Pengertian Makanan Sehat Menurut Pandangan Islam

Makanan sehat menurut islam. Makanan yang sehat dan baik dalam Islam dituntut untuk makanan dan minuman yang halal dan thayib (baik). Selain halal dan baik, makanan sehat adalah yang jumlah atau ukuran yang cukup dan tidak berlebihan. Secara umum pengertian makanan sehat adalah makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi seimbang dalam tubuh kita.

Loading...

Ada pandangan yang kurang benar tentang memaknai makanan sehat menurut pandangan islam ini. Banyak orang punya anggapan bahwa makanan yang halal dan baik sudah cukup menyehatkan. Padahal, hal itu harus mencakup juga pada kualitas. Sedang untuk makanan sehat dan menyehatkan harus melibatkan segi jumlah. Karena itu ada perintah dalam Alqur’an, ” makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan”.

Kriteria makanan sehat menurut pandangan islam, bahwa disamping halal dan baik, makanan itu harus sesuai dengan pedoman hidup orang muslim yaitu Al-qur’an dan Al-hadits. Mungkin secara umum makanan tersebut sehat dan baik. Tapi belum tentu sesuai dengan anjuran dalam islam untuk mengkonsumsinya. Agar lebih jelasnya simak penjelasan tentang makanan sehat menurut islam.

Kriteria Makanan Sehat  Menurut Pandangan Islam

Menjaga pola makan adalah termasuk upaya menjaga kesehatan tubuh agar tetap baik. Hal ini diatur dan dianjurkan juga dalam islam. Dalam mengatur pola makan maka kita diajarkan untuk meniru anjuran Alquran dan Al-hadits. Tidak hanya pola makan saja yang dianjurkan dalam islam, dari segi kesehatan makanan pun diatur dengan baik dan bermanfaat untuk mendukung kesehatan kita. Berikut ini adalah pola makan dan ciri-ciri makanan sehat menurut pandangan islam, yaitu:

1. Tidak berlebihan

Loading...

Ciri makanan sehat menurut pandangan islam adalah dengan jumlah dari makanan yang dimakan tidak berlebihan. Ini juga merupakan ciri pola makan yang sehat. Kata tidak berlebihan dalam islam merupakan patokan dari pengertian makanan yang sehat juga baik, Karena makanan yang berlebihan tidak diperbolehkan dalam islam, dan fakta kesehatan modern pun mengamini pernyataan makan dan minum jangan berlebihan.

Baca juga: Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Manfaat dan Kandungan Gizinya

Segi berlebihan akan menjadi relatif bagi mereka yang sudah tergerogoti  oleh penyakit.  Makan nasi satu piring bagi orang yang sehat, mungkin belum disebut berlebihan (israf).  Namun akan menjadi kategori yang berlebihan, manakala seseorang mengidap penyakit diabetes. Karena berlebihan makan nasi sepiring tidak lagi baik untuk penderita diabetes. Demikian juga makan emping melinjo dan jeroan bagi penderita asam urat, daging bagi penderita kanker, maka makanan sehat itu berkaitan dengan faktor kehalalan, baik (thayib) dan tidak berlebihan.

2. Cukup

Selanjutnya ciri makanan sehat menurut pandangan islam yaitu cukup. Kata cukup dan tidak berlebihan dalam ilmu gizi biasa dikenal dengan sebutan AKG atau Angka Kecukupan Gizi, dalam AKG adalah jumlah yang ditentukan oleh rata-rata jumlah ideal komponen nutrisi makanan yang dibutuhkan setiap hari, jika kelebihan atau kekurangan akan menyebabkan  kekurangan nutrisi atau seing disebut dengan Malnutrisi.

Makanan sehat menurut pandangan islam

Akibat dan Bahaya  Makanan yang Tidak Sehat

Makanan sehat menurut pandangan islam telah sangat jelas yaitu makanan yang secara kuantitas dan kualitas secara seimbang dan tidak berlebihan. Nah, bagaimana dampak buruk  makanan yang tidak sehat bagi kesehatan, yaitu:

1. Gangguan Pertumbuhan dan Organ Tubuh

Makanan sehat menurut pandangan islam tidak hanya dari jumlah fisik saja namun dari kandungannya juga harus cukup dan tidak berlebihan. Bentuk malnutrisi dan kelebihan nutrisi akan menyebabkan gangguan pertumbuhan, tidak normalnya fungsi organ tubuh, dan gangguan kesehatan lainnya.

2. Penyebab Penyakit Asam Urat dan Diabetes

Dalam jangka pendek kelebihan nutrisi akan menimbulkan penyakit akut, misalnya dengan kelebihan purin yang tidak bermetabolisme dengan baik, yang berakibat pada masalah asam urat.  Selain asam urat kelebihan nutrisi mengakibatkan penimbunan gula darah yang menyebabkan diabetes mellitus tipe2.

3. Penyebab penyakit jantung dan Kerusakan Ginjal

Dalam jangka panjang kelebihan angka kadar kolesterol yang bisa menyebabkan gangguan jantung koroner. Asam urat yang selalu tinggi dalam waktu yang lama menyebabkan ginjal dan kerusakan sendi.  Sedang diabetes yang berdampak parah jika dialami dalam waktu yang lama yaitu menyerang organ-organ tubuh lain seperti mata, ginjal, jantung, saraf, kulit dan yang lainnya. ini adalah karena adanya ketidakseimbangan komponen nutrisi atau kelebihan

Manfaat Makanan Sehat Menurut Pandangan Islam

Makanan dikatakan makanan sehat dan baik adalah makanan yang memiliki komponen nutrisi dan gizi.  Berguna menyehatkan dan diasup dalam jumlah yang proporsi atau secukupnya, tepat dan tidak berlebihan. Dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari  berarti kita sedang membangun tubuh sehat untuk hari tua kita nanti. Karena kesehatan di masa tua dibangun dari masa muda.

Badan kuat dan bugar serta sehat di usia tua pasti merupakan hasil perawatan dan penjagaan dalam rentang waktu yang lama, dan upaya ini dimulai sejak usia muda. Seperti hadis rasulullah.saw ” (Manfaatkan) mudamu sebelum tuamu”. karena apa yang didapat di usia tua adalah hasil dari yang kita kerjakan pada usia muda kita. Demikianlah pembahasan tentang makanan sehat menurut pandangan islam. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua. Salam sehat!!

Baca juga: Bahaya Makanan Junk Food dan Kandungannya Bagi Kesehatan

Loading...

Leave a Comment