Nasihat Kesehatan Islami Menurut Ahli Kedokteran Islam Kuno

Nasihat kesehatan islami menurut ahli kedokteran islam kuno. Kesehatan merupakan hal paling utama dalam hidup manusia. Maka tak heran kata mutiara kesehatan mengatakan:” Suatu kerugian jika hanya materi yang dicari namun kesehatan diabaikan.“, Saya sendiri sependapat dengan salah satu contoh kata mutiara kesehatan tersebut. fakta yang banyak terjadi sekarang, orang berkecukupan namun rentan terserang berbagai macam penyakit. Pertanyaannya adalah kenapa bisa hal itu terjadi?. Menurut penelitian kesehatan, pengaruh pola hidup kurang sehat, pola makan yang berlebihan serta tidak pernah melakukan olahraga menjadi sebagian penyebabnya.

Disini akan saya bahas tentang beberapa kata bijak tentang sakit dan kesehatan dan hal-hal yang berhubungan dengan pola makan serta kegiatan yang mempengaruhi kesehatan Anda menjadi terganggu, apa saja itu?. yuk simak lebih lanjut.

Nasihat Kesehatan Mengenai Pola hidup Sehat

Kita harus mengerti bahwa tubuh kita ini, membutuhkan hal lain selain makanan. hal penting tersebut antara lain: olahraga, sanitasi dan tidak mendatangkan diri dari suatu yang akan mendatangkan penyakit, seperti berada dalam cuaca yang sangat panas, atau cuaca yang terlalu dingin, menjauhkan diri tempat yang kotor penuh sampah. Intinya mencegah tubuh kita dari marabahaya dan penyakit.

Nasihat kesehatan

Loading...

Nasihat tentang kesehatan lainnya adalah menghindarkan diri dari kebiasaan merokok, segala minuman beralkohol dan minuman keras, dan barang-barang lainnya yang menyebabkan kerusakan pada usus dan lambung kita. tak ketinggalan harus diperhatikan juga untuk menjauhi konsumsi makanan yang menjadikan penyakit sembelit, dan mencret. Demikian pula dalam upaya menjaga keseimbangan tubuh, seperti berat badan yang seimbang dengan standar umur yang kita miliki.

Nasihat Kesehatan Menurut Ahli Kedokteran Islam Kuno

Selain membahas mengenai berbagai hal tentang manfaat dan khasiat pada blog ini, ada baiknya saya kemukakan beberapa nasihat tentang kesehatan dari para ahli dan pakar ilmu kedokteran yang terdahulu. hal ini sebagai upaya untuk mencari petunjuk, seputar permasalahan kesehatan kita.

Nasihat tentang kesehatan dari pakar kesehatan Ibnu Bakhtisyu’, dia mengemukakan nasihatnya, sebagai berikut:

Baca juga: Manfaat Jintan Hitam Atau Habbah Sauda Dalam Ilmu Pengobatan Islami

  • Hati-hati mengkonsumsi telur dan ikan dengan bersamaan, karena bisa menyebabkan penyakit kolon dan wasir.
  • Mengkonsumsi telur secara terus menerus dapat menyebabkan iritasi pada wajah, yaitu wajah menjadi kotor dan kemerah-merahan.
  • Mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi dapat menimbulkan penyakit panu (kulit berwarna putih karena kehilangan pigmen) dan penyakit kudis atau scabies.
  • Sering memakan daging kambing secara kontinu dapat menyebabkan luka pada kandung kemih
  • mandi dingin setelah memakan ikan segar dapat menyebabkan hemiplegia yaitu kelumpuhan separo badan.
  • Menyetubuhi istri yang sedang haid menyebabkan penyakit lepra atau kusta.
  • Jimak tanpa diiringi dengan memuntahkan air mani setelahnya, dapat mengakibatkan penyakit batu ginjal.
  • Menumpuknya kotoran tinja dalam waktu yang lama di dalam perut mendatangkan berbagai penyakit. Hal ini terjadi pada orang yang tidak teratur buang air besar.

Nasihat Tentang Kesehatan Menurut Apocrates.

 Dia Mengatakan dengan meminimalisir hal-hal yang berbahaya dan merugikan itu lebih baik, daripada mengumpulkan hal-hal yang bermanfaat. Jagalah kesehatan dan meninggalkan malas-malasan dari keletihan. Memenuhi isi perut dengan berbagai macam makanan dan minuman.

Nasihat Kesehatan Menurut Ahli Hikmah. 

Ahli hikmah memberikan nasihat kesehatan, yaitu:

  • Barang siapan yang menginginkan tubuh sehat, maka perbaharui pola makannya, hendaknya ia memakan makanan yang bersih, minum pada saat haus, mengurangi porsi minum air berlebih, bergeliat saat makan, bergerak dan jalan setelah makan malam, tidak beranjak tidur, sehingga dirinya merasa perlu untuk pergi ke toilet.
  • Berhati-hatilah saat memasuki toilet, sehabis perut yang diisi penuh dengan makanan
  • Sekali saja dalam sehari memasuki toilet pada musim panas, hal itu lebih baik daripada sepuluh kali masuk toilet pada musim dingin.
  • Mengkonsumsi dedeng kering di waktu malam, dapat mempercepat kematian.
  • Melakukan jimak dengan istri yang sudah usia senja dapat memangkas umur dan mengubah keadaan sehat menjadi sakit.

Nasihat Tentang Kesehatan Dari Ahli bijak Al-Harts, Menuturkan:”Barangsiapa yang menyukai keabadian, meski tidak ada manusia yang abadi. Maka hendaknya ia makan sepagi mungkin, menyegerakan makan malam, sederhana dalam berpakaian dan mengurangi volume senggama dengan istri.”

Dia juga menambahkan, empat hal yang bisa merusak badan:

  1. Berjimak saat keadaan perut kenyang
  2. Masuk kamar mandi setelah makan atau keadaan perut kenyang
  3. Mengkonsumsi dendeng
  4. Menyetubuhi istri yang sudah usia senja

Plato Berkata:” Lima perkara yang dapat menimbulkan penyakit, bahkan mungkin kematian, yaitu harta yang serba kekurangan, berpisah dengan kekasih, melawan orang yang sedang marah, menolak nasihat dan orang-orang bodoh yang menertawakan orang-orang berilmu.”

Demikianlah nasihat-nasihat tentang kesehatan oleh para ahli kedokteran terdahulu, semoga ada manfaatnya bagi Anda, salam sehat!!

Baca juga: Keistimewaan Khasiat Biji Hulbah Pada Ilmu Penyembuhan Islami

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *