4 Manfaat Bawang Putih Untuk Batuk Berdahak dan Pilek Secara Alami

Manfaat bawang putih untuk batuk berdahak dan pilek secara alami. Layaknya bawang merah, bawang putih juga memiliki kegunaan untuk mengobati batuk yang disertai dahak, batuk kering , pilek pada anak-anak dan dewasa. Bahkan untuk obat flu bayi.  Perubahan cuaca yang tidak menentu ditambah pola hidup yang kurang sehat menyebabkan tubuh mudah terserang batuk dan pilek. Namun jika Anda atau si buah hati mengalami batuk dan flu tak perlu khawatir, ada pengobatan tradisional alami menggunakan bawang putih.

Loading...

Manfaat bawang putih untuk batuk dan pilek dapat membantu mempercepat penyembuhannya Bawang putih yang sering digunakan sebagai bumbu dapur sebagai penyedap makanan dapat digunakan obat alami batuk dan pilek. Hal ini dikarenakan pada bawang putih memiliki antibiotik alami. Selain itu, dalam 100 gram bawang putih mengandung 33 gram karbohidrat, 150 kalori dan 6,36 gram protein, vitamin B1,B2,B3,B6, vitamin C, zat besi, mangan, magnesium, kalium, natrium, fosfor dan seng. Dengan kandungan yang banyak tersebut maka tak mengherankan, mengkonsumsi bawang putih mentah bisa mengobati batuk, flu, dan sinusitis. Agar lebih jelasnya tentang manfaat bawang putih untuk batuk dan pilek, simak di bawah ini.

Manfaat Bawang Putih Untuk Batuk Berdahak, Batuk Kering dan Pilek

manfaat bawang putih untuk batuk

Untuk menjadikan bawang putih menjadi obat tradisional batuk dan pilek yang ampuh, yaitu dengan mengolahnya menjadi ramuan. Cara mengolah bawang putih untuk batuk dan flu atau pilek sangatlah mudah dan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini manfaat bawang putih untuk batuk dan pilek dan cara meramunya, yaitu:

Bawang Putih Untuk Obat Flu Bayi

Loading...

Memang menjadi khawatir dan bingung saat buah hati yang masih kecil terserangbatuk, flu atau pilek. Bayi akan rewel dan mengalami demam, tapi ada cara yang manjur untuk menyembuhkannya yaitu dengan menggunakan bawang putih. Manfaat bawang putih untuk batuk dan flu bayi sangat manjur mengobatinya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengiris atau memarut bawang putih dan dicampurkan minyak telon. Kemudian balurkan pada dada, punggung, perut dan ubun-ubun secara merata, maka flu dan batuk bayi akan teratasi.

Baca juga: Cara Mengobati Batuk Pilek Dengan Bawang Merah

Bawang Putih Untuk Obat Batuk anak

Manfaat Bawang putih untuk batuk anak terbukti ampuh menyembuhkannya  yaitu dengan membuatnya menjadi ramuan obat tradisional untuk batuk. Meramu bawang putih untuk obat batuk anak sangat mudah, yaitu dengan memanggang beberapa siung bawang tersebut, lalu tumbuk dan campur dengan madu. Minumkan sebelum tidur. Selain itu bawang putih bisa menjadi obat flu atau pilek anak. Cara membuatnya dengan tambahan minyak wijen, masukkan beberapa siung bawang putih ke dalam teflon yang telah diisi dengan minyak wijen. Kemudian masukkan ke dalam botol dan oleskan pada bagian dada, punggung, perut saat anak terserang flu.

Bawang Putih Untuk Batuk Berdahak dan Flu Orang Dewasa

Manfaat bawang putih untuk batuk ini tidak hanya digunakan untuk anak dan bayi, pada orang dewasa pun bisa dijadikan obat batuk dan flu. Jika Anda mengalami batuk yang disertai flu atau mengalami batuk berdahak, Bawang putih bisa menjadi obat alami yang ampuh. Khasiat bawang putih untuk batuk berdahak terbukti cepat menyembuhkan. Anda cukup mengolah atau meramunya menjadi ramuan obat untuk batuk berdahak, yaitu siapkan 3 sampai 4 siung bawang putih mentah, lalu campurkan pada secangkir air hangat. Tambahkan satu sendok madu dan satu ruas jahe yang ditumbuk terlebih dahulu. Minum ramuan tersebut maka hidung yang tersumbat dan batuk akan hilang. Bahkan dahak pun akan keluar.

Bawang Putih Untuk Batuk Kering yang Membandel

Selain untuk mengobati batuk berdahak, Manfaat bawang putih untuk batuk kering  membantu mengatasinya dengan cepat dan aman. Batuk kering sangat menyiksa bahkan jika batuk kering sudah lama akan terasa sakit di dada. Penyembuhan batuk kering bisa dilakukan dengan memanfaatkan bawang putih sebagai obat alami batuk kering. Caranya cukup mudah, yaitu campurkan beberapa siung bawang putih yang diiris atau ditumbuk pada minuman susu hangat. Minum secara rutin maka batuk kering yang membandel akan sembuh. Selain itu dengan teratur meminumnya tidak hanya bisa untuk batuk membandel saja, namun juga bisa menjaga kesehatan Anda.

Ada cara yang mudah untuk menghilangkan batuk dan pilek. Cara mudah tersebut dengan memakan bawang putih mentah. Cara ini juga dinilai sangat efektif untuk mengusir flu dan batuk. Berikut ini cara mengkonsumsi bawang putih mentah yaitu:

  • Ambil 1 siung bawang putih, cuci hingga bersih
  • Kulum dalam mulut dengan sesekali menggigitnya dikit demi sedikit
  • Lakukan selama 1 jam dan telan dengan perlahan-lahan
  • Maka rasa gatal di tenggorokan dan batuk akan sembuh

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bawang putih untuk batuk dan pilek, seta cara meramunya menjadi obat tradisional. Semoga informasi ini bisa berguna untuk pembaca semua,selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Batuk Pilek Pada Anak Dan Bayi

Loading...

Leave a Comment