9 Manfaat Air Lemon Hangat dan Dingin Untuk Kesehatan dan Kecantikan

9 Manfaat air lemon hangat dan dingin untuk kesehatan dan kecantikan. Lemon adalah salah satu jenis buah yang memiliki manfaat bagi tubuh. Hal ini dibenarkan oleh beberapa hasil dari penelitian. Diantara manfaat manfaat lemon mampu membakar lemak sehingga membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi yang sangat bermanfaat untuk daya tahan tubuh agar terhindar dari masalah penyakit seperti flu, batuk dan lain sebagainya.

Loading...

Manfaat air lemon karena kandungan vitamin C yang banyak, lemon juga sumber vitamin A, B6, kalsium, seng dan zat besi. Maka tidak mengherankan minum air lemon yang disajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan. Namun Mengkonsumsi air lemon juga dapat menimbulkan efek samping. Efek negatif air lemon ini bisa berakibat buruk jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering. Diantara efek samping air lemon antara lain menimbulkan masalah gangguan pencernaan. Apa lagi diminum dengan keadaan dingin pada pagi hari.

Manfaat air lemon yang dikonsumsi dalam keadaan hangat  dingin mempunyai khasiat baik untuk tubuh. Namun Anda perlu memperhatikan aturan penyajian saat mengkonsumsinya. Untuk mengkonsumsi pada pagi hari sebaiknya menggunakan air lemon yang hangat. Sedangkan untuk air lemon yang dingin bisa dikonsumsi pada siang, sore atau pun malam. Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat air lemon yang benar dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

manfaat air lemon

Sebelum kita bahas tentang apa saja manfaat air lemon hangat dan dingin. Sebaiknya kita mengetahui juga aturan cara membuat air lemon hangat  yang baik dan benar yaitu:

Loading...
  • Ambil 4 sampai 5 buah lemon segar, lalu cuci hingga bersih
  • Potong semua buah lemon tersebut menjadi dua bagian
  • Masukkan ke dalam panci yang berisi air sebanyak dua gelas atau 400ml
  • Didihkan selama 5 menit
  • Jika Anda ingin meminumnya dalam keadaan dingin maka simpan air lemon tersebut dalam kulkas

Mudah, bukan? cara membuat air lemon yang menyehatkan ini.  Menurut hasil penelitian tentang manfaat air lemon tersebut, air lemon hangat atau rebusan lemon lebih efisien diserap oleh tubuh dibandingkan dalam keadaan dingin. Oke, Setelah kita tahu cara yang benar untuk menyajikan air lemon, maka selanjutnya kita bahas tentang manfaat air lemon untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Imunitas)

Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa lemon merupakan buah sumber vitamin C yang tinggi. Oleh karenanya tidak mengherankan jika manfaat air lemon yang disajikan dingin atau hangat mampu meningkatkan imunitas. Dengan mengkonsumsi air lemon pada pagi hari maka akan menjaga tubuh agar tidak mudah sakit.

Baca juga: Khasiat Lemon Untuk Kesehatan Dan Penyembuhan Penyakit

2. Membersihkan Pencernaan

Disamping sangat bagus untuk menjaga tubuh agar tidak mudah sakit, manfaat air lemon hasil rebusan tersebut bisa membantu mempercepat proses pencernaan, sehingga tubuh tidak akan lama menyimpan zat-zat yang tidak berguna atau yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kita.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat air lemon hangat atau dingin bisa membantu diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan pada buah lemon mengandung vitamin C, flavonoid dan kaya kandungan pektin yang ampuh mengatasi masalah berat badan berlebih dengan menurunkan berat badan Anda secara cepat.

4. Menyegarkan Napas

Manfaat air lemon hangat yang diminum pada pagi hari sebanyak satu gelas setelah sarapan akan menghilangkan bau mulut. Hal ini karena air lemon mampu merangsang air liur yang mencegah bibir menjadi kering dan bau mulut akibat dari pertumbuhan bakteri berlebih pada saat mulut kering.

5. Mengurangi Kerutan Kulit

Lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi yaitu 64 mg per 100 gram lemon. Dan manfaat air lemon untik wajah yaitu mampu mencegah dan mengurangi masalah kerutan-kerutan kulit akibat penuaan dini. Hal ini disebabkan karena air lemon mengandung tinggi vitamin C. Selain itu, manfaat air lemon untuk kecantikan lainnya adalah bisa mencegah kulit menjadi kering.

6. Membantu Pencernaan

Manfaat air lemon hangat yang diminum pada pagi hari ketika baru bangun bisa membantu kinerja organ pencernaan. Rasa asam pada lemon diyakini membantu memudahkan usus dalam mencerna makanan dengan mudah dan cepat. Selain itu manfaat minum air lemon hangat pada pagi hari juga dapat mencegah penumpukan racun dalam tubuh.

7. Mencegah Batu Ginjal

Manfaat air lemon hangat atau dingin bisa berguna untuk mencegah batu ginjal. Hal ini dikarenakan pada air lemon tersebut mengandung asam sitrat. Dan kandungan tersebut mampu mencegah pembentukan batu ginjal.

8. Mencegah Penyakit Lambung

Manfaat air lemon untuk kesehatan lainnya adalah mampu mencegah risiko terkena penyakit kanker lambung, tukak lambung dan kerusakan lainnya. Hal ini disebabkan karena kandungan air lemon yang kaya akan asam askorbat.

9. Mengeluarkan Racun (Detoksifikasi)

Kandungan tinggi asam nitrat pada air lemon berfungsi meningkatkan enzim. Disamping itu, manfaat air lemon juga berguna sebagai detok atau pengeluaran racun dan zat-zat berbahaya yang menrugikan tubuh.  Dengan mengkonsumsi atau meminum air lemon sehari sekali sudah bisa mengeluarkan racun tubuh.

Efek Samping Air Lemon

Selain manfaat air lemon tersebut, Ternyata air lemon memiliki efek samping. Dan berikut ini adalah efek samping air lemon, yaitu:

  • Mengikis enamel gigi karena kandungan asam nitrat pada lemon tinggi. Untuk mencegahnya Anda bisa berkumur dengan menggunakan air hangat setelah mengkonsumsi lemon tersebut.
  • Asam nitrat lemon juga bisa mengakibatkan sakit pada ulu hati. Untuk mengatasi dan mencegahnya yaitu dengan menghindari mengkonsumsi air lemon tersebut.

Demikian pembahasan tentang manfaat air lemon yang disajikan dalam keadaan hangat dan dingin. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Dan Perawatan Kecantikan

Loading...

Leave a Comment