16 Cara Membasmi Kutu Busuk Dan Tungau Paling Ampuh

Cara membasmi kutu busuk dan tungau paling ampuh. Dari dahulu hingga sekarang keberadaan kutu busuk dan tungau merupakan masalah kesehatan di sekitar kita. Tahukah Anda? jika tempat tidur Anda merupakan tempat musuh kecil yang bernama kutu busuk dan tungau. Serangga ini sangat suka sekali tinggal di tempat-tempat yang lembab dan tersembunyi, seperti bantal, sofa, sprei, bed cover dan spring bed. Selain itu, bersarang di kasur, disepanjang jahitan kasur atau di celah-celah kecil antara kasur dan tempat tidur.

Bahaya kutu busuk pada kesehatan serta kulit Anda karena gigitan kutu busuk tersebut yang bisa menimbulkan luka alergi bahkan gatal-gatal seperti ruam yang mengganggu. Untuk mengobati mengobati gigitan kutu busuk sangat mudah, yaitu dengan mengoles gel lidah buaya pada ruam atau kulit yang tergigit dengan bantuan kapas. Nah, Pada kesempatan ini, waras sehat akan membagikan tips cara membasmi kutu busuk dan tungau. Bagaimana caranya?. Sabar, sebelum tipsnya saya bahas, penting juga untuk Anda ketahui apa itu kutu busuk dan tungau.

Morfologi kutu busuk dan tungau

Mereka adalah serangga yang bisa mengganggu kesehatan dan kenyamanan tidur Anda. Kutu busuk, sering disebut dengan tinggi, bangsat atau kepinding. Ukurannya yang kecil, yaitu 0,5 cm. Bentuknya pipih atau datar, bersayap dan mempunyai enam kaki, berwarna putih kecoklatan hingga warna coklat berkarat.

Serangga ini suka sekali menghisap darah manusia, mereka aktif pada malam hari. Tungau, serangga ini adalah masuk dalam kelompok laba-laba, yang mempunyai delapan kaki. Hewan parasit ini suka sekali tinggal di tempat tidur seperti kutu busuk.

cara membasmi kutu busuk dan tungau

Ini Dia 4 Cara Membasmi Kutu Busuk Dan Tungau Paling Ampuh

Keberadaan mereka sangat mengganggu kesehatan Anda dan harus dibasmi. Ada beberapa cara untuk menghilangkannya. Anda bisa mencobanya dan dijamin manjur.

8 Cara Membasmi Kutu busuk Dan Tungau

Cara yang mudah, yang bisa Anda lakukan untuk membasmi serangga pengganggu ini, yaitu:

1.Bersihkan kasur dan tempat tidur

Baca juga: Obat Pembasmi Kutu Busuk dan Telurnya di Kasur Paling Ampuh

Cara menghilangkan tungau di kasur, yaitu dengan menjaga kebersihan kasur dan tempat tidur. Hal ini sangat utama dan penting dilakukan untuk menghilangkan kutu dan tungau, lakukanlah bersih-bersih secara berkala dengan vacum cleaner. Bantal,kasur dan selimut bisa Anda jemur di bawah panas matahari. Perlu diperhatikan sebelum Anda memindahkan barang apapun dari kamar, sebaiknya lakukan sterilisasi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mencegah perpindahan kutu busuk atau tinggi dan tungau menyebar ke tempat lain.

2. Cuci dengan air panas, seprei, sarung bantal dan selimut

Air panas yang digunakan campur dengan sabun antibakteri, setelah bersih, keringkan di bawah panas matahari atau dikeringkan dengan mesin pengering yang suhunya lebih tinggi.

3. Jemur Tempat Tidur (Kasur) dan Perabot Rumah Tangga

Jemurlah selama 5 jam dibawah terik matahari kasur dan perabot rumah tangga yang sering digunakan sebagai tempat persembunyian kutu busuk (kutu kasur) dan tungau. Setelah itu periksa kembali tempat-tempat yang mempunyai kemungkinan untuk tempat bersarangnya serangga tersebut.

4. Lakukan penguapan disemua ujung

Penguapan dengan ketel listrik yang ditambahkan selang kecil pada sepanjang jahitan kasur. Bersihkan juga tempat tidurnya hingga ke celah-celah kecil yang sering luput dari perhatian. Lakukan merata jangan sampai ada yang terlewatkan.

5. Taburkan butiran silika gel

Obat pembasmi kutu busuk yang ampuh adalah silika gel. Caranya dengan menaburkan silika gel pada seluruh kamar tidur, sebagian di kasur dan sekitar tempat tidur Anda. Kutu akan menempel pada obat pembasmi kutu busuk ini hingga kutu tersebut mati dengan sendirinya.

6. Minyak Tanah dan Kapur Barus

cara menghilangkan kutu busuk 100 ampuh yaitu dengan mencampurkan minyak tanah dengan kapur barus, lalu semprotkan pada tempat-tempat yang menjadi sarang tungau atau bangsat. Obat ramuan minyak tanah dan kapur barus dipercaya ampuh untuk mengatasi kutu busuk dan tungau tersebut. Selain itu Anda bisa menggunakan obat pembasmi kutu busuk dan tungau lainnya yaitu kapur ajaib. Caranya seperti menggunakan silika gel diatas.

