14 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Islam

Manfaat bawang putih untuk kesehatan menurut islam. Bawang putih mempunyai banyak khasiat untuk tubuh pria dan wanita seperti untuk wajah sebagai obat jerawat. Bahkan khasiat bawang juga digunakan sebagai obat penawar sembelit dan masih banyak lagi.  Bumbu dapur yang memiliki aromanya  yang tajam ini ternyata menyimpan manfaat pengobatan berbagai macam penyakit.

Loading...

Manfaat bawang putih untuk kesehatan menurut para ahli dikarenakan kandungan antioksidan dan antibiotinya yang cukup tinggi sehingga sangat bagus sebagai obat alami penyembuhan pada banyak penyakit. Sebelum para ahli meneliti keberadaan khasiat bawang putih untuk tubuh ternyata islam sudah mengenal pengobatan yang dilakukan dengan memanfaatkan bawang putih ini. Nah, apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan menurut islam?. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Menurut Islam

manfaat bawang putih untuk kesehatan

Kitab-kitab pengobatan islam telah lama menyebutkan bahwa manfaat bawang putih untuk kesehatan sangat banyak diantaranya  adalah untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Sampai-sampai disebutkan dalam kitab pengobatan tersebut bahwa bawang putih adalah musuh bebuyutan penyakit sembelit. Nah, pembahasan menarik tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan menurut islam ini akan diulas lengkap berikut ini:

1. Obat Penyembuh Penyakit

Loading...

Disebutkan dalam kita pengobatan islam bahwa manfaat bawang putih untuk kesehatan bisa digunakan sebagai obat penyembuh dari berbagai penyakit. Salah satunya ditulis dalam kitab “Jam’ul Jawami” karya Al-imam As Suyuti. Dari riwayat Ali Bin Abi Thalib ra Beliau berkata, “makanlah bawang putih dan berobatlah (dengan menggunakan)nya, sesungguhnya didalamnya mengandung obat (penyembuh) dari tujuh puluh macam penyakit.” ( HR. AD-Dailami )

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bawang Putih dan Madu Terbukti Ampuh

2. Mengeluarkan Gas Dalam Perut

Manfaat bawang putih untuk kesehatan lainnya adalah mampu mengeluarkan gas yang tidak bermanfaat dari dalam perut. Hal ini dijelaskan oleh pakar pengobatan islam yaitu Ibnu Sina. Syaikh Ibnu Sina berbicara seputar khasiat bawang putih yaitu merupakan zat pelembut yang dapat menguraikan angin atau gas di dalam perut secara efektif.

3. Mengobati Penyakit Balak

Ibnu Sina juga menuturkan tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan lainnya yang dapat digunakan sebagai obat penyakit balak alami. Penyakit Balak adalah penyakit kulit berwarna putih karena
kehilangan pigmen. Cara pengobatan penyakit balak dengan bawang putih ini sangat mudah yaitu dengan memanfaatkan abu dari bawang tersebut. Oleskan abu bawang putih yang dicampur dengan madu pada Kulit.

4. Menyembuhkan Sakit Gigi

Disamping ampuh menyembuhkan penyakit balak, menurut Ibnu Sina manfaat bawang putih untuk kesehatan lainnya yaitu bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Cara menyembuhkan sakit gigi dengan bawang putih yaitu dengan bawang putih yang dimasak atau dipanggang kemudian dioleskan pada gigi yang sakit. Selain itu ditambah dengan memakannya.

Baca juga: 5 Cara Menyembuhkan Pilek dengan Bawang Putih Dalam Sekejap

5. Membersihkan Tenggorokan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan menurut islam yaitu bisa membantu membersihkan tenggorokan sehingga membuat jernih suara. Cara membersihkan tenggorokan dengan bawang putih yaitu dengan berkumur dengan air sisa masakannya.

6. Mengobati Batuk Dan Penyakit Pada Organ Dada.

Bawang putih juga sangat bagus untuk kesehatan organ di dalam dada khususnya paru-paru. Diantara manfaat bawang putih untuk kesehatan yaitu untuk menyembuhkan batuk kronis serta pada penyakit yang ada pada organ dada. Caranya cukup dengan memakan dan meminum rebusan bawang putih. Selain itu, bubuk bawang putih yang ditumbuk halus dengan campuran madu, bermanfaat untuk mengeluarkan lendir dan dahak.

7. Melancarkan Air Seni dan Haid

Bawang putih juga berguna untuk wanita salah satunya dapat melancarkan air seni dan haid (menstruasi). Untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk kesehatan tersebut dilakukan dengan duduk diatas daun-daun bawang putih yang sudah direbus.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol.

Manfaat Bawang putih  untuk kesehatan lainnya menurut pengobatan islam yaitu bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.  Caranya, dengan mengkonsumsinya setiap hari sebelum sarapan pagi selama kurang lebih empat minggu berturut-turut.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih Secara Alami

9. Mengobati Sakit Telinga

Pengobatan islam juga menuturkan bahwa manfaat bawang putih bisa digunakan sebagai obat sakit telinga. Jika mengalami telinga sakit karena peradangan atau sebab lain bisa disembuhkan dengan cara mencampur bawang putih dengan minzak zaitun dan kemudian diteteskan ke dalam telinga yang sakit.

10. Menyembuhkan Luka Busuk Dan Bernanah.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang lain yaitu dapat membantu menyembuhkan luka yang membusuk hingga bernanah. Luka busuk dan bernanah akan kering dan sembuh dengan dibalutkan campuran 10 gram air persan bawang putih, ditambah 9 gram air, ditambah 2 gram alkohol, kemudian ditempelkan pada luka.

11. Mengobati Penyakit Kudis Dan Gatal-Gatal.

Bawang putih menurut pengobatan islam bisa dimanfaatkan sebagai obat alami kudis dan gatal-gatal pada kulit. Manfaat bawang putih untuk kudis dan gatal-gatal ini dilakukan dengan cara mengoleskan campuran bawang putih dan minyak ke kulit yang sakit dan bilas menggunakan air hangat sesudahnya.  Lakukan sehari sekali dalam waktu 3 hari secara teratur. Untuk lebih memaksimalkan efek penyembuhan kudis dan gatal sebaiknya lakukan mensterilkan pakaian-pakaian dalam dengan cara merebusnya.

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Bawang putih memiliki sifat antioksidan yang tinggi dan antibiotik yang kuat dalam kandungannya. Hal ini menjadikan manