Khasiat wortel

7 Khasiat Wortel Untuk Kesehatan, Kecantikan Wajah dan Kesuburan

Khasiat wortel untuk kesehatan, kecantikan wajah dan kesuburan. Seperti buah tomat, wortel memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Diantara manfaat wortel yang paling terkenal yaitu dapat menjaga mata agar tetap baik dan sehat. Selain itu, banyak kegunaan wortel yang lain seperti membuat kulit wajah menjadi lebih putih dan segar dengan membuatnya menjadi masker. Dan dengan membuatnya menjadi jus kemudian diminum secara teratur dapat berguna meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

Khasiat wortel tersebut dikarenakan adanya kandungan vitamin yang banyak dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh. Diantara kandungan wortel yaitu flavonoid, minyak atsiri, termasuk asaron, pinen, limonen, asam tiglat, azaron, bisabol, dan meristisin.  Dengan kandungan tersebut maka tentu banyak manfaat wortel yang akan kita dapat jika mengkonsumsinya. Agar lebih jelasnya tentang apa saja khasiat wortel, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah

khasiat wortel

Dengan kandungan yang dimiliki wortel maka sudah barang tentu ada manfaat yang banyak yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsinya. Cara mendapatkan manfaat wortel yaitu dengan cara mengkonsumsinya dalam bentuk olahan masakan, jus dan bahkan dibuat untuk masker wajah. Berikut ini ada beberapa khasiat wortel yang luar biasa untuk kesehatan dan wajah, yaitu:

1. Mencegah Kanker.

Dibandingkan dengan sayuran lain, wortel paling banyak mengandung betakaroten. Kandungan betakaroten yang tinggi tersebut khasiat wortel mampu mencegah penyakit kanker. Disamping itu wortel juga memiliki sifat antioksidan yang melawan sel-sel kanker. Sehingga tidak hanya sebagai pencegah namun juga membantu menyembuhkan kanker.

Baca juga: 8 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit

2. Menyehatkan Liver (Hati)

Khasiat wortel untuk kesehatan yang lain yaitu dapat membantu menyehatkan liver. Hal ini dikarenakan pada warna oranye pada wortel menunjukkan kandungan karoten. Dengan membuatnya menjadi minuman jus segar dan diminum secara teratur berguna untuk membersihkan organ liver. Kemudian kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran ini dapat mengurangi empedu dan lemak dalam liver.

3. Menyehatkan Mata

Khasiat wortel yang paling utama dan yang banyak diketahui oleh masyarakat yaitu bahwa wortel mampu menjaga kesehatan mata. Diantara manfaat wortel untuk mata antara lain mencegah rabun jauh dan memperbaiki penglihatan agar selalu tajam. Hal ini dikarenakan pada wortel tersebut mengandung karoten yang membantu menyehatkan penglihatan dan memperbaiki penglihatan yang mulai lemah akibat kekurangan vitamin A. Seperti diketahui bahwa kekurangan vitamin A atau sering disebut dengan Avitaminosa merupakan penyebab buta ayam atau rabun senja.

4. Menurunkan Kolesterol Darah.

Khasiat wortel untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat membantu mengontrol kadar kolesterol agar tetap normal. Disamping itu, mengkonsumsi wortel berguna untuk penderita kolesterol tinggi karena ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan pada wortel banyak mengandung pektin yang dipercaya mengurangi kadar kolesterol darah dengan cepat dan alami.

5. Menurunkan Darah Tinggi.

Selain dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi, khasiat wortel yang lain yaitu ampuh menurunkan kadar darah tinggi. Oleh karenanya mengkonsumsi wortel sangat dianjurkan untuk penderita hipertensi. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium pada wortel yang berguna menjaga keseimbangan air dalam tubuh yang membantu menurunkan tensi darah serta menetralkan asam darah dalam tubuh.

6. Mencerahkan Wajah

Khasiat wortel tidak hanya untuk kesehatan saja melainkan juga untuk kecantikan. Seseorang yang membiasakan minum jus wortel maka akan memiliki kulit wajah yang sehat, tidak kering dan lebih segar. Selain meminum jus, cara lain untuk membuat kulit wajah cantik yaitu dengan membuatnya menjadi masker dengan mencampur madu. Haluskan wortel kemudian campur dengan 1 sendok madu dan dipakai untuk masker. Gunakan masker wortel tersebut 2 sampai 3 kali dalam seminggu maka wajah akan cerah dan segar.

7. Meningkatkan Kesuburan

Khasiat wortel yang luar biasa lainnya yaitu mampu meningkatkan kesuburan pada wanita dan pria. Hal ini dikarenakan wortel memiliki kandungan paspirine. Dengan rutin mengkonsumsi wortel maka akan membantu merangsang kelenjar pituitary. Kelenjar tersebut berguna memberi perintah pada tubuh untuk melepaskan hormon kesuburan. Oleh karena itu, makan wortel atau minum jus wortel sangat baik dilakukan untuk pasangan suami istri yang lagi progam hamil dan mendambakan seorang anak.

Demikianlah pembahasan tentang khasiat wortel untuk kesehatan, kecantikan wajah dan kesuburan. Semoga info tadi bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda semua salam sehat!!

Baca juga: 7 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *