10 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin D dan Kegunaannya (Fungsinya)

Jenis Makanan yang mengandung vitamin D dan kegunaannya. Fungsi utama vitamin D untuk tubuh adalah menjaga kesehatan gigi dan tulang karena perannya membantu dalam penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Selain itu manfaat vitamin D baik untuk meremajakan kulit agar awet muda, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah tulang keropos (osteoporosis). Vitamin D juga sangat diperlukan oleh ibu hamil dan bayi untuk menjaga kesehatannya. Oleh sebab itu penting bagi kita mengetahui bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin D, seperti mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D.

Loading...

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D sangat penting bagi tubuh kita. Rendahnya asupan vitamin D  menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun, meningkatkan risiko kanker, tulang rapuh, gigi mudah berlubang, pertumbuhan rambut buruk, kondisi otot melemah dan osteomalacia. Sebaliknya dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat, mual,  tinggi kalsium darah, sakit perut dan hilangnya nafsu makan, batu ginjal, dan peningkatan risiko serangan jantung. Maka dari itu, penting memperhatikan kebutuhan asupan vitamin D setiap hari. Kebutuhan akan vitamin D harian untuk orang dewasa yaitu 600 hingga 4000 IU perhari. Nah, apa saja jenis makanan yang mengandung vitamin D?. Simak ulasan lengkap dibawah ini.

Makanan yang Mengandung Vitamin D dan Fungsinya

makanan yang mengandung vitamin d

Pemenuhan vitamin D juga bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan. contoh buah buahan yang mengandung vitamin D antara lain, stroberi, kiwi dan masih banyak lainnya. Selain buah, berjemur sinar matahari pagi merupakan salah satu cara mendapatkan vitamin D. Namun tentu hal itu tidak bisa menjadi patokan untuk terpenuhinya asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencukupi vitamin D dengan cara lain yaitu mengkonsumsi makanan bervitamin D dan Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D, yaitu:

1. Jamur

Loading...

Jamur merupakan makanan yang mengandung vitamin D yaitu 446 per 100 gram nya. Maka sangat baik untuk memakan olahan dari jamur tersebut. Jamur juga bisa menjadi sumber vitamin D untuk ibu hamil. Manfaat mengkonsumsi jamur pada masa kehamilan dapat mendukung pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan.

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Vitamin D Tinggi dan Manfaatnya

2. Susu

Susu dan semua produk olahan dari susu merupakan makanan yang mengandung vitamin D seperti keju. Mengkonsumsinya secara teratur akan menjaga kesehatan kita dan melindungi tulang dan gigi keropos. Mengkonsumsi susu juga baik untuk bayi karena bisa membantu pertumbuhan tulang dan gigi dan perkembangannya.

3. Udang dan Tiram

Dua jenis makanan sea food ini adalah jenis makanan yang mengandung vitamin D. Meski dosisnya tak setinggi pada jamur namun mengkonsumsinya dapat mencegah kekurangan vitamin D. Selain vitamin D, udang dan tiram mengandung protein, zinc dan banyak nutrisi lain yang membantu kesehatan tubuh dan otak.

4. Minyak Ikan Ikod dan Ikan Berlemak

Minyak ikan ikod merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D. Dalam satu sendok minyak ikan ini mengandung 500 IU, cukup mengkonsumsi satu sendok teh perhari minyak ikan ikod sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda. Selain itu, minyak berlemak seperti ikan tuna, sarden, dan salmon juga memiliki kandungan vitamin D setiap 100 gram ikan tersebut juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D harian

 5. Telur

Telur adalah salah satu makanan mengandung vitamin d dan kalsium dengan mengkonsumsinya sangat bagus untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak, dan menguatkan tulang pada orang dewasa. Selain itu telur juga mengandung protein hewani yang menutrisi otak untuk daya ingat. Satu butir telur mengandung 44 IU vitamin D, mengkonsumsinya dapat memenuhi 17 persen kebutuhan vitamin tersebut.

6. Tempe dan Tahu

Dua jenis makanan yang sangat familiar pada masyarakat indonesia ini ternyata merupakan makanan yang mengandung vitamin D yang baik untuk dikonsumsi. Pada tempe dan tahu mengandung 157 IU dengan mengkonsumsinya maka dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin D 26 persen.

7. Susu Kedelai

Selain produk kedelai tahu dan tempe, olahan dari kedelai yang memiliki kandungan vitamin D  yaitu susu kedelai. Dalam satu gelas susu kedelai terdapat 130 IU vitamin D. Meski susu adalah minuman tapi masih bisa tergolong makanan yang mengandung vitamin D. Dengan mengkonsumsinya rutin setiap hari akan membantu Anda mencegah kekurangan vitamin D.

Selain jenis makanan yang mengandung vitamin D di atas, ada jenis makanan lain yang memiliki  kandungan vitamin D antara lain, sayuran hijau, ikan tuna, minyak ikan, dan daging. Untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin D bisa juga dengan minum suplemen vitamin D. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin D tersebut harus dengan resep anjuran dokter. Masalah yang sering terjadi dengan membeli suplemen vitamin D dan tidak memperhatikan dosis dan cara minumnya akan berisiko mengalami kelebihan vitamin tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang makanan yang mengandung vitamin D dan terbaik serta efek samping kekurangan dan kelebihannya. Semoga informasi ini bisa berguna bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin D Bagi Tubuh

Loading...

Leave a Comment