10+ Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Paling Ampuh

Makanan penurun kolesterol tinggi yang paling ampuh. Untuk mengatasi angka kolesterol tinggi  bisa dilakukan dengan cara mengendalikan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh atau yang kita konsumsi. Disamping kita juga harus memperhatikan makanan pantangan yang menjadi penyebab naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Ada cara mudah untuk menurunkan kadar keduanya yaitu dengan mengkonsumsi makanan. Sangat penting bagi kesehatan untuk mengurangi kadar kolesterol yang tinggi karena akan menghindari penyakit penyakit ganas yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol tersebut, seperti stroke, penyakit jantung dan bahkan kanker.

Loading...

Ada beberapa jenis makanan penurun kolesterol tinggi yang terbukti ampuh membantu menguranginya dengan cepat dan alami. Diantaranya, makanan yang mengandung serat tinggi, sayuran dan beberapa macam buah-buahan. dan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak tak jenuh. Untuk lebih jelasnya tentang jenis makanan penurun kolesterol  tinggi dalam waktu singkat, simak lebih lanjut dibawah ini.

Jenis Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Ampuh

makanan penurun kolesterol

Buah-buahan termasuk jenis makanan penurun kolesterol tinggi yang ampuh. Mengkonsumsinya dengan cara langsung maupun dibuat minuman berkhasiat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan minum jus penurun kolesterol tersebut maka kolesterol tinggi akan turun dengan cepat. Diantara makanan penurun kolesterol dari buah-bauahan antara lain seperti ceri, apel, alpukat dan lainnya. Selain buah, ada juga dari sayuran hijau yang enak untuk dikonsumsi. Sayuran penurun kolesterol tinggi yang bagus antara lain seperti sayuran  bayam dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah kumpulan makanan penurun kolesterol  tinggi yang ampuh yaitu:

1. Bawang Putih

Makanan penurun  kolesterol yang pertama adalah bawang putih. Bawang putih adalah tanaman herbal yang banyak digunakan dalam dunia pengobatan secara alami. Konsumsi bawang putih setengah sampai satu siung sehari secara rutin selama satu bulan mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 9 persen.

Loading...

Cara menurunkan kolesterol tinggi harus perhatikan dosisnya dengan benar. Jika terlalu banyak mengkonsumsinya akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Diantara efek samping makan bawang putih lebih dari 3 siung akan menyebabkan masalah diare, kentut, sebah, dan demam. Bahkan bisa menimbulkan terjadinya pendarahan dalam lambung Anda. Fakta tentang bawang putih sebagai makanan penurun kolesterol tinggi yang ampuh adalah kandungannya. Kandungan bawang putih berupa zat Antikolesterol paling kuat dalam bawang putih adalah ajoene. Senyawa ini berguna untuk mencegah penggumpalan darah.

Makanan penurun kolesterol tinggi ini meski pun dimasak senyawa tersebut tidak akan rusak. Penelitian menyebutkan bahwa Efek bawang putih mentah atau pun digoreng akan mengurangi kadar kolesterol dan mampu mengencerkan penggumpalan darah di pembuluh darah. Selain itu menurut penelitian bahwa bawang bawang putih yang digoreng akan mengalami penurunan daya khasiatnya tapi tak terlalu bermakna. Maka jika Ada pendapat jika bawang dimasak atau digoreng akan merusak khasiatnya adalah salah.

2. Tempe

Tempe termasuk dalam jenis makanan penurun kolesterol. Sekali pun berasal dari rumpun kacang-kacangan. Tempe sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol. Tempe memiliki kandungan niasin yang berkhasiat menurunkan kolesterol Anda. Kandungan niasin tempe 5 kali lebih banyak dari kedelai. Selain itu juga mengandung isoflavon yang juga teruji mampu menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi setiap hari maka bisa bermanfaat sebagai obat penurun kolesterol dalam 5 hari.

Baca juga: 6 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dan Jahat di Dalam Darah Secara Alami

3. Ikan

Makanan penurun kolesterol tinggi yang ampuh selanjutnya adalah ikan. Ikan sangat kaya minyak tak jenuh (omega-3). Selain dapat menurunkan kolesterol dalam darah, asam lemak ini juga mampu mencegah penggumpalan darah yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Berdasarkan habitatnya terdapat dua golongan ikan, yaitu ikan air tawar dan ikan laut.Habitat ikan mempengaruhi kandungan zat gizi ikan tersebut.

