Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kandungannya

Manfaat buah anggur untuk kesehatan, kecantikan dan kandungannya. Buah anggur termasuk buah yang terkenal dan disukai semua usia dari anak-anak sampai orang dewasa, pria dan wanita. Anggur mempunyai warna yang banyak dari mulai merah, ungu, hijau dan hitam yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Loading...

Manfaat buah anggur sudah diketahui sejak lama, selain buahnya  yang memiliki rasa yang enak, terkesan mahal dan dimanfaatkn sebagai sari buah dan kismis sebagai campuran makan roti. Buah ini merupakan buah tertua yang dibudidayakan oleh manusia, Buktinya di dalam mumi di mesir yang diperkirakan berumur 3000 tahun. Didalam mumi tersebut di temukan biji-biji anggur yang diduga merupakan untuk bekal kematian. Lantas, apa kandungan dan manfaat buah anggur tersebut, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Kandungan dan Manfaat Buah Anggur

manfaat buah anggur

Dari semua warna anggur yaitu merah, ungu, hijau dan hitam sama sama memiliki manfaat untuk kesehatan dan itu memiliki kesamaan dari kandungan dan khasiat untuk tubuh kita. Hal ini dikarena pada buah anggur terkandung banyak nutrisi. Kandungan nutrisi pada anggur antara lain, Flavonoid, mineral, vitamin A dan vitamin B komplek dan vitamin C. Fitonutrien. Dengan kandungannya tersebut anggur dapat membantu melindungi tubuh dari serangan bakteri, hama, paparan sinar matahari, dan gangguan kesehatan pada manusia. Berikut adalah manfaat buah anggur yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Membuat Awet Muda

Loading...

Buah anggur memiliki kandungan zat Resveratol yang berkhasiat membuat awet muda. Dengan sering makan anggur maka akan membuat seseorang menjadi awet muda dan terjaga kesehatan kulitnya. Selain itu manfaat buah anggur mampu mencegah penuaan dini dan mencehah keriput karena di usia muda.

Baca juga: Manfaat Anggur Bagi Kesehatan Menurut Islam

2. Mencegah Kanker

Manfaat buah anggur selanjutnya yang luar biasa yaitu mampu mencegah terkena kanker. Hal ini dikarenakan kandungan zat Resveratol, jadi zat ini tidak hanya membuat awet muda namun juga membuat orang yang memakan anggur akan terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.

3. Mengobati Varises

Manfaat buah anggur tidak hanya terdapat pada dagingnya namun juga bijinya. Manfaat biji anggur yang terkenal mempunyai rasa pahit yaitu mampu mengobati varises. Hal ini diketahui karena pada anggur memiliki zat procyanolic oligomers yang dibuktikan secara medis dapat menjadi obat varises alami.

4. Mencegah Kerusakan Pembuluh Darah

Pada buah anggur juga ditemukan kandungan flavonoid yang tinggi. Menurut penelitian manfaat buah anggur bisa mencegah kerusakan pembuluh darah dalam tubuh karena peran flavonoid tersebut. Kandungan flavonoid berguna meningkatkan kandungan antioksidan dalam darah sehingga mencegah kerusakan pembuluh darah. Selain itu flavonoid tersebut mampu mencegah penggumpalan trombosit. Semakin gelap warna anggur semakin banyak kandungan flavonoid didalamnya.

5. Mengatasi Sesak Nafas

Buah anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air di dalam paru-paru. Dengan kekuatan tersebut maka manfaat buah anggur bisa berguna meringankan penyakit asma untuk mengurangi sesak nafas.

6. Mencegah Stroke

Bertambahnya usia pembuluh darah menjadi rapuh dan rentan terjadi penyumbatan yang menyebabkan stroke dan serangan penyakit jantung koroner. Ternyata manfaat buah anggur bisa mencegah penyakit tersebut. Hal ini dikarenakan anggur mengandung zat penguat kolagen yang bermanfaat untuk melenturkan pembuluh darah.

7. Menghindari Penyakit Jantung

Buah anggur memang banyak khasiatnya untuk mencegah penyakit-penyakit berbahaya dan mematikan. Manfaat buah anggur tidak hanya mencegah kanker dan stroke saja, bahkan khasiatnya mampu mencegah pembekuan darah dan menghindari masalah penyakit jantung. Antioksidan yang tinggi pada anggur mampu menghentikan kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah penyebab penyakit jantung.

8. Menyehatkan Empedu

Buah anggur mengandung enzim yang bersifat tonik. Dengan kandungan enzim tersebut anggur memiliki khasiat pada empedu. Manfaat buah anggur bisa meningkatkan fungsi empedu dan meningkatakan efisiensi perubahan lemak menjadi asam empedu yang dikeluarkan sehingga mengurangi lonjakan kadar lemak darah.

9. Membuat Tidur Pulas

Bagi Anda yang memiliki keluhan dengan susah tidur maka makan anggur bisa menjadi solusi dapat tidur pulas dan mudah. Sebuah penelitian di italia mengemukakan bahwa manfaat buah anggur membuat tidur pulas dan meringankan gejala insomnia. Hal ini karena pada anggur memiliki kandungan melatonin. Fungsi melatonin tersebut dapat membantu mengatur jam biologis manusia. Hormon melatonin akan muncul pada malam hari, sehingga membuat tertidur pulas.

10. Miningkatkan Kesehatan Otak

Penelitian yang dilakukan oleh konvensi Experimental Biology di Anaheim, california, Amerika Serikat. Menyatakan bahwa manfaat buah anggur mampu meningkatkan kesehatan otak dan menghindari pada penyakit alzheimer. Hal ini dikarenakan adanya resveratrol. Selain itu, memperbanyak makan buah anggur, mencegah faktor resiko sindroma metabolik.

Sebagai info tambahan tentang manfaat buah anggur. Selain manfaat ternyata ada efek samping memakan anggur tersebut. Diantara efek samping makan anggur yaitu bisa membuat iritasi jika dikonsumsi bersama kulit, buah dan bijinya. Disamping itu, bagi penderita gangguan lambung seperti sering maag sebaiknya hati-hati makan biji-bijinya karena bisa iritasi pada lambung. Untuk itu, mencegahnya yaitu dengan mengkonsumsi dalam jumlah yang sedikit dulu, sambil mengawasi reaksinya. Bagi Anda yang punya pencernaan sensitif disarankan mengkonsumsi jus buah anggur tanpa bijinya.

Demikianlah ragam manfaat buah anggur untuk kesehatan dan kecantikan serta efek sampingnya. Semoga info tadi bisa menambah wawasan yang bermanfaat bagi Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: 10 Daftar Makanan Sehat Untuk Jantung yang Wajib Dikonsumsi

 

Loading...

Leave a Comment