Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Islam

Bawang merah merupakan makanan yang baik bagi manusia. Bawang merah sejak dulu dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit dan sebagai makanan untuk kesehatan.

Loading...

Manfaat bawang merah bagi kesehatan antara lain, untuk mencegah penyakit kanker dan membunuh sel-sel-kanker, melancarkan aliran darah dan penyembuhan penyakit stroke.

Manfaat bawang merah
manfaat bawang merah, sumber: Google.com

Pada umumnya, masakan Indonesia seperti bakso, mie, soto dan lainya menggunakan bawang merah yang di goreng. Tidak hanya dioleh sebagai bawang goreng saja, ternyata bawang merah juga memiliki manfaat lain.

Manfaat Bawang Merah Dalam Ilmu Kedokteran Islam

Sejarah bawang merah dalam Alqur’an berawal dari zaman Nabi Musa as. Nabi Musa as. Kaum nabi musa yaitu kaum bani israil terkenal dengan perilaku mereka yang suka membantah dan suka berdebat.

Pada awalnya mereka meminta kepada Nabi Musa as. agar diberikan kehidupan yang mewah dan berkecukupan serta makan makanan yang paling enak yakni Manna dan Salwa, Namun setelah terpenuhi, Kemudian mereka berkata kepada Nabi Musa:

Loading...

“Wahai musa! sungguh kami telah bosan dengan nikmat tuhanmu (manna dan salwa), kami ingin makan bawang merah, bawang putih, kacang-kacangan dan adas.”

Maka Nabi Musa pun memberikan petunjuk agar mereka pergi ke negeri mesir, karena disanalah mereka akan mendapatkan apa yang mereka minta.

Itulah cerita yang menunjukkan bahwa bawang merah memiliki nilai lebih sejak jaman dahulu, hingga disebut di dalam kitab Alqur’an. hal ini juga sebagai tanda bahwa ada khasiat bawang merah untuk kesehatan manusia.

Baca juga; Cara mengobati batuk pilek dengan bawang merah

Hadits tentang bawang merah

Abu Dawud meriwayatkan dalam kitab sunannya, dari riwayat Aisyah ra, bahwasanya beliau pernah ditanya tentang bawang merah, kemudian beliau menjawab” Sesungguhnya makanan terakhir yang dimakan oleh rasulullah Saw, di dalamnya terdapat bawang merah.”

Dalam hadits lain menunjukkan khasiat bawang merah untuk pengobatan penyakit. Bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda:

Makannlah oleh kalian semua bawang, dan berobatlah kalian dengannya, karena sesungguhnya pada bawang itu terkandung obat penyembuh dari 70 penyakit.”(HR. Ad-Dailami).

Bawang merah adalah tunas yang berkhasiat menghilangkan penyakit balak, ia juga sangat berkhasiat mengobati penyakit alopecia (Kerontokan pada rambut),  Apabila digosokkan pada tempat tumbuhnya penyakit tersebut.

Bawang merah jika dicampur dengan sedikit garam, maka akan berkhasiat untuk menyembuhkan kutil. Air pada bawang merah juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka-luka yang kotor. Apabila dihirup dengan airnya, ia pun berkhasiat menjernihkan kepala, dan jika diteteskan ke telinga, maka bermanfaat meredakan kepala yang terasa berat, telinga yang mendengung, serta luka atau nanah di dalam telinga.

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Bawang merah memiliki sifat panas, di dalamnya mengandung kelembaban yang berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, mengusir lendir dan dahak, mencegah gejala-gejala muntah, melarutkan makanan sehingga menangkal penyakit susah buang air besar. Khasiat bawang merah untuk lelaki bisa meningkatkan dan menguatkan daya jimak dan penambah stamina.

Di dalam bawang merah juga terdapat zat yang melancarkan aliran darah. oleh karena itu, ia sangat berkhasiat dalam penyembuhan penyakit stroke atau penyakit yang berhubungan dengan pembekuan atau penggumpalan pada pembuluh darah yang berhubungan dengan organ jantung.

Bawang merah juga bermanfaat untuk membantu mempercepat proses tidur seseorang. Sementara itu, air bawang merah berkhasiat untuk mengeringkan lendir yang menetes akibat batuk dan pilek. Rebusan bawang merah berkhasiat dalam penyembuhan penyakit flu dan batuk.

Bawang merah mengandung minyak yang cepat menguap yang berfungsi membersihkan tubuh dari kandungan unsur belerang dalam kadar yang tinggi. Pada zaman mesir kuno, bawang digunakan untuk mengobati penyakit asma dan menyembuhkan epilepsi. Bawang merah juga bermanfaat meningkatkan sirkulasi aktivitas organ-organ pencernaan, memperkuat gigi, mengusir hawa dingin pada organ dada dan meningkatkan produksi air mani dan mengobati penyumbatan urine.

Baca juga: Bawang Merah Untuk Pilek Bayi

Bawang merah juga mengandung unsur yang membantu proses pencernaan dalam melarutkan makanan. Bawang merah menguatkan lambung, dan menghilangkan gas beracun dalam tubuh. Bawang merah juga bermanfaat bagi kecantikan. yaitu, untuk meremajakan kulit dan menjadikan awet muda. Bawang merah berfungsi sebagai penenang dan mengatasi susah tidur akibat tekanan pikiran karena stres dan depresi.

