Cara Membedakan Madu Asli Murni dengan Madu Campuran atau Palsu

Madu asli murni memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Madu memang salah satu bahan herbal alami yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk pengobatan. Namun, Anda harus hati-hati dalam membeli madu, banyak yang menjual madu palsu di pasaran. Untuk membelinya anda harus tahu mana madu asli murni, dan bagaimana madu yang campuran atau palsu.

Loading...

Madu asli dan murni biasanya memiliki warna kuning keemasan, Namun jika anda memilih madu asli dengan hanya melihat tampilan luarnya saja, yaitu dengan melihat warna, maka bisa jadi Anda salah pilih. Karena madu palsu juga dibuat sama sehingga pembeli tidak dapat membedakan mana madu murni dan madu palsu.

madu yang asli adalah madu murni tanpa campuran. Sedangkan madu palsu adalah madu yang dicampur atau madu sintetis atau disebut juga madu campuran. Madu asli murni dan madu sintetis atau palsu sepintas sukar untuk dibedakan. Sejumlah produsen nakal, sangat pintar membuatnya meniru dengan madu asli, baik dari tampilan, rasa, tekstur dan aromanya. Mereka memiliki trik untuk bagaimana agar madu campuran nampak seperti madu  murni. Untuk menghindarkan anda dari praktek pemalsuan ini, ada baiknya anda mengetahui jenis-jenis pemalsuan madu.

Jenis Pemalsuan Madu Agar Nampak Seperti Madu Asli Murni

Pemalsuan Madu dari Jumlah

Dengan menambah atau mencampurkan madu asli dengan madu palsu. Sebagai contoh, mereka mencampur gula dan madu kemudian diaduk hingga tercampur rata. Pemalsuan ini bertujuan meningkatkan jumlah madu yang sebenarnya sudah dioplos dengan gula dengan takaran 80 gula dan 20 madu. maka jadilah madu palsu berlabel madu asli.

Loading...
madu asli murni
Cara Membedakan Madu Asli Murni dengan Madu Campuran atau Palsu

Pemalsuan Madu dari Kualitas

Pemalsuan ini dengan mengurangi kadar air pada madu yang dilakukan dengan pemanasan. Pemanasan pada madu palsu akan mengurangi kadar airnya. Kadar air yang rendah pada madu asli menandai mutu dari madu asli tersebut murni dan bagus. Para pemain nakal, membuat madu palsu supaya lebih kental dengan memanaskan madu palsu tersebut. Sebagai contoh, mereka membuat oplosan madu murni dengan gula, selanjutnya dipanaskan agar terlihat kental. Padahal Jika Madu asli, jika dipanaskan maka akan menurunkan kualitas karena enzim dan vitaminnya, mineral dan gizinya  akan hilang.

Pemalsuan Secara Utuh

Ini lebih parah lagi, yaitu mereka menyatakan madu asli dan murni, namun sebenarnya mereka membuatnya dengan bahan-bahan yang  seluruhnya bukan dengan madu atau madu buatan.  Madu buatan ini, bukan madu yang asli. Mereka membuat dari bahan-bahan dengan komposisi yang dibuat semirip mungkin dengan madu asli.

Oleh karena itu, jangan mudah percaya dengan apa yang tertulis di label yang menyatakan bahwa itu !00% madu murni, kita harus jeli dan teliti saat membelinya. Agar kita tahu cara membedakan madu, sebaiknya Anda simak beberapa tips cara membedakan madu asli dan madu palsu.

Cara Membedakan Madu Asli Murni Dengan Madu palsu atau Campuran

Untuk mendapatkan madu asli dan murni, anda perlu tahu, bagaimana cara membedakan antara madu yang asli dan yang palsu. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan madu asli dan murni. Simak berikut ini.

Baca juga: Manfaat Madu Campur Kayu Manis Untuk Kesehatan

1. Uji Dengan Telur

Campurkan madu dengan kuning telur, Jika kuning telur saat dicampur terlihat seperti matang maka itu menandakan madu asli. Namun, cara ini sudah tidak efektif lagi, karena produsen nakal bisa menambahkan bahan seperti cuka atau nanas untuk menjadikan madu palsu nampak matang saat dicampur dengan kuning telur.

