10 Makanan Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasi Penyakitnya

10 Makanan penyebab asam urat dan cara mengatasinya. Asam urat masih menjadi penyakit yang memiliki penderita terbanyak selain kolesterol. Penyebab utama tingginya kadar asam urat adalah pola makan yang tidak tepat dan baik. Purin sebagai salah satu bagian dari protein, terdapat pada makanan sumber-sumber protein seperti daging dan jeroan. Keduanya merupakan makanan penyebab asam urat tinggi dan makanan yang harus dihindari penderita asam urat dan kolesterol. Pola makan yang tidak seimbang dengan jumlah kadar protein yang tinggi dalam kurun waktu yang panjang akan mengakibatkan penumpukan asam urat.

Loading...

Selain penyebab asam urat dan kolesterol diatas, Ada jenis minuman yang menjadikan kadar asam urat menjadi tinggi yaitu alkohol. Alkohol yang disebut-sebut sebagai pemicu asam urat dan kolesterol  juga. Untuk lebih jelasnya tentang jenis makanan penyebab asam urat tinggi, simak lebih lanjut di bawah ini.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dan Cepat Dengan Pengobatan Tradisional

Jenis Makanan Penyebab  Asam Urat Tinggi

Makanan yang menjadikan kadar asam urat tinggi pada umumnya juga bisa meningkatkan kadar kolesterol menjadi tinggi pula. Dan berikut ini adalah macam-macam yang harus dihindari oleh penderita asam urat atau jenis makanan penyebab asam urat tinggi yaitu:

  • Makanan kalengan seperti kornet, sarden, dan ekstrak daging.
  • Makanan laut, seperti udang, kerang, dan kepiting.
  • Jeroan, seperti hati, ginjal, limfa, babat, usus, paru dan otak.
  • Kacang-kacangan kering, beserta olahannya, seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tahu, dan susu kedelai.
  • Melinjo dan produk-produk olahannya, seperti emping dan kue mlinjo.
  • Minuman beralkohol dan jenis minuman yang hasil dari fermentasi.
  • Keju, susu, dan telur.
  • Kaldu kental.
  • Buah-buahan seperti, durian, avokat, nanas, dan air kelapa.
  • Sayuran, seperti daun bayam, daun singkong, daun jambu mete, kangkung, asparagus, buncis dan brokoli.

 makanan penyebab asam urat

Loading...

Itulah jenis makanan penyebab asam urat  tinggi. Dengan mengetahui jenis makanan diatas yang merupakan pantangan bagi penderita asam urat, bukan berarti anda harus menghindari makan tersebut sama sekali, namun yang perlu di ingat dan penting adalah mengendalikan jumlahnya dalam pola makan Anda, terutama Jika Anda adalah penderita asam urat.

Penyakit Penyebab Asam Urat

Selain makanan penyebab asam urat, ada beberapa gangguan atau masalah kesehatan yang tidak diobati menjadi pemicu terjadinya penumpukan asam urat dan menjadi penyakit asam urat. Apa saja jenis penyakit yang bisa menimbulkan penyakit asam urat?

Penyakit yang bisa menjadi penyakit asam urat diantaranya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, tingginya kadar lemak dan kolesterol, serta arteriosklerosis yang tidak diobati secara baik. masalah kesehatan tersebut bisa menimbulkan dan mendorong terjadinya kerusakan pada organ ginjal.

Jika kerja ginjal mengalami gangguan, maka ginjal tidak bisa bekerja dengan normal untuk menyaring zat-zat buangan dari dalam darah termasuk asam urat tadi. Jika Anda tidak menginginkan komplikasi pada masalah kesehatan selanjutnya sebaiknya Anda obati masalah penyakit hipertensi, kolesterol, arteriosklerosis dan diabetes Anda.

Selain menjauhkan makanan penyebab asam urat tinggi, menyegerakan penyembuhan penyakit di atas, Anda perlu juga memperhatikan dan memperbaiki pola hidup yang baik sebagai solusi mengatasi penyakit asam urat ini. Apa saja pola hidup yang sehat untuk menghindarkan masalah pada asam urat?.

Tips Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi dan Mengobatinya

Pola hidup orang saat ini berubah, dengan banyaknya orang melakukan pola hidup yang kurang sehat maka akan mudah kita terkena masalah asam urat. Pola hidup yang serba terburu-buru, membuat kita jarang melakukan olahraga. Dengan alasan yang umum yaitu tidak adanya waktu. Padahal, kurangnya olahraga membuat sistem metabolisme tubuh kita lemah dan gampang terkena penyakit seperti asam urat ini.

Mengabaikan asupan makanan yang dikonsumsi seperti junk food dan makanan penyebab  asam urat tinggi dengan tanpa mengontrolnya. Akibatnya tubuh jadi lebih mudah mengalami gangguan fungsi organ dan mudah sakit. serta mengalami masalah asam urat. sebaiknya kurangi makanan dengan kandungan protein tinggi karena makanan dengan kadar protein tinggi termasuk  makanan penyebab asam urat menjadi tinggi.

untuk mengurangi resiko terkena penyakit asam urat, sangat disarankan untuk Anda melakukan aktivitas olahraga secara teratur dan rutin. Karena selain asam urat dapat menimbulkan gangguan seumur hidup, jika tidak segera Anda obati, asam urat bisa menimbulkan penyakit lain dan komplikasi penyakit, seperti cacat tulang, gangguan penglihatan, osteoporosis dan gangguan ginjal.

Kerja ginjal yang terganggu bisa mengakibatkan hipertensi, gangguan jantung, diabetes mellitus dan stroke. Jadi semua akan terlihat seperti lingkaran setan, karena kerja ginjal memang sangat mempengaruhi dan sangat penting untuk kerja organ-organ lain. Demikianlah pembahasan tentang penyakit dan makanan penyebab asam urat tinggi serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi Anda pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Diet Bagi Penderita Asam Urat Yang Membantu Proses Penyembuhannya

Loading...

Leave a Comment