Khasiat Pepermint Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Khasiat pepermint bagi kesehatan dan pengobatan. Peppermint atau mint merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Karakter mint yang utama adalah segar dan dingin saat dikunyah. Daun mint yang di makan akan memberi sensasi dingin dan segar pada hidung, tenggorokan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan peppermint yaitu mentol.

Mentol adalah minyak essensial yang terdapat pada daun segar, dan pada batang tanaman mint. Daun Mint merupakan sahabat bagi hati manusia, menjadi idaman karena khasiat yang terkandung di dalam daun pepermint tersebut. Diantara khasiat pepermint bagi kesehatan adalah mampu memperlancar terbukanya saluran-saluran darah kecil di dalam jantung, membuat kerja jantung menjadi ringan dan secara efektif untuk melegakan sesak nafas. Maka karena manfaat dan khasiat pepermint bagi kesehatan jantung, saya sebut daun pepermint sebagai sahabat jantung Manusia.

Tanaman mint adalah sejenis tanaman wewangian yang bentuknya indah dan aromanya yang wangi. Tanaman mint yang berwarna hijau biasanya disebut dengan mint dapur. Hal ini karena pepermint juga digunakan untuk bahan tambahan pada masakan.

Manfaat Dan Khasiat Pepermint Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Khasiat pepermint

Peppermint oil untuk bayibisa menghilangkan mual dan mulas , serta penyakit kembung pada perut. Tidak hanya itu saja, minyak dari tanaman mint bermanfaat sebagai obat luar seperti menyembuhkan terkena gigitan serangga seperti nyamuk.

Loading...

Manfaat Peppermint Oil atau Minyak Daun Mint

Manfaat peppermint juga terdapat pada minyaknya. Manfaat peppermint oil ini untuk meredakan sakit pada urat-urat syaraf. Minyaknya daun mint juga dimanfaatkan untuk bahan pembuatan pasta gigi karena ia dapat membersihkan gigi dan melindungi dari kerapuhan dan pembusukan gigi. Nah bagi Anda yang ingin giginya sehat dan terhindar dari masalah sakit gigi, sangat bagus untuk mengkonsumsinya.

Baca juga: Manfaat Daun Thyme Bagi Kesehatan Dalam Islam

Manfaat Dan Khasiat Pepermint Untuk Kesehatan Perut

Daun pepermint juga berkhasiat untuk menstabilkan kondisi alamiah perut, sehingga akan membantu dalam melancarkan buang air besar dan menyembuhkan diare. Daun pepermint adalah zat perangsang perut, pencegah perut kembung dan sebagai penyeimbang dan penenang selaput-selaput lendir di dalam perut, yang terasa penuh sesak, maupun sulit dalam pencernaan.

Sekarang ini telah ada dari proses pengolahan dan penyulingan daun pepermint yang disebut dengan Mint Cair dan Mentol Cair. Keduanya telah tersebar luas dan banyak digunakan oleh masyarakat sebagai suplemen untuk minuman-minuman penghangat pada musim dingin, juga sebagai minuman dingin pada musim panas.

Manfaat Daun Mint Atau Pepermint.

Banyak manfaat dan khasiat pepermint Bagi kesehatan khususnya daunnya. Inilah manfaat daun pepermint, adalah sebagi berikut:

  • Mengobati kejang-kejang karena tetanus.
  • Meningkatkan produksi air empedu dan sebagai anti peradangan-peradangan.
  • Menstabilkan gejolak urat-urat syaraf.
  • Melegakan isi perut danmengeluarkan  gas-gas berbahaya dalam perut.
  • Memperkuat proses kerja hati dan pankreas.
  • Mengobati batuk dan asma.
  • Melegakan pernafasan
  • Melancarkan air seni atau air kencing.

Tanaman pepermint digunakan juga untuk mengobati penyakit rematik dan peradangan pada persendian tubuh, berkumur dengan air mint juga bermanfaat sekali untuk kesehatan gusi dan gigi Anda. Sedangkan air rebusan daun pepermint berkhasiat untuk mengusir serangga, membunuh kuman dan bakteri dilingkungan rumah. Bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin menjaga kebersihan dan kesehatan rumh bisa dicoba tips tadi.

Khasiat Pepermint Untuk Penyembuhan Dan Stamina

Manfaat peppermint bagi wanita. Penelitian medis membuktikan tapal (bentuk cair atau bubur yang dibubuhkan pada bagian tubuh tertentu untuk pengobatan dengan bahan herbal) dengan bahan daun pepermint yang dicampur dengan cuka maka akan berkhasiat mengobati peradangan pada payudara wanita.

Minyak mint yang hangat, berkhasiat untuk minyak pijat dan obat gosok organ tubuh yang terkena penyakit rematik. Sedangkan daun pepermint yang ditambahkan dalam minuman hangat, baik dengan cara direbus bersama teh maka akan berkhasiat dalam mengobati penyakit dan gangguan empedu, meredakan rasa mual dan mulas pada usus dan rasa sakit pasa wanita haid.

Termasuk daiantara khsaiat daun pepermint adalah pengaruh positifnya dalam meningkatkan stamina, yaitu dengan cara mencampurnya dengan buah zu’rur atau tanaman jenis berduri pada daun mint kemudian diminumnya pada waktu malam hari.

Demikianlah banyak sekali manfaat dan khasiat pepermint bagi kesehatan kita, Anda mau mencobanya?. Semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: 12 Manfaat Seledri Untuk Pengobatan Masalah Kesehatan

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *