Manfaat Kurma Ajwah untuk Kesehatan Tubuh Menurut Islam

WarasSehat.com – Kurma ajwah atau kurma ajwa mempunyai keutamaan manfaat dibandingkan dengan jenis kurma biasa. Rasulullah Saw. menyebutkan dalam haditsnya bahwa ada jenis kurma yang sangat bermanfaat, yaitu kurma yang bernama Al barni (sebutan lain kurma ajwah).

Loading...

Ia adalah obat penyembuh bagi berbagai macam penyakit. Ia juga tidak mengandung penyakit atau efeksamping, sehingga mengkonsumsinya tidak menyebabkan penyakit apapun. Hadist tentang kurma ajwah, Bahwasanya Nabi bersabda yang artinya:

“Sebaik-baiknya kurma kalian adalah al barni, bisa menghilangkan penyakit dan tidak mengandung penyakit.”

Apa itu Kurma Ajwah

Dilihat dari sejarahnya kurma ajwah atau kurma nabi adalah jenis kurma yang ditanam oleh Rasulullah. Saw, sekitar 1400 tahun silam.

Mengapa disebut kurma ajwah, ajwa, atau ajua? Karena hadits menyebutnya kata kurma ajwah yang menurut asbabul wurud (sebab turunnya hadits) mengatakan, bahwa dulu pada saat itu, ada seorang muallaf bernama salman alfarisi yang mempunyai anak perempuan bernama ajwa.

Loading...

Salman Alfarisi adalah seorang nasrani yang masuk islam dan mewakafkan kebun kurmannya untuk perjuangan islam. Nah, untuk mengenangnya jasa-jasanya itulah disebut dalam hadits kurma ajwa atau ajwah.

Kandungan Kurma Ajwah

Kandungan kurma kering  mempunyai nutrisi per 100 g (3,5 oz) yang terdiri dari:

  • Karbohidrat (75 g)
  • Energi (1,180 kJ/280 kcal)
  • Gula (63 g)
  • Serat pangan (8 g)
  • Lemak (0.4 g)
  • Air (21 g)
  • Protein (2.5 g)
  • Vitamin C (0.4 mg/1%)
  • Mangan (0.262 mg)

Hadits Nabi Tentang Manfaat Kurma Ajwah

Dalam hadits lain Beliau juga bersabda:” Ajwah adalah dari surga, ia adalah obat dari racun.” (HR. At-tirmidzi).

Sesungguhnya kurma ajwa Aliyah mengandung obat, atau dia adalah penawar racun di pagi hari.”(HR. Muslim). Aliyah merupakan nama suatu tempat di madinah Al-munawwarah. Dari said dan jabir ra. Rasulullah bersabda:”Ajwah itu dari surga, dan ia adalah obat bagi jinnah.” arti jinnah adalah gila atau jin. hadits nabi mengenai kurma ajwa sangatlah banyak, salah satunya lagi. Sebuah hadits Nabi Saw. juga menyebutkan:” Barang siapa dipagi hari makan tujuh buah kurma ajwah, maka pada hari itu racun dan sihir tidak akan membahayakan dirinya.” (HR. Bukhori)

Manfaat kurma ajwah

Faedah yang dapat diambil tentang manfaat kurma ajwah, yang dapat diambil dari hadits-hadits di atas adalah sebagai berikut:

Baca juga: Rahasia Tentang Khasiat Kurma Mengkal Bagi Kesehatan

  • Ajwa adalah buah yang mulia dari surga
  • Ajwah adalah obat bagi racun-racun
  • Mengkonsumsi kurma ajwah dapat mencegah racun dan sihir sepanjang hari
  • Ajwah itu obat dari penyakit gila dan penyakit yang disebabkan oleh gangguan jin
  • Sebaik-baiknya kurma adalah kurma Al barni (kurma ajwa)
  • Al barni adalah obat bagi beragam penyakit, tidak mengandung penyakit atau efeksamping

Manfaat Kurma Ajwah Untuk Ibu Hamil

Banyak manfaat ibu hamil jika mengkonsumsi kurma, khususnya kurma ajwa. Dan berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Merangsang saraf

Dengan mengkonsumsi kurma ajwa saat hamil akan meningkatkan kecerdasan dan daya ingat yang tinggi. Hal ini karena pada kurma terdapat kandungan kalium yang meningkatkan rangsangan saraf pada janin yang dikandungnya. Janin atau calon bayi akan menjadi anak yang cerdas nantinya setelah lahir.

2. Menambah Energi

Glukosa yang terdapat pada kurma ajwa cukup tinggi, hal ini menjadikan energi akan bertambah. Dengan mengkonsumsi kurma ajwa pada kehamilan akan meningkatkan energi bagi ibu hamil. Kurma akan menambah energi bagi ibu hamil untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari.

3. Mencegah Anemia

Kandungan glukosanya tidak hanya akan membantu menambah energi bagi ibu hamil. Namun juga akan mencegah terjadinya masalah anemia. Dengan mengkonsumsi kurma ajwa, ibu hamil akan tercukupi asupan zat gula yang mengatasi dan mencegah masalah anemia atau kurang darah pada kehamilan mereka.

4. Membantu Pembentukan Gigi.

Ibu hamil sangat dianjurkan makan kurma ajwa. Hal ini akan membantu persiapan pembentukan gigi pada janin, yang nantinya akan optimal pertumbuhan gigi saat janin itu lahir nanti. Maka untuk mempersiapkannya, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi kurma ajwa.

5. Angka Persalinan Normal Lebih Tinggi

Hasil penelitian mengungkapkan, yaitu sebanyak 97 persen ibu hamil yang teratur mengkonsumsi kurma ajwa mengalami persalinan normal. Sedangkan Ibu hamil yang tidak mengkonsumsi kurma secara teratur, kelahiran normal hanya sebanyak 79 persen.

Tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil dan janin saja. Dengan mengkonsumsi kurma ajwa juga berpengaruh meningkatkan kesuburan.

Manfaat kurma ajwa untuk kesuburan sudah diyakini sejak lama, dan hasil penelitian pun menemukan bukti tentang hal itu. Nah, bagi Anda yang belum punya momongan atau sedang program hamil, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma ajwah.

Kurma ajwa mampu meningkatkan kesuburan baik untuk wanita maupun pria. Dengan secara teratur mengkonsumsinya setiap hari maka akan berpengaruh pada cepatnya memperoleh momongan, tentu dengan seijin Allah Swt.

Baca juga: Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Menurut Islam

Hikmah Dan Manfaat Kurma Ajwah Menurut Islam

Pengobatan dengan kurma jawah merupakan bentuk ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Serta bentuk sikap mengambil kebaikan dari apa yang telah diajarkan oleh rasulullah Saw. Telah diriwayatkan oleh Aisyah ra. Bahwa beliau (Aisyah) memerintahkan agar kita mengkonsumsi 7 kurma ajwa di pagi hari sebelum makan selama 7 hari. Dan diantara sunnah Nabi Saw, adalah menjaga diri dari beberapa penyakit dengan konsumsi kurma.

Hikmah menjalankan cara pengobatan alami ala nabi muhammad Saw. merupakan sunnahnya. Apabila kita menjalankannya. Dengan menjalankannya, maka kita juga sudah mengamalkan anjuran Rasulullah Saw. Disini ada manfaat ganda yaitu, mengikuti pengobatan nabi terhitung sunnah dan mendapat kesembuhan atas penyakitnya.

Demikianlah sekilas tentang manfaat ajwah bagi kesehatan, ibu hamil dan kesuburan. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat.

Loading...

Leave a comment