutin setiap hari hingga kandungan minyak berlebih pada wajah Anda berkurang atau normal.

4. Menghilangkan Jerawat

Buah tomat juga bermanfaat untuk menghilangkan atau menyembuhkan jerawat dengan cepat dan ampuh. Caranya yaitu: Bersihkan dahulu kulit wajah Anda dengan air hangat sebelum melakukan perawatan ini. Setelah itu, haluskan 1 buah tomat dengan blender hingga halus seperti pasta tambahkan 2 sendok makan perasan lemon. Kemudian oleskan pasta tomat tadi keseluruh bagian wajah Anda. Setelah olesan merata.

diamkan semalaman untuk hasil maksimal. Bersihkan masker tersebut pada pagi hari menggunakan air hangat dan bilas dengan air dingin. Dengan pemakaian secara teratur dan rutin maka wajah Anda terbebas dari jerawat dan kulit wajah menjadi halus serta lembut.

5. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Untuk mengecilkan pori-pori wajah yang membesar, Anda dapat melakukan perawatan dengan buah tomat. Caranya yaitu: Bersihkan terlebih dahulu wajah Anda dengan menggunakan air hangat. Kemudian potong buah tomat menjadi dua bagian. Kemudian gosok keseluruh kulit wajah Anda dan diamkan selama 20 sampai 25 menit.

Bersihkan kulit wajah Anda dengan menggunakan air bersih dan bilas kembali agar benar benar bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur dan rutin setiap hari. Dengan perawatan yang rutin dan benar maka pori-pori wajah akan mengecil.

Khasiat Tomat Untuk Kesehatan Rambut

Khasiat tomat untuk kesehatan rambut

Memang luar biasa manfaat buah tomat ini. Ternyata tomat juga berguna untuk menjaga kesehatan rambut dan mengatasi segala permasalah rambut Anda. Inilah beberapa manfaat tomat untuk rambut, yaitu:

1. Mengatasi Rambut Rontok

Meski belum terbukti secara medis, Namun banyak orang meyakini bahwa manfaat buah tomat untuk rambut dapat mengatasi kerontokan rambut. Namun, sebelum menggunakan tomat sebagai krim pada rambut terlebih dahulu cek Rambut Anda. Apakah termasuk jenis rambut yang sensitif atau bukan. Jika bukan maka bisa menggunakan buah tomat ini sebagai krim rambut dengan cara dioleskan setelah Anda menghaluskannya.

2. Sebagai Kondisioner Alami

Khasiat tomat untuk rambut lainnya adalah berguna sebagai kondisioner. Selama ini yang kita tahu bahwa kondisioner hanya bisa kita beli di pasaran atau memakai produk pabrik. Ternyata kondisioner alami bisa Anda buat sendiri dengan buah tomat ini. Caranya haluskan tomat dan gunakan untuk mencuci rambut. Lakukan seperti pemakaian kondisioner pada umumnya.

3. Membersihkan Kotoran Pada Rambut

Untuk membersihkan kotoran pada rambut Anda, dengan Keramas saja belumlah cukup. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan buah tomat untuk membantu menghilangkan kotoran yang melekat pada kulit kepala dan rambut.

Caranya cukup mudah, yaitu haluskan tomat dengan blender, kemudian gosok mengguanakan pasta buah tomat tersebut. Gosok dengan berlahan, kemudian diamkan selama 20 sampai 25 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih dengan menggunakan sampo untuk keramas.

4. Menghilangkan Bau Pada Kulit Kepala Dan Rambut

Bau pada kulit kepala memang sangat jarang terjadi. Namun, dengan sesuatu hal bisa saja menyebabkan kulit kepala menjadi bau. Tidak hanya bau kulit kepala saj, namun tomat bisa juga untuk bau rambut yang tidak sedap.

Berikut ini cara menghilangkan bau pada kulit kepala dan rambut. Yaitu: Blender buah tomat lalu saring dan ambil airnya. Lalu oleskan air perasan tomat tersebut pada rambut dan lakukan pijitan berlahan. Diamkan selama 30 menit hingga mengering. Jika sudah kering, bersihkan dengan menggunakan sampo Anda hingga bersih.

5. Menguatkan Rambut

Rambut yang kurang sehat akan menimbulkan masalah kesehatannya. Rambut menjadi mudah patah dan rapuh. Nah dengan masalah ini, Anda bisa mengatasinya dengan buah tomat. Caranya seperti cara sebelumnya dengan mengoleskan merata pada rambut. Dengan melakukan perawatan ini secara teratur maka rambut rapuh atau rontok tidak akan terjadi lagi.

6. Menghilangkan Ketombe

Memiliki masalah ketombe memang menjengkelkan. Rasa gatal yang berlebih ketika rambut dalam keadaan berkeringat. Selain itu, bagi yang mengalami masalah ketombe akan menjadi mlu jika harus menggunakan baju yang berwarna hitam atu warna gelap.

Hal tersebut akan menjadikan ketombe Anda jatuh sehingga memperlihatkan bintik-bintik putih ketombe pada bahu baju Anda.  Maka yang terjadi penderita akan malu keluar atau berkumpul dengan teman-temannya.

Ada cara untuk menghilangkan gatal dan bercak putih karena ketombe, yaitu dengan menggunakan buah tomat. Khasiat tomat untuk penyembuhan ketombe dikarenakan pada tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang bermanfaat menghilangkan ketombe dan menyediakan kolagen pada kulit kepala Anda.

Cara menghilangkan ketombe dengan buah tomat adalah sebagai berikut:

  • Haluskan dengan blender tiga buah tomat
  • Tambahkan perasan 2 sendok makan air lemon dan aduk hingga menjadi pasta
  • Usap berlahan dengan pijatan lembut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala dan hindari menggaruk kulit kepala dengan kuku
  • Biarkan mengering selama 25 sampai 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih dan biarkan mengering dengan sendirinya

7. Membuat Rambut Bersih Berkilau

Khasiat tomat untuk rambut bisa membuatnya menjadi bersih nampak bercahaya, sehingga berkilau saat dilihat. Anda bisa memiliki rambut sehat berkilau dengan menggunakan buah tomat.

Cara membuat rambut berkilau dengan tomat sangatlah mudah. Caranya yaitu siapkan 3 buah tomat, kupas dan buang bijinya. Kemudian peras hingga keluar airnya dan gunakan air tomat tadi untuk mengoles rata rambut Anda. Diamkan selama satu jam dan bersihkan dengan air setelahnya.

Demikianlah manfaat dan khasiat tomat untuk kesehatan, kulit wajah dan rambut Anda. Semoga info ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Medis Tomat Bagi Kesehatan

 

Loading...

1 thought on “Khasiat Tomat Untuk Kesehatan Dan Penyembuhan”

Leave a Comment