6 Fakta Unik Bagian Lambung Manusia dan Fungsinya

Fakta Unik bagian lambung manusia dan fungsinya. Lambung Merupakan salah satu alat sistem pencernaan pada manusia, letaknya dibawah Esophagus atau kerongkongan. Fungsi lambung pada manusia Adalah tempat untuk menyimpan makanan yang telah kita  telan. Untuk sementara waktu yang nantinya akan disalurkan ke usus kecil untuk diproses menjadi nutrisi yang siap dicerna dan diedarkan keseluruh tubuh.

Loading...

Bagian Lambung manusia dan fungsinya memiliki kinerja yang menakjubkan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Nah, pada kesempatan ini, waras sehat akan mencoba mengungkap keunikan organ penting manusia yaitu lambung. Ternyata faktanya lambung mempunyai sifat dan fungsi yang unik, berikut fakta unik bagian lambung manusia dan fungsinya, simak berikut ini.

Fakta Unik tentang Bagian lambung Manusia dan Fungsinya

 

bagian lambung manusia dan fungsinya

1. Bersifat Elastis dan dinamis

Loading...

Lambung manusia Bentuknya yang lentur,  mengecil jika dalam keadaan kosong, dan mengembang manakala terisi oleh makanan yang kita telan. Fakta menarik bagian lambung manusia dan fungsinya yaitu mampu memuat 1,5 liter makanan. Seandainya sistem pencernaan manusia tanpa adanya dia, maka untuk bertahan hidup. kita harus makan sekurang-kurangnya lebih dari 6 kali setiap harinya. Bisa dibayangkan berapa kali pula, kita harus buang kotoran atau Buang air besar.

Baca juga: Obat Ramuan Tradisional Penyakit Maag Kronis Secara Alami Dan Cepat

 2. Peka dan otomatis

Bagian Lambung manusia dan fungsinya sebagai penghancur dan menghaluskan makanan dalam 2-3 jam, ini tergantung dari kunyahan gigi. Semakin lumat semakin cepat fungsi enzim pada lambung untuk diproses menjadi halus di dalamnya. Fakta menariknya adalah setiap makanan atau minuman yang masuk dengan suhu yang dingin akan menghentikan kerjanya secara otomatis. Sekitar 30 menit untuk menjadikan suhu normal. Ini bertujuan agar nutrisi yang diperoleh lebih bagus, tanpa disuruh bisa berhenti dan menghendaki kita untuk mendapatkan nutrisi terbaik, menakjubkan!.

3. Merespon pada perasaan kita

Fakta lainnya keunikan bagian lambung manusia dan fungsinya adalah seperasaan dengan kita. Manakala kita dalam keadaan tidak nyaman, seperti marah, sedih, takut, gelisah, tegang dan stres. Maka menjadikannya malas untuk bekerja. Hebat, bukan?. Sering kita alami jika merasa tidak nyaman banyak pikiran makan pun enggan. Maka yang ditimbulkan adalah penyakit  maag.

4. Jutaan kelenjar Pembunuh bakteri

Tak kalah menakjubkan lagi tentang keunikan bagian lambung manusia dan fungsinya yaitu adanya jutaan kelenjar yang ber fungsi sebagai pembasmi bakteri merugikan. Di dalam lambung  terdapat  jaringan penyusun lambung yang terdiri dari 35 juta kelenjar yang menghasilkan 1 sampai 2 liter getah cerna. Getah ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang terdapat pada makanan yang kita cerna. Sungguh menakjubkan cara kerjanya . Bagaimana dia memproses  makanan serta melindungi kita untuk bertahan hidup.

5. Memiliki Asam Lambung Kuat

Maag disebakan meningkatnya kadar jumlah asam yang meningkat karena pengaruh fikiran atau makanan. Asam lambung ini dapat mengikis dinding lambung, sehingga menyebabkan perih. Fakta Unik dan menakjubkan bagian lambung manusia dan fungsinya yaitu asam lambung, atau asam hidroklorat (HCI) sangat kuat. Mampu mengikiskan pisau silet yang terbuat dari baja. Wow, sangat kuat,   timbul pertanyaan, “kok kita kuat dengan kadar ketajaman asamnya seperti itu?”.

6. Sel Penangkal Penyakit Maag

Ternyata bagian lambung manusia dan fungsinya sangat mengagumkan bagaimana tidak, asam lambung yang kuat yang mampu mengikis baja bisa berada di dalamnya. Hal ini ternyata bukan tanpa sebab, ternyata lambung manusia memiliki sel pelindung dindingnya. Sel pelindung ini terdiri dari 500.000 dinding sel. Yang setiap menit mengelupas dan berganti dengan yang baru setiap 3 hari sekali. Ini berfungsi melindungi dindingnya dari kuatnya asam, tapi dalam keadaan yang abnormal. Jumlah asam  yang meningkat , maka sel pelindung tidak akan mampu menahannya sehingga terjadi maag atau  iritasi.

Itulah 6 fakta unik dan menarik tentang lambung manusia dan fungsinya. Semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan Anda mengenai lambung. Salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengobati Maag Dengan Kunyit Dan Kol Secara Alami

Loading...

Leave a Comment