Makanan yang Mengandung Protein Nabati dan Hewani Tinggi serta Manfaatnya

Makanan yang mengandung protein tinggi dari jenis nabati dan hewani serta manfaatnya. Protein merupakan zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pertumbuhan dan meningkatkan fungsi tubuh agar sehat. Protein memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti membentuk enzim, hormon diperlukan oleh tubuh, dan pembentukan darah, otot, kulit dan tulang. Tubuh kita sangat memerlukan kandungan protein dibandingkan kandungan karbohidrat dan lemak. Oleh karena itu, mencukupi asupan protein sangat penting dilakukan setiap harinya.

Loading...

Contoh makanan yang mengandung protein tinggi bisa kita peroleh dari mengkonsumsi buah, sayuran dan daging. Ada dua sumber protein untuk memenuhi kebutuhan protein harian, yaitu protein nabati atau jenis buah dan sayuran yang mengandung protein, dan protein hewani yang merupakan produk dari hewan, seperti daging dan susu serta olahannya. Untuk lebih jelasnya tentang makanan yang mengandung protein tinggi dari jenis nabati dan hewani, simak berikut ini.

Jenis Makanan yang Mengandung Protein Nabati Tinggi

makanan yang mengandung protein nabati

Protein nabati diperoleh dari jenis buah, sayuran dan produk dari tanaman seperti gandum, beras dan lainnya. Dengan mengkonsumsinya setiap hari maka akan membantu memenuhi kebutuhan akan protein harian. Berikut ini adalah makanan yang mengandung protein nabati tinggi, yaitu:

Bayam

Loading...

Bayam merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi bayam bisa membantu mengatasi masalah kurang darah karena kandungan zat besi tinggi. Bayam adalah jenis makanan yang mengandung protein tinggi, dalam 100 gram bayam terdapat 3,6 gram protein. Selain kandungan protein, sayuran ini juga mengandung vitamin A, vitamin B, C dan E. Bayam merupakan sayuran yang dianjurkan dikonsumsi untuk ibu hamil untuk mencegah masalah kurang darah pada kehamilan.

Baca juga: 10 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi dan Terbaik

Kacang Hijau

Jenis kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang mengandung protein tinggi, seperti kacang hijau. Dalam 100 gram kacang hijau memiliki kandungan 3,04 gram protein. Dengan membuat olahan dari kacang hijau untuk dijadikan menu makanan Anda maka akan membantu memenuhi kebutuhan protein harian. Kacang hijau bisa Anda buat menjadi bubur atau jus yang menyehatkan.

Kacang Kedelai

Jenis kacang-kacangan yang merupakan makanan yang mengandung protein nabati lainnya yaitu kacang kedelai. Dalam setiap 100 gram kacang kedelai mengandung protein 36,49 gram. Nilainya protein nabatinya lebih tinggi dibandingkan dengan kacang hijau. Dengan mengkonsumsi makanan olahan dari kacang kedelai sangat baik untuk kesehatan, seperti tempe dan tahu dan lainnya. Penelitian menyebutkan protein yang terkandung pada kacang kedelai sangat tinggi dan dapat menggantikan produk protein hewani seperti daging. Hal ini karena pada kacang kedelai  merupakan makanan tinggi protein rendah lemak. Kandungan  lemaknya lebih rendah dibandingkan protein hewani yang tentunya lebih menyehatkan.

Kacang Polong

Makanan yang mengandung protein tinggi lainnya adalah kacang polong. Kacang polong memiliki kandungan protein 25 gram per 100 gram nya. Selain itu, jenis kacang ini memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa membantu organ pencernaan lebih baik. Tidak hanya serat saja, kacang polong juga merupakan makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang mengandung protein tinggi, setiap 100 gram brokoli memiliki 2,82 gram protein nabati. Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin C, dan kaya serat yang bagus untuk pencernaan. Mengkonsumsi brokoli bisa membantu mengatasi susah buang air besar dan melancarkannya. Brokoli adalah termasuk makanan yang mengandung protein nabati tinggi yang memiliki banyak kegunaan. Selain baik untuk pencernaan, brokoli juga bermanfaat untuk membunuh sel-sel kanker.

Kentang

Jenis umbi-umbian yang banyak mengandung protein yaitu kentang. Kentang merupakan makanan protein untuk diet yang dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam setiap 100 gram kentang memiliki kandungan 2 gram protein. Kentang juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh. Kentang merupakan jenis makanan yang mengandung protein, dengan mengkonsumsi olahan kentang akan membantu memenuhi kebutuhan akan protein harian.