7. Menggunakan Lilin

Cara membasmi kutu busuk dan tungau selanjutnya yaitu dengan menggunakan lilin. Cara yang dilakukan cukup mudah dan terbukti manjur, yaitu dengan meneteskan cairan lilin yang dibakar ke celah-celah tempat kutu busuk dan tungau berada. Lakukan dengan hati-hati dan sesuaikan jumlah tetesannya dengan kebutuhan. Cara ini sangat efektif untuk membasmi kutu busuk dan telurnya.

8. Semprotkan  Insektisida (Baygon)

Insektisida yang ampuh untuk membasmi kutu busuk dan tungau yaitu baygon. Namun perlu hati-hati menggunakannya karena insektisida ini mengandung racun yang keras. Maka pilihan membasmi kutu busuk dengan baygon jadikan solusi terakhir jika ambang penyerangan dan jumlah kutu busuk dan tungau sudah tidak bisa dikendalikan atau parah. Agar lebih aman menggunakan obat pembasmi kutu busuk dan tungau ini, sebaiknya Anda baca panduan cara pemakaiannya yang tertera pada label kemasan. Membasmi kutu busuk dengan baygon bisa membasmi  kutu tersebut dari mulai nimfa hingga dewasa, namun telurnya masih bisa bertahan. Maka lakukan penyemprotan dengan menunggu telur sampai menetas terlebih dahulu.

Cara Membasmi Kutu Busuk Dan Tungau Secara Alami

Cara menghilangkan kutu busuk secara tradisional yaitu dengan menggunakan  bahan-bahan alami. Bahan alami yang digunakan ini, sangat mudah Anda dapatkan di dapur. daun sirsak, kulit durian, cuka, garam, jus bawang, minyak lavender dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya bagaimana cara menggunakan ramuan tradisional pembasmi kutu busuk Berikut ini tips cara menghilangkan kutu busuk dan tungau secara tradisional dan alami.

1. Bunga Pandan

Bunga pandan atau pudak merupakan obat alami pembasmi kutu busuk dan tungau yang ampuh. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu cukup dengan menaruh pudak di tempat kutu busuk dan tungau bersarang. Bau menyengat bunga pudak mampu mengatasi serangga seperti tungau, kutu busuk dan kecoa.

2. Kulit Durian

Hampir sama dengan cara menghilangkan kutu busuk dengan bunga pandan. Kulit Durian juga bisa mengatasi kutu busuk dengan cepat dan ampuh. Bau menyengat kulit durian atau nimba yang kering yang ditaruh di sekitar tempat persembunyian kutu busuk mampu mematikannya secara cepat. Selain menggunakan kulit durian, Anda juga bisa membasmi kutu busuk dan tungau menggunakan Buah asam jawa. Caranya, kupas kulit asam jawa yang segar kemudian letakkan pada sarang kutu busuk atau tungau tersebut.

3. Daun Sirsak

Cara menghilangkan kutu busuk dengan daun sirsak terbukti sangat manjur. Daun sirsak yang ditaruh di sarang kutu busuk atau tungau akan segera menghilangkannya. Cara ini sama seperti cara membasmi kutu busuk sebelumnya dengan menggunakan kulit durian dan bunga pandan tersebut di atas.

4. Jus Bawang

Cara membasmi kutu busuk dengan bawang sangat mudah, yaitu dengan membuatnya menjadi jus terlebih dahulu. Hancurkan beberapa siung bawang merah atau bawang putih ke dalam blender, kemudian ambil airnya. Oleskan pada tempat-tempat sarang kutu busuk dan tungau, bau menyengat bawang tersebut akan membasmi kutu ini secara cepat.

5. Minyak Pohon Teh

Selain bawang minyak pohon teh merupakan salah satu pembasmi kutu busuk yang manjur. Minyak pohon teh ini memiliki bau yang kuat dan tajam yang mampu mengatasi kutu busuk. Caranya dengan menyemprotkan minyak pohon teh tersebut pada tempat-tempat kutu busuk atau tungau bersarang yang biasanya pada sekitar kasur, sprei, bantal dan lainnya.

6. Minyak Lavender

Cara membasmi kutu busuk dan tungau lainnya yaitu dengan menggunakan minyak lavender.  Bau dan rasa pada minyak ini mampu membasmi dengan cepat kutu busuk dan tungau. Untuk hasil yang maksimal tempatkan lavender kering di dalam kain dan jahit di sekitar tempat tidur atau kasur.

7. Cuka

Cuka merupakan pilihan terbaik untuk cara membasmi kutu busuk dan tungau dalam waktu singkat. Anda hanya perlu memberi sedikit cuka dengan memercikkannya pada sarang tungau atau kutu busuk. hal ini akan menginfeksi kutu tersebut dan seketika menjadikannya mati dengan cepat.

8. Garam

Jenis penyedap masakan dan bumbu masak ini termasuk pembasmi kutu busuk yang ampuh. cara membasmi kutu busuk dan tungau dengan garam ini, yaitu dengan menyemprotkan garam dengan campuran air pada tempat tidur atau tempat lain yang menjadi sarangnya.

Sebagai tips cara membasmi kutu busuk dan telurnya, disarankan Jangan hanya fokus pada tempat tidur, kasur, seprei, selimut dan sarung bantal saja. Kamar dan segala perabot di dalamnya, sekitar kamar tidur serta bagian-bagian lain pada rumah Anda, harus dibersihkan juga. Nah, cukup mudah, kan?cara menghilangkan kutu busuk secara tradisional. Demikianlah cara membasmi kutu busuk dan tungau dan tungau di sekitar Anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan Salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengobati Kutu Air Pada Kaki Secara Alami Ampuh Dan Cepat

 

Related Posts

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali