7 Manfaat Bawang Putih Tunggal (Bawang Lanang) Untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih tunggal atau bawang lanang untuk kesehatan. Bawang putih tunggal mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Mungkin terdengar aneh dengan nama bawang lanang ini, pada umumnya sama halnya dengan bawang putih biasa. Namun bawang putih yang satu ini hanya memiliki satu siung. Umumnya bawang putih memiliki beberapa siung, tapi jenis yang ini hanya memiliki satu siung saja. Penggunaan bawang lanang yang memiliki bau menyengat ini biasa dibuat untuk obat herbal atau ramuan obat tradisional untuk penyakit.

Loading...

Diantara manfaat bawang putih tunggal yaitu mampu mengatasi penyakit flu atau pilek, menurunkan kolesterol tinggi, untuk menurunkan asam urat, mencegah penyakit kanker dan masih banyak yang lainnya. Bawang putih tunggal sangat ampuh sebagai obat alami untuk banyak gangguan kesehatan atau penyakit, hal ini dikarenakan kandungan nutrisinya. Bawang putih tunggal atau bawang lanang memiliki kandungan minyak atsiri, kalium, allicin, saltivine, diallysulfide, alilpropil disulfida (Senyawa anti cacing), belerang, protein, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan vitamin C. Dengan kaya kandungannya tersebut, maka tak heran manfaat bawang putih tunggal untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan dan Pengobatan

manfaat bawang putih tunggal

Cara mengkonsumsi bawang putih tunggal sebagai obat alami sangat banyak, ada yang dimakan secara langsung maka akan menghindari masuk angin. Ada yang dicampur dengan madu atau direndam madu yang sangat berkhasiat sebagai obat tradisional asam urat. Tidak hanya itu saja, beberapa gangguan kesehatan lainnya dapat diatasi oleh bawang putih tunggal ini. Untuk lebih jelasnya tentang khasiatnya, berikut ini adalah manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan, yaitu:

1. Menurunkan Kolesterol

Loading...

Manfaat bawang putih tunggal sangat ampuh menekan atau menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan pada bawang lanang ini mengandung allicin yang terbukti secara medis mampu menekan jumlah kolesterol total dalam tubuh. Menurut penelitian bawang putih tunggal mampu membantu menekan kolesterol tinggi hingga 12 persen setelah dikonsumsi secara rutin selama 4 minggu.

Baca juga: Bawang Merah Untuk Pilek Bayi

2. Mengobati Flu atau Pilek

Manfaat bawang baik bawang merah ataupun bawang putih sama-sama memiliki khasiat dalam penyembuhan penyakit flu. Begitu juga manfaat bawang putih tunggal ini, kandungan sulfur atau belerang dapat menjadi obat alami flu yang ampuh yang berkhasiat membantu mengeluarkan lendir atau dahak dan pemampatan saat flu. Selain itu kandungan phytochemical pada bawang ini berkhasiat untuk mematikan bakteri dan virus.

3. Menjaga Kesehatan Kehamilan

Manfaat bawang putih tunggal untuk ibu hamil sangat bagus. Mengkonsumsi bawang putih tunggal saat hamil ternyata mampu mencegah terjadinya berbagai komplikasi atau gangguan kehamilan. Selain itu dengan mengkonsumsinya dengan tambahan madu akan meningkatkan berat janin dalam kandungan. Maka bawang putih tunggal ini termasuk makanan menyehatkan bagi ibu hamil yang mengkonsumsinya dengan tambahan madu.

4. Pencegah Kanker

Manfaat bawang putih tunggal untuk kanker memang terbukti. Banyak penelitian menyebutkan bahwa kandungan dalam bawang tersebut mampu mencegah terserang kanker. Dengan mengkonsumsi bawang putih yang direndam madu berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker perut dan kanker usus besar.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Nah, bagi Anda yang suka lupa maka bawang putih tunggal bisa menjadi solusinya. Mengkonsumsi bawang jenis ini secara rutin ternyata mampu merangsang pertumbuhan sel neuron yang baru. Hal ini menjadikan manfaat bawang putih tunggal ampuh untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan daya ingat kita.

6. Menjaga Stamina

Manfaat bawang putih tunggal bisa membantu menjaga stamina. Bagi orang yang mudah terserang sakit atau orang yang memiliki stamina yang sedang menurun maka dianjurkan mengkonsumsi bawang putih ini. Dengan makan bawang putih tunggal maka akan berkhasiat sebagai penangkal masuk angin.

7. Menurunkan Darah Tinggi dan Asam Urat

Manfaat bawang putih tunggal untuk darah tinggi dan asam urat. Dengan mengkonsumsinya saat keadaan tekanan darah meningkat maka akan menurunkannya dengan cepat dan alami. Selain dapat mencegah tekanan darah tinggi, bawang lanang juga berguna untuk mengatasi asam urat. Manfaat bawang putih untuk asam urat ini bisa didapat dengan mengkonsumsinya dengan madu. Bawang ini juga mengandung Sulfur yang berfungsi untuk mengaktifkan produksi endotelium yang membantu relaksasi.

Demikianlah pembahasan singkat tentang manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Batuk Pilek Pada Anak Dan Bayi

Loading...

Leave a Comment