10 Daftar Makanan Sehat Untuk Jantung yang Wajib Dikonsumsi

Daftar makanan sehat untuk jantung yang wajib dikonsumsi. Jantung merupakan vital yang harus kita jaga kesehatannya. Dengan keadaan jantung yang sehat bisa mencegah timbulnya penyakit jantung. Orang akan sangat mudah terserang penyakit jantung jika keadaan jantungnya kurang terjaga kesehatannya. Ada banyak jenis makanan yang dapat diolah dengan baik untuk menu makanan sehat untuk penderita jantung, diantaranya buah, sayuran, kacang-kacangan dan lainnya.

Loading...

Dengan mengetahui makanan sehat untuk jantung maka akan sangat membantu Anda untuk mencegah  penyakit jantung tersebut. Selain itu, ada juga jenis makanan pantangan penyakit jantung seperti makanan siap saji dan lainnya. Nah, agar lebih jelas tentang apa saja makanan sehat untuk jantung. dibawah daftar lengkapnya.

Makanan Sehat Untuk Jantung yang Harus Anda Ketahui

makanan sehat untuk jantung

Ternyata ada banyak makanan dan minuman yang dianjurkan mengkonsumsinya seperti buah, buahan, sayuran dan juga biji-bijian. Dengan sering mengkonsumsinya maka akan menyehatkan jantung menjadi lebih baik. Keadaan jantung yang kurang sehat maka akan sangat rentan terkena risiko penyakit jantung. Berikut ini adalah daftar atau menu makanan sehat untuk jantung, yaitu:

1. Apel

Loading...

Buah  apel merupakan jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan pada apel memiliki kandungan pektin dan fitonutrien yang memang berguna mengurangi risiko penyakit jantung. Salah satu jenis makanan sehat untuk jantung. Buah  ini bisa langsung dimakan atau dibuat menjadi jus.

Baca juga: Bahaya Mudah Marah Rawan Terkena Penyakit Jantung dan Cepat Menjadi Tua

2. Buah beri

Buah Beri memiliki banyak macamnya seperti blacberry, blueberry, stroberi dan rasberi. Semua jenis buah beri ini memiliki kandungan tinggi serat dan antioksidan yang berguna mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, buah beri akan selalu menjaga kesehatan jantung agar kinerjannya tetap baik dalam memompa aliran darah untuk menyuplai oksigen dan sari makanan ke seluruh jaringan tubuh.

3. Alpukat

Buah alpukat atau juga sering disebut dengan Avokad merupakan buah atau makanan sehat untuk jantung dan kolesterol. Manfaat alpukat untuk kesehatan yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi sebagai penyebab penyakit jantung dan mampu menetralkan pembuluh darah arteri dari racun-racun berbahaya dari dalam tubuh.

4. Teh hijau

Teh hijau selama ini dikenal banyak orang sebagai minuman diet yang dapat menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Memang teh hijau bukan jenis makanan sehat untuk jantung namun salah satu jenis minuman yang bisa mencegah pembentukan timbunan kolesterol dalam tubuh yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Dengan minum satu cangkir teh hijau setiap hari bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh. Namun penting untuk Anda mengetahui aturan minum teh hijau tersebut karena teh ini memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak yaitu penyakit batu ginjal.

5. Brokoli dan Bayam

Brokoli dan bayam merupakan sayuran yang mengandung banyak mineral dan vitamin. Selain itu antioksidannya yang tinggi bermanfaat baik untuk kesehatan. dua jenis sayuran ini merupakan salah satu makanan sehat untuk jantung dan kolesterol. Dengan sering memakan olahan masakan dari brokoli dan bayam akan berguna mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan memperbaiki tekanan darah sehingga jantung lebih sehat dan normal.

6. Anggur Merah

Buah anggur merupakan salah satu jenis makanan sehat untuk jantung, dengan memakannya banyak manfaat bisa Anda dapatkan. Diantaranya, bahwa buah anggur khususnya anggur merah dapat melunturkan lemak yang ada pada pembuluh darah penyebab penyakit jantung. Selain itu dapat berguna juga untuk melindungi jantung untuk tetap sehat. Buah anggur untuk jantung ini dikarenakan memiliki senyawa quercetin yang bisa mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak essensial yang dikenal memiliki banyak berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti teh hijau, minyak zaitun bukan merupakan makanan sehat untuk jantung namun merupakan minuman karena bersifat cair. Penggunaan minyak zaitun yang diteteskan pada makanan akan berkhasiat menurunkan kolesterol jahat sehingga akan menjaga kita terhindar dari masalah penyakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol.

8. Kubis

Sayur kubis merupakan jenis makanan sehat untuk jantung. Seperti brokoli dan bayam, kubis mampu menyehatkan jantung karena memiliki senyawa fitonutrien. Selain itu, kubis kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan K. Nutrisi kubis juga kaya potassium, zat besi dan kalium yang bisa Anda jadikan sebagai menu makanan sehat untuk penderita jantung dengan menambahkan salad dalam memasaknya.

9. Bawang Putih

Bawang putih merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaatnya. Jenis makanan sehat untuk jantung ini sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun tahukah Anda dengan mengkonsumsi bawang putih mengurangi dan mencegah terjadinya stroke dan risiko darah tinggi. Selain itu, bawang putih juga bagus untuk kesehatan jantung.

10. Cokelat Hitam

Tahukah Anda jika cokelat termasuk salah satu jenis makanan sehat untuk jantung. Ada pun manfaat cokelat untuk kesehatan antara lain membantu menyehatkan jantung. Disamping itu, makan cokelat hitam mampu menyehatkan jantung dan bisa menormalkan tekanan darah, mencegah pembekukan darah dan radang.

Baca juga: Cara Mengatasi Serangan Jantung Mendadak Dengan Obat Tradisional

Loading...

Leave a Comment