8 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan manfaatnya bagi tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa karbohidrat merupakan sumber energi untuk tubuh. Cara Mudah untuk mendapatkan kandungan karbohidrat tersebut yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, produk susu, biji-bijian, kacang-kacangan dan jenis makanan lainnya.

Loading...

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi selain mudah ditemukan di sekitar kita, ternyata memiliki banyak manfaat. Diantara manfaat karbohidrat untuk tubuh yaitu sebagai  sumber energi yang mendukung aktivitas kita seharian. Bahkan mengkonsumsi karbohidrat yang terdapat pada jenis buah dan sayuran dapat membantu menjaga berat tubuh ideal sekaligus untuk diet menurunkan berat badan pada orang gemuk. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi di sekitar kita.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

makanan yang mengandung karbohidrat tinggi

Nah, agar bisa mendapatkan manfaat makan makanan yang mengandung karbohidrat. Maka tentu harus mengetahui macam-macam jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang baik untuk tubuh. Berikut ragam makanan tersebut:

1. Kentang

Loading...

Kentang merupakan jenis sayuran atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Tidak hanya itu, kentang juga mengandung tinggi kalsium. Pada kentang ukuran sedang memiliki persediaan 110 kalori yang bebas kolesterol dan lemak. Oleh karena itu kentang bisa dimanfaatkan untuk membantu menurunkan berat badan dan menyehatkan.

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Protein Tinggi dan Banyak

2. Pisang

Buah pisang termasuk buah atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Disamping itu, serat dan kalsiumnya juga banyak di dalamnya. Dengan mengkonsumsi pisang setiap hari akan menambah energi dan menguatkan otot serta tulang. Pisang juga kaya vitamin C dan B6 sehingga cocok dan bagus untuk menambah kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

3. Kacang-Kacangan

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi bisa ditemukan pada tumbuhan kacang-kacangan. Tidak hanya karbohidrat saja, kacang-kacangan juga memiliki kandungan lain seperti protein dan asam lemak omega 3. Jadi, jenis kacang-kacangan tersebut sangat baik dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan karena akan mendukung perkembangan otak dan kecerdasannya.

4. Beras (Padi)

Beras mungkin sudah banyak yang mengetahui adalah salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Bahkan dinilai sebagai sumber karbohidrat atau sumber energi setiap hari. Banyak orang mengkonsumsi banyak karbohidrat setiap harinya maka jarang ditemukan orang yang mengalami kekurangan karbohidrat. Selain padi-padian seperti beras merah, karbohidrat juga ada dalam kandungan biji-bijian seperti jagung, barley, dan gandum.

5. Buah Jeruk

Buah yang selama ini dikenal sebagai icon vitamin C ini ternyata jenis buah atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Selain itu mineral dan serat pada jeruk juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan membantu memenuhi karbohidrat. Jeruk juga memiliki unsur gula seperti glukosa, fruktosa, sukrosa dan asam nitrat. Jeruk sangat baik untuk dikonsumsi orang yang sedang masa pemulihan setelah sakit. Dengan mengkonsumsi jeruk akan menambah tenaga dan memulihkan sakit dengan cepat.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar termasuk salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Kandungan karbohidrat pada ubi jalar termasuk tinggi, yaitu dalam 8-9 ons ubi jalar mengandung 55 gram karbohidrat dan 240 kalori. Maka tak mengherankan  ada daerah tertentu menjadikan ubi jalar sebagai pengganti beras atau nasi. Makan ubi jalar mampu menambah tenaga atau energi dan mencegah tubuh lemas dan lesu.

7. Semangka

Semangka adalah buah yang banyak mengandung air dan sangat berkhasiat untuk menurunkan panas tubuh tinggi. Semangka juga termasuk buah yang mengandung vitamin C bahkan menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Oleh karena itu, mengkonsumsi semangka sangat berguna untuk kesehatan, diantaranya memenuhi asupan cairan tubuh, mengatasi panas dalam dan sariawan, dan menambah energi makin sehat dan kuat.

8. Apel

Tidak hanya semangka saja, apel juga termasuk jenis buah atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Kandungan karbohidrat pada apel yaitu 23 gram setiap 1 buah apel ukuran sedang. Selain karbohidrat apel juga mengandung fitonutrien dan bersifat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Demikianlah informasi tentang jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan manfaatnya. Semoga info tadi bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca semua. Salam sehat!!

Baca juga: Makanan yang Mengandung Protein Nabati dan Hewani Tinggi serta Manfaatnya

Loading...

Leave a comment