Kandungan gizi dan nutrisi bawang merah

Disamping banyak khasiat bawang merah. ternyata ada Dampak dan bahaya bawang merah, jika kita mengkonsumsinya berlebihan. Terlalu banyaknya dapat mengakibatkan pandangan mata berkurang dan menyebabkan kepala menjadi pusing.

Kandandungan gizi dan nutrisi pada bawang merah, pada bawang merah terdapat unsur-unsur nutrisi dan gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh, Misalnya protein dan karbohidrat. Selain itu pada bawang merah terdapat mineral-mineral yang penting pada tubuh. Mineral pada bawang merah antara lain, zat besi, fosfor, kalsium. Kandungan vitamin pada bawang merah seperti Vitamin A,B dan C.

Bawang merah juga mengandung minyak yang mudah menguap dan beraroma tajam, serta serat-serat selulosa, yang berfungsi meningkatkan produktivitas usus-usus di dalam perut, ia juga mengandung zat glukolin, yang berfungsi menyeimbangkan kadar insulin dalam mengontrol kadar gula dalam darah, jadi sangat cocok dikonsumsi oleh penderita masalah kolesterol.

Memang dengan mengkonsumsi bawang merah berdampak pada bau mulut yang kurang sedap, yang dapat membuat tidak nyaman orang disekitarnya. Maka rasulullah Saw. telah bersabda, bahwa orang yang mengkonsumsi bawang merah maupun bawang putih, supaya menjauhi masjid, untuk sementara waktu.

Manfaat Bawang Merah Menurut Kitab At-Tadzkirah

Disebutkan dalam kitab At-Tadzkirah karya Dawud Al-Anthaki, bahwasannya khasiat bawang merah adalah sebagai berikut:

  • Menghentikan produksi cairan-cairan pekat dari dalam tubuh yang merugikan, seperti dahak dan lendir.
  • Menyembuhkan penyakit kuning dan gangguan limfa
  • Menghancurkan batu pada penderita kencing batu atau batu ginjal
  • Meningkatkan nafsu makan dan menambah gairah, terutama yang dimasak dengan daging.
  • Air pada bawang merah juga bermanfaat pada otak kepala apa bila ia dihirup, serta menyembuhkan mata yang sering berair, mengobati gatal-gatal dan penyakit kudis dengan cara diolesan yang dicampur dengan buah murbey, stroberi atau madu.
  • Berkhasiat mengembalikan nafsu makan yang berkurang dengan cara bawang merah yang dicampur dengan air cuka.
  • Makan bawang merah dengan dibakar berkhasiat untuk melembabkan, melicinkan dan memperbaiki usus.
  • Bawang merah bisa juga dimakan mentah bersama roti dan keju atau dengan tambahan salad, atau dengan lobak dan minyak zaitun, atau dengan susu cair yang berasa masam dan roti coklat

Diantara khasiat dan manfaat diatas, bawang merah mempunyai khasiat lain, yaitu:

Bawang merah dapat digunakan untuk tapal pada dada.  Hal ini berguna mengobati batuk rejan, diletakkan diatas dada dan punggung berkhasiat mengobati radang paru-paru. Dan bila diletakkan pada daerah ginjal dan kantong kemih, bermanfaat untuk menyembuhkan masalah susah buang air besar dan air kecil karena ada penyumbatan pada kantong kemih.

Jika tumbukan bawang merah diletakkan diatas telapak kaki, ia bermanfaat untuk mengobati penyempitan pada pembuluh-pembuluh urat syaraf tubuh. Jika diletakkan pada tempat bisul dan sejenisnya, akan bermanfaat mempercepat proses pengeluaran nanah pada bisul-bisul tersebut.

Perasan bawang merah juga sangat membantu meredakan rasa sakit pada ujung-ujung organ setelah diamputasi. Bawang putih juga bisa menyembuhkan cairan putih pada mata seperti katarak, jika digunakan sebagai obat tetes dengan campuran madu yang seimbang.

Bawang merah yang ditumbuk halus, kemudian dimasak dengan minyak zaitun, berkhasiat untuk mengobati pecah-pecah, bisul-bisul dan wasir. Potongan irisan bawang merah yang direndam, berkhasiat mengusir cacing dalam perut. Inilah cara meramunya obat cacing dari bawang merah, yaitu Iris tipis bawang merah lalu rendam semalaman. Pada pagi harinya, rendaman itu disaring dan campur madu, lalu minumkan pada sang anak. Lakukan setiap pagi sampai sembuh.

Serangan asma juga bisa disembuhkan dengan bawang merah.  Dengan cara mengkonsumsi air bawang merah yang dicampurkan dalam kadar yang sama, sebanyak satu sendok teh, minum 3 kali sehari setiap 3 jam sekali.

Mengkonsumsi bawang merah juga bermanfaat untuk memperkuat organ-organ pencernaan dan organ dalam perut. Ia juga mampu mengatasi urat syaraf yang tegang dan kejang, tekanan darah tinggi maupun darah rendah dan melawan kanker.

Loading...

Leave a comment