Cara Menghindari Makanan Junk Food dan Tips Sehat Mengkonsumsinya

Cara menghindari makanan junk food dan tips sehat mengkonsumsinya. Beragam macam jenis junk food atau makanan cepat saji, seperti burger, pizza, atau french fries menjadi sesuatu yang menggiurkan saat kita lapar. Olahan makanan junk food banyak dijajakan di mal-mal atau supermarket. Bahkan saat ini banyak di jual bebas di pinggiran jalan dengan gerobak franchise. jenis makanan junk food memang mengundang rasa lapar dan tampilannya meyakinkan bahwa makanan tersebut sangat lezat dan enak. Maka tak mengherankan junk food banyak disukai oleh semua kalangan baik orang dewasa, remaja bahkan anak-anak. Namun tahukah Anda jika makanan junk food dapat mendatangkan efek bahaya jika memakannya, seperti menjadi penyebab penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

Loading...

Untuk menghindari bahaya dari makanan junk food tersebut, tentu harus menjauhkan diri Anda dari mengkonsumsi jenis makanan tersebut. Cara menghindari makanan junk food bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan membiasakan diri dengan pola hidup sederhana tapi efektif menghindarkan kita dari mengkonsumsi makanan junk food. Memang tak dipungkiri kehadiran junk food banyak menolong bagi sebagian orang, khususnya mereka yang super sibuk sebab penyajiannya yang cepat tak banyak memakan waktu untuk menunggunya. Jika mengingat bahanyanya junk food sebagai pemicu penyakit jantung, tentu Anda mulai berpikir untuk menjauhinya. Tenang saja, dibawah ini akan dibahas tentang tips sederhana tentang cara menghindari makanan junk food.

Tips Mudah Cara Menghindari Makanan Junk Food

makanan junk food

Memang tak mudah merubah kebiasaan menjauhkan makanan junk food jika Anda termasuk orang yang tiap hari mengkonsumsinya. Namun hal tersebut bukanlah hal yang sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah tepat untuk memulainya. Bagaimana cara mudah menjauhkan diri dari mengkonsumsi junk food. Berikut ini beberapa langkah mudah dan sederhana sebagai tips ampuh cara menghindari makanan junk food, yaitu:

  • Jangan lupa Sarapan sebelum Anda keluar rumah, agar tidak merasa lapar saat berada di luar rumah.
  • Berpikirlah sesuatu yang jelek dan hubungkan dengan junk food, dengan begitu Anda jadi tidak berselera memakannya.
  • Teguhkanlah kembali hati Anda, jika sudah berjanji untuk tidak memakannya.
  • Perbanyaklah makanan ringan dengan kandungan yang menyehatkan.
  • Hadiahilah Diri anda sendiri. Misalnya, mentraktir diri sendiri menonton film atau memakan sebatang coklat. hadiah itu pantas Anda dapatkan jika mampu untuk menghindari makanan fast food.
  • Isilah waktu senggang, Apabila Anda membiarkan pikiran fokus pada sesuatu hal, maka Anda tidak akan beralih untuk memikirkan hal lainnya. Seperti mendatangi restoran makanan junk food.
  • Sediakan makanan ringan di dekat Anda, sehingga apabila ada seseorang yang mengajak Anda makan di restoran fast food, maka Anda mempunyai alasan menolaknya, karena masih ada makanan.
  • Pasanglah target, Apabila Anda memilih untuk tidak makan makanan junk food untuk beberapa hari, maka lama-lama Anda akan kehilangan selera untuk datang kembali.
  • Bereksperimenlah dengan masakan, dan belajarlah untuk memasak. Hal ini akan membuat Anda berhenti untuk menyantap makanan junk food di luar rumah, sekaligus menambah kegiatan baru Anda.

Baca juga: Bahaya Makanan Junk Food dan Kandungannya Bagi Kesehatan

Loading...

Tips Cara Sehat Mengkonsumsi Makanan Junk Food

Jika mengkonsumsi junk food atau fast food tidak bisa Anda hindari, maka ada beberapa tips sehat. Tips sehat ini dapat menjadi strategi untuk menghindarkan Anda dari pengaruh buruk makanan junk food. Apa yang harus Anda lakukan, adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah makanan pendamping yang lebih sehat. Daripada memilih kentang goreng, lebih baik Anda memilih salad dan sayuran.
  • Pilihlah makanan dalam porsi kecil, Ambillah makanan dengan porsi paling kecil berkalori rendah.
  • makanlah sayur-sayuran hijau, dan hindari makanan dengan kandungan kalori yang tinggi. Seperti ayam goreng. Hindari juga makanan berupa keju, bacon dan chips karena kandungan kalorinya juga tinggi.
  • Memilih untuk dipanggang. Untuk memesan makanan yang dipanggang, bukan yang digoreng. makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak dan kalori yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang dipanggang.
  • Tentukanlah pilihan Anda sendiri. Beberapa restoran dengan makanan cepat saji, biasanya menyajikan menu paket yang sudah ditentukan oleh pihak restoran. Anda juga.. Anda  tidak harus mengikuti tawaran itu. sebagai konsumen, Anda  bisa meminta piliha pilihan dan pengganti menu yang lebih sehat.
  • Perhatikan minuman Anda. Minuman yang ditawarkan oleh restoran makanan junk food atau mall cenderung mempunyai kandungan kalori yang besar. Terutama minuman bersoda. Jadi, dari pada memilih satu minuman bersoda ukuran reguler yang mengandung 300 kalori. Sebaiknya Anda memsan air mineral atau teh.

Nah, demikianlah tips cara menghindari makanan junk food. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, salam sehat!!

Baca juga: 10 Makanan Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasi Penyakitnya

Loading...

2 thoughts on “Cara Menghindari Makanan Junk Food dan Tips Sehat Mengkonsumsinya”

  1. makasih infonya, godaan nikmatnya junk food kadangkala membuat nggak nahan

    Reply

Leave a comment