3 Manfaat Air Jahe Hangat Untuk Tubuh dan Cara Membuatnya

Manfaat air jahe hangat untuk tubuh dan cara membuatnya. Air jahe yang diminum dalam keadaan panas atau hangat adalah minuman sehat yang banyak khasiatnya bagi kesehatan untuk tubuh. Diantara manfaatnya yaitu dapat membantu diet menurunkan berat badan, mengecilkan perut buncit hingga meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Selain itu, minum air jahe hangat sebelum tidur dipercaya ampuh menjadi obat.

Loading...

Masih banyak manfaat air jahe hangat bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Namun untuk mendapatkan semua manfaatnya maka harus mengetahui cara mengolahnya dan aturan minumnya yang benar. Nah, agar lebih jelasnya tentang semua manfaat air jahe hangat untuk kesehatan tubuh. Simak ulasan lebih lanjut dibawah ini.

Manfaat Air Jahe Hangat Untuk Tubuh dan Diet

Jahe merupakan bahan herbal yang memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan. Entah itu jenis jahe kuning atau jahe merah bisa berguna bagi tubuh. Disamping itu, dengan minum air jahe secara rutin setiap hari dapat berguna juga untuk diet menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh secara alami. Biasanya dalam penyajiannya air jahe hangat ditambahkan dengan bahan alami lain seperti madu dan gula merah. Oke langsung saja, Berikut ini beberapa manfaat air jahe hangat untuk tubuh dan diet, antara lain:

1. Menurunkan Berat Badan (Diet)

Jahe terkenal dengan manfaatnya dalam membantu membakar lemak di dalam tubuh. Dengan minum 1 cangkir air jahe hangat yang dilakukan sebelum tidur dipercaya akan mengurangi berat badan dan membuat langsing. Manfaat air jahe hangat untuk diet tersebut maka Anda harus tahu cara membuat ramuannya dan mengikuti aturan minumnya yang benar, adalah sebagai berikut:

Loading...
  • Siapkan 1 buah jahe merah atau jahe kuning, 1 buah lemon, 1 buah mentimun dan 1 sendok gel lidah buaya.
  • Pertama, parut jahe dan mentimun hingga halus kemudian peras lemon.
  • Campurkan parutan jahe, mentimun, air lemon dan gel lidah buaya menjadi satu dengan diaduk hingga tercampur rata.
  • Tambahkan air panas dan kembali aduk, diamkan sampai hangat dan minum sebelum tidur.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Jahe Setiap Hari Sebelum Tidur dan Efek Sampingnya

2. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat air jahe hangat lainnya yaitu membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan pencernaan dan perut seperti perut kembung, susah buang air besar dan diare. Selain itu, minum air jahe hangat mampu membuat rileks usus dan mengatasi masalah pencernaan lainnya. Berikut ini cara mengatasi masalah pencernaan dengan air jahe hangat, yaitu:

  • Siapkan 1 rimpang jahe, lalu cuci hingga bersih dan parut hingga lembut.
  • Rebus air sebanyak 3 gelas sampai mendidih dan masukkan parutan jahe kedalamnya selama 10 menit.
  • Diamkan beberapa menit agar menjadi hangat.
  • Tuangkan kedalam gelas kemudian campurkan madu atau gula merah secukupnya.
  • Aduk kemudian minum pada malam sebelum tidur.

3. Menambah Daya Tahan Tubuh

Jika Anda mudah sakit itu menandakan daya imun menurunkan. Untuk mengatasinya ternyata sangat mudah yaitu dengan membiasakan minum air jahe hangat setiap hari. Selain manfaat air jahe hangat meningkatkan imun tubuh, minum jahe terbukti dapat mengeluarkan racun, membunuh bakteri dan membersihkan limfa. Berikut ini cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dengan air jahe hangat, yaitu:

  • Siapkan 1 rimpang jahe kemudian parut hingga lembut.
  • Rebus 3 gelas air hingga mendidih dan campurkan jahe kedalamnya selama 10 menit.
  • Diamkan hingga hangat kemudian tuang dalam gelas dan tambahkan 1 sendok air lemon.
  • Aduk kemudian minum.

Itulah tadi beberapa manfaat air jahe hangat untuk tubuh dan cara membuatnya. Semoga info tadi bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda semua. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh dan Pengobatan Penyakit

Loading...

Leave a Comment