4 Manfaat Air Belerang untuk Kulit dan Wajah

Manfaat air belerang untuk kulit dan wajah. Air belerang sudah sejak lama dipercaya dan digunakan untuk obat penyakit kulit. Dengan berendam di air murni belerang bisa membantu mengatasi berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, jerawat dan kurap. Air belerang yang bagus untuk penyembuhan kulit terdapat pada pemandian air panas yang biasanya banyak ditemukan pada obyek wisata pegunungan seperti air belerang ciater dan lainnya. Air belerang berbau menyengat tersebut tidak hanya membantu menyembuhkan penyakit kulit. Namun juga bisa digunakan sebagai obat alami rasa nyeri dan bisa membantu menenangkan pikiran.

Loading...

Selain Manfaat air belerang untuk kulit, belerang  juga sangat ampuh mengatasi ketombe. Cukup mandi di pemandian air belerang terbukti ampuh menghilangkan ketombe dan gatal-gatal pada rambut. Memang banyak khasiat yang didapat dari air yang mengandung belerang atau sulfur tersebut. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja manfaat air belerang untuk kulit. Simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Air Belerang Untuk Kulit dan Wajah

manfaat air belerang untuk kulit

Sering mandi air belerang selain bisa menyembuhkan penyakit kulit seperti panu dan jerawat, bisa juga untuk mencegah penuaan wajah. Maka tak mengherankan banyak produk sabun dan produk kecantikan lainnya menggunakan bahan belerang atau sulfur ini. Berikut ini adalah manfaat air belerang untuk kulit, yaitu:

1. Mengobati Panu

Loading...

Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Keberadaannya menjadi gangguan pada kulit, rasa gatal yang sangat membuat kita tidak nyaman dan warna yang putih seperti belang kadang membuat kita kurang percaya diri. Untuk mengatasi panu tersebut bisa menggunakan air belerang. Manfaat air belerang untuk kulit terbukti ampuh mengatasi masalah panu pada kulit, Anda bisa berendam di pemandian air panas atau bisa menggunakan obat alami panu yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Cara menyembuhkan panu dengan belerang sangat mudah, yaitu dengan mencampur serbuk belerang dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan pada kulit yang panuan secara rutin maka panu akan hilang.

Baca juga: Bahaya Berendam Air Belerang bagi Kesehatan Tubuh

2. Mengobati Gatal-Gatal

Manfaat air belerang untuk kulit selain ampuh untuk menghilangkan panu. Air belerang juga bisa digunakan sebagai obat alami gatal-gatal pada kulit seperti kadas, kudis dan kurap. Cara menggunakan belerang untuk menyembuhkan gatal-gatal tersebut bisa dengan mencampur bubuk belerang dengan buah pala dan merica. Air belerang dari campuran tersebut sangat ampuh mengatasi masalah gatal-gatal pada kulit. Cara membuat ramuan air belerang untuk obat gatal-gatal di kulit sangat mudah, yaitu:

  • Siapkan satu sendok makan bubuk belerang, setengah buah pala, dan 3 butir merica.
  • Cuci bersih pala dan merica kemudian tumbuk hingga halus
  • Tambahkan bubuk belerang dan sedikit air aduk hingga membentuk salep.
  • Oleskan salep belerang tersebut pada kulit yang gatal-gatal karena kadas, kudis atau kurap
  • Rutinkan menggunakannya satu kali sehari pada malam hari menjelang tidur, dan gatal-gatal pun akan segera hilang.

3. Mengatasi Jerawat

Jika Anda mengalami jerawat pada wajah dengan air belerang akan mengatasinya dengan cepat. Manfaat air belerang untuk kulit yang berjerawat bisa dilakukan dengan mandi di pemandian air panas atau air belerang. Dengan berendam air belerang tersebut akan membantu wajah Anda bebas dari jerawat. Selain untuk jerawat manfaat air belerang untuk wajah yaitu bisa menghilangkan noda hitam atau flek hitam bekas jerawat. Basuh muka selama berendam di air panas belerang berulang maka masalah jerawat dan gatal pada wajah akan sirna.

4. Mengobati Eksim Kering

Manfaat air belerang untuk kulit juga bisa dijadikan obat alami eksim. Anda bisa membuat sendiri ramuan tradisional di rumah. Untuk membuat salep eksim dari belerang tersebut dengan mencampur bubuk belerang dengan air dan daun sirih. Kemudian ditambah pala dan merica. Cara membuat obat eksim kering dengan air belerang yaitu:

  • Siapkan 1 sendok bubuk belerang yang sudah dicampur air hingga membentuk pasta atau salep
  • Cuci bersih 1 buah pala, 5 daun sirih¬† dan 4 butir merica. Tumbuk semua bahan tersebut hingga halus.
  • Campurkan air belerang atau salep berang dengan tumbukan merica, pala dan daun sirih hingga tercampur rata
  • Anda juga bisa menambahkan 1 sendok minyak zaitun, lalu oleskan pada kulit yang terkena eksim
  • Diamkan hingga beberapa menit antara 20 sampai 25 menit lalu bilas menggunakan air hangat
  • Rutinkan pemakaian obat herbal eksim kering tersebut 2 kali sehari, pagi dan malam, maka eksim bisa disembuhkan.

Sebagai tambahan Selain Banyak manfaat air belerang untuk kulit. Belerang juga bisa efek samping atau bahaya. Penggunaan belerang atau air belerang tersebut jangan berlebihan gunakan hanya 1 sendok makan saja. Dengan menggunakan belerang yang berlebihan akan menimbulkan efek samping pada kulit. Diantara bahaya belerang untuk kulit jika penggunaanya dalam jumlah banyak dan terlalu sering akan membuat kulit kering, lebih parahnya lagi bisa membuat kulit seperti terbakar dan iritasi.

Untuk penyembuhan dengan manfaat air belerang  untuk kulit seperti diatas hanya digunakan sebagai obat luar atau salep kulit. Jangan Anda mencoba untuk meminumnya karena juga bisa membahayakan organ dalam seperti ginjal dan organ lainnya. Berendam air panas di pemandian air belerang memang memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Namun tidak disarankan untuk dilakukan ibu hamil karena bisa mengganggu kesehatannya dan janin yang di dalam kandungan. Demikianlah manfaat air belerang untuk kulit dan wajah. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi Anda pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Efek Samping Makan Belerang dan Bahayanya Bagi Kesehatan Tubuh

Loading...

Leave a Comment