2. Uji Dengan Sifat Penyerapan

Cara membedakan madu asli dengan yang palsu yaitu dengan meletakkan madu di atas koran. Jika saat diletakkan di permukaan koran tidak tembus maka itu membuktikan bahwa itu madu asli murni, karena pada madu yang asli memiliki kadar air yang sangat rendah. Jika tembus pada koran maka menandakan madu itu palsu atau campuran.

3. Uji Dengan Membakar

Cara membedakan madu asli atau palsu selanjutnya dengan membakarnya. madu yang asli murni dapat terbakar kadarnya sangat kental dan yang palsu tidak bisa dibakar. Caranya celupkan kapas ke dalam madu lalu bakar dan lihat hasilnya terbakar atau tidak. namun cara ini tergolong kurang efektif karena jika madu palsu itu ditambahkan bahan yang mudah terbakar seperti spirtus maka bisa juga terbakar.

Anda juga bisa membakarnya dengan sendok, tuangkan madu pada sendok kemudian bakar sendoknya, jika meluber dan terdapat buih maka itu madu asli murni. Namun, jika tidak meluber atau tumpah hanya tercipta buih saja maka menandakan bahwa madu tersebut palsu.

4. Uji Dengan Pendingin

 Ambil madu dengan menggunakan sendok, kemudian masukkan ke dalam kulkas, tunggu beberapa menit dan lihat apa yang terjadi. Jika membeku berarti itu madu palsu, kemudian jika tidak membeku menandakan itu madu murni tanpa campuran.

Cara Menguji Keaslian Madu Asli Murni Atau Palsu

Selain cara diatas, Anda juga bisa melakukan pengujian sederhana untuk membuktikan keaslian madu, berikut caranya:

  • Kocok madu di dalam botol, Jika Buih merata dan naik ke atas secara pelan dan dibukan menimbulkan bunyi letupan maka itu Madu asli. namun sebaliknya jika dikocok dalam botol dan ditutup rapat, terus tercipta buih yang yang bergerak cepat dan jumlah buih sedikit maka itu madu palsu.
  • Campurkan madu dengan air di dalam gelas, jika tetesan madu itu tenggelam maka madu itu asli, tapi jika tercampur dan tidak tenggelam maka itu madu palsu.

Ciri-Ciri Madu Asli Murni Tanpa Campuran

Kita bisa mengetahui ciri-ciri madu asli dengan melihat bentuk dari madu tersebut, yaitu:

  1. Madu tidak terdapat endapan pada botol. Pastikan anda teliti bahwa di bawah wadah atau botol madu tidak terdapat adanya endapan atau buihnya.
  2. Madu asli akan menetes menyambung tidak putus. Jika jari kita celupkan pada madu asli maka ketika diangkat madu akan menetes bersambung tidak menetes dengan terputus-putus.
  3. Madu Murni akan mengembang jika dipanaskan. Ini ditandai adanya gelembung-gelembung apabila dipanaskan. Hal ini beda dengan madu palsu atau campuran, jika dibakar maka akan berbuih seperti mendidih.
  4. Madu asli murni tidak akan kering jika dioleskan pada kulit tangan kemudian dipanaskan pada sinar matahari. Beda dengan madu palsu maka akan kering dan meninggalkan bekas seperti kerak.
  5. Madu tidak membeku meski dimasukkan ke dalam pendingin selama apa pun. Beda dengan madu palsu maka akan beku jika di masukkan pada kulkas.

Demikianlah Cara membedakan madu asli murni dengan madu campuran atau palsu. Semoga info ini bermanfaat bagi Anda pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Khasiat Madu Dan Kayu Manis Untuk Kesehatan Dan kecantikan

Loading...

1 thought on “Cara Membedakan Madu Asli Murni dengan Madu Campuran atau Palsu”

  1. wah ternyata juga ada madu palsu to..harus hati hati kalo memilih madu…artikelya bermanfaat sekali

Leave a Comment