Kacang Almond

Kacang yang satu ini memang terkenal dengan manfaatnya. Diantaranya banyak digunakan untuk perawatan kecantikan kulit. Kacang almond ternyata merupakan jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Kandungan proteinnya adalah 21,22 gram per 100 gram. Selain itu, kacang ini mengandung vitamin E dan B. Maka tak heran, jika mengkonsumsi kacang almond dapat membantu menyehatkan kulit dan menyehatkan tubuh.

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung protein. Tak seperti pada jenis buah lainnya, alpukat memiliki kandungan 2 gram protein setiap 100 gram nya. Dengan membuatnya menjadi jus atau olahan lainnya maka menjadikan alpukat sebagai minuman dan makanan yang mengandung protein.

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Vitamin D Tinggi dan Manfaatnya

Gandum dan Beras

Gandum dan beras merupakan makanan yang mengandung karbohidrat, bahkan termasuk makanan sumber karbohidrat. Namun demikian keduanya juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Pada 100 gram gandum 16 gram protein. Memang kandungan protein gandum lebih tinggi dari beras yang hanya 7,13 gram per 100 gram beras. Dengan makan nasi dan roti selain bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat sekaligus juga bisa memenuhi kebutuhan protein.  Keduanya merupakan jenis makanan yang mengandung protein yang biasa kita konsumsi bahkan setiap hari.

Daftar Makanan yang Mengandung Protein Hewani Tinggi

makanan yang mengandung protein hewani

Protein hewani merupakan kandungan protein yang bisa didapatkan dari hewan dan produk hewan, seperti daging dan telur. Namun juga bisa juga kita temukan pada produk hasil hewan seperti susu. Selain itu makanan dari olahannya seperti keju. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis makanan yang mengandung protein hewani tinggi, yaitu:

Ikan Tuna

Ikan tuna adalah jenis ikan sumber protein tinggi. Pada 100 gram tuna memiliki kandungan protein 29 gram. Selain itu, ikan tuna juga mengandung omega 3, dengan mengkonsumsinya tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan protein harian namun bisa berguna untuk menutrisi otak yang membuat kecerdasan. Ikan tuna adalah jenis makanan yang mengandung protein hewani yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dan otak.

Telur

Telur merupakan jenis makanan yang mengandung protein tinggi untuk pembentukan otot. Protein hewani pada telur yaitu 12,6 gram per 100 gram nya. Dengan mengolahnya menjadi menu masakan maka akan membantu memenuhi kebutuhan akan protein. Selain kandungan protein, telur juga kaya vitamin seperti vitamin A dan B, B12 dan B9 serta nutrisi dan gizi lainnya.

Susu

Susu sapi dan kambing merupakan minuman yang mengandung protein hewani tinggi. Pada susu sapi setiap 100 gramnya memiliki protein 3,20. Namun kandungan protein pada susu sapi lebih sedikit dibandingkan dengan susu kambing yaitu 8,7 gram per 100 gramnya. Banyak manfaat meminum susu ini untuk kesehatan tubuh. Disamping itu, minum susu sapi atau susu kambing sangat baik untuk anak agar membantu kecerdasan dan tumbuh kembangnya. Dengan meminum dan memakan olahan susu akan dapat membantu memenuhi kebutuhan harian akan protein. Makanan yang mengandung protein dari olahan susu seperti keju.

Daging

Daging merupakan makanan yang mengandung protein hewani tinggi. Dengan mengolahnya menjadi menu makanan akan mendapatkan kandungan proteinnya. Pada setiap 100 gram daging mengandung protein antara 20 sampai 36 gram. Daging juga jenis makanan yang mengandung lemak yang tinggi, hal itu lah yang menjadikan kurang baik dikonsumsi pada orang yang mengalami obesitas.

Memenuhi kebutuhan protein sangat perlu untuk menunjang tubuh agar lebih sehat. Namun mengkonsumsinya yang terlalu atau berlebihan bisa menimbulkan akibat buruk atau efek samping. Maka perlu memperhatikan takaran atau kadar protein yang kita butuhkan. Kebutuhan protein harian untuk usia 17 tahun hingga 60 tahun adalah 56-59 gram untuk pria dan 62-66 gram untuk wanita. Efek samping protein berlebihan antara lain, meningkatkan berat badan, merusak hati dan otak, merusak ginjal, meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat. Demikianlah pembahasan tentang daftar makanan yang mengandung protein tinggi, semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin E Tinggi dan Manfaatnya

Loading...

Leave a Comment