Ikan tawar kaya akan kandungan karbohidrat dan protein, sedangkan ikan laut kaya kandungan minyak tak jenuh, vitamin dan mineral. Ikan laut sebagai makanan penurun kolesterol yang kaya asam lemak tak jenuh atau omega 3 yang bermanfaat menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya penumpukan keping-keping darah, dan jika penumpukan tersebut terjadi  maka akan timbul penyumbatan pada pembuluh darah. jenis ikan penurun kolesterol yang kaya omega 3 ini terdapat pada makarel, tuna, albacore, sarden dan salmon. Dan sebaiknya jika ingin memakannya, disarankan ikan dipanggang atau dibakar dalam oven.

4. Bubur Gandum/ Oatmeal

Gandum merupakan makanan penurun kolesterol karena makanan gandum seperti oatmeal mengandung serat larut yang mampu menurunkan kolesterol jahat atau (LDL). Serat larut dipercaya bisa menurunkan penyerapan kolesterol pada pencernaan dengan cepat dan alami. Dengan mengkonsumsi oatmeal selama Anda mengalami kolesterol tinggi maka akan dengan mudah dapat menurunkan kadar kolesterol tersebut dalam tubuh.

5. Walnut, Almond Dan Kacang-Kacangan lain

Walnut adalah jenis makanan penurun kolesterol tinggi. Berbagai studi menunjukkan, walnut secara signifikan menurunkan kolesterol dalam darah karena mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda, yang dapat membuat pembuluh darah tetap sehat dan elastis. Selain walnut ada tanaman penurun kolesterol tinggi lainnya seperti kacang almond juga bermanfaat menurunkan kolesterol yang bisa Anda rasakan dalam 4 minggu setelah Anda mengkonsumsinya.

Lemak tak jenuh tunggal, pada kacang mede, almond, dan kenari adalah bahan makanan rendah lemak yang baik untuk kesehatan jantung. kacang merupakan sumber serat larut yang sangat tinggi. Mengkonsumsi serat larut bisa mengurangi kolesterol. Mengkonsumsi makanan penurun  kolesterol jenis kacang-kacangan . seperti, buncis, kacang merah, kacang panjang dengan teratur selama 6 minggu bisa mengurangi kadar kolesterol sebanyak 10 persen.

6. Bayam

Bayam merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh dari jenis sayuran. Bayam banyak mengandung lutein. lutein adalah zat penting yang mampu menjaga kesehatan, dan ketajaman fungsi mata. Lutein juga ternyata bisa menjaga kesehatan jantung Anda, karena bisa mencegah lemak menempel di pembuluh darah. Dianjurkan, makan makanan penurun kadar kolesterol ini setiap hari sekitar setengah mangkuk untuk hasil maksimal.

7. Cokelat

Cokelat itu menyehatkan, selain itu mengkonsumsi cokelat ternyata bagus untuk mengontrol kolesterol. Hal ini dikarenakan bahwa cokelat ternyata salah satu makanan penurun kolesterol tinggi. Cokelat yang dicampur terlalu banyak susu akan mengandung terlalu banyak lemak. Jadi, pilihlah cokelat hitam yang pahit. Cokelat sehat karena kandungan antioksidan dan flavonoid. Cokelat putih tidak mempunyai kandungan itu, maka kurang sehat untuk dikonsumsi. Kandungan flavonoid cokelat berbeda-beda, tergantung dimana cokelat itu tumbuh dan proses pengolahannya.

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun bukan termasuk makanan penurun kolesterol tinggi melainkan jenis minuman. Dengan minum minyak zaitun ini dipercaya ampuh mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Minyak zaitun mengandung campuran antioksidan potensial yang dapat menekan kolesterol tanpa mengganggu kadar kolesterol baik (HDL). Jika Anda ingin mendapatkan efek yang lebih baik, sebaiknya gunakan minyak zaitun ekstra murni yang dipercaya mengandung lebih banyak antioksidan menyehatkan dan tidak melewati proses pengolahan dan penambahan zat kimia.

Dalam buku menu dan resep untuk penderita kolesterol menyebutkan bahwa sebaiknya Konsumsi minyak zaitun sekitar 2 sendok makan setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Maka dengan Anda konsumsi jenis makanan penurun kolesterol yaitu minyak zaitun ini, selain mengurangi kolesterol, juga menjadikan jantung menjadi sehat.

9. Teh Hijau

Sama seperti minyak zaitun jenis minuman yang berkhasiat menurunkan kolesterol adalah teh hijau. Karena ini berwujud cair maka bukan termasuk jenis makanan penurun kolesterol tapi minuman. Teh salah satu kandungan yang terdapat pada tanaman ini yaitu epigallocatechin gallate yang merupakan komponen bioaktif paling dominan dalam teh terbukti ampuh mencegah percepatan oksidasi kolesterol jahat. Dalam buku menu dan resep untuk penderita kolesterol menyebutkan cara minum teh dingin atau panas, sama saja manfaatnya.

Teh mengandung antioksidan yang bermanfaat bisa membuat pembuluh darah rileks, sehingga terhindar dari pembekuan darah. Kandungan teh yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yaitu flavonoid. Flavonoid pada teh bisa mencegah oksidasi yang menyebabkan kolesterol jahat menumpuk di pembuluh darah. Menikmati secangkir  teh setiap hari bisa memenuhi kebutuhan akan antioksidan.

10. Alpukat

Makanan penurun kolesterol tinggi dari buah adalah alpukat. Buah alpukat memiliki kandungan lemak, maka orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, cenderung menghindari untuk memakannya. Namun jangan salah. Ternyata buah alpukat adalah buah penurun kolesterol yang ampuh karena buah ini ternyata mengandung asam lemak tak jenuh. Alpukat juga mengandung kadar gula rendah dan kadar basa yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL). Konsumsi lah alpukat tanpa tambahan susu, gula, dan bahan-bahan makanan lainnya yang mengandung kalori tinggi. Satu buah alpukat dengan ukuran sedang mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh, sedangkan tubuh manusia normal adalah 1800 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh per harinya. Anda bisa membuat makanan penurun kolesterol tersebut sebagai jus yang dikonsumsi rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Jus dari buah alpukat merupakan jus penurun kolesterol dengan cepat dan ampuh.

11. Anggur

Anggur merupakan buah yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Oleh karenanya anggur termasuk makanan penurun kolesterol yang bisa membantu. Buah Anggur ini mengandung serat dan juga zat catechin yang baik dalam mengurangi kolesterol. Cara menurunkan kolesterol tinggi dengan anggur yaitu dengan cara membuatnya menjadi jus penurun kolesterol dengan cepat. Mengkonsumsinya setiap hari selama kolesterol sedang tinggi. Anggur juga merupakan buah penurun kolesterol yang ampuh, cukup memakannya langsung sudah bisa menurunkannya dengan cepat.

12. Apel

Makanan penurun kolesterol yang ampuh dari jenis buah-buahan adalah buah apel. Apel  kaya serat, zat antioksidan dan vitamin C. yang mana semua itu bisa membantu mengurangi kadar kolesterol. Jika ingin mengkonsumsi apel, sebaiknya makan dengan kulitnya, karena pada kulit apel inilah terdapat kandungan pektin. Apel merupakan salah satu buah penurun kolesterol paling ampuh karena kandungan pektin. Pektin adalah serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol. Selain itu apel mengandung antioksidan paling banyak. Seperti jenis buah sebelumnya cara menurunkan kolesterol secara alami dan cepat dengan apel yaitu dengan membuatnya menjadi jus penurun kolesterol dengan cepat . Cukup dengan memblender halus dan meminumnya.

13. Blueberry

Blueberry juga termasuk makanan penurun kolesterol tinggi yang alami dari buah-buahan. Mengkonsumsinya secara teratur dengan menjadikannya jus penurun kolesterol ini maka akan membantu menurunkan kolesterol dengan cepat. Blueberry juga salah satu buah penurun kolesterol yang ampuh karena memiliki zat khusus. Zat pterostilbene pada buah ini memungkinkan Anda bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan lemak lainnya yang bekerja pada reseptor sel hati. Demikianlah pembahasan lengkap tentang jenis-jenis makanan penurun kolesterol Dengan mengkonsumsinya Anda yang mengalami kadar kolesterol tinggi akan segera terkurangi. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Tips Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Dengan Mudah

Loading...

Leave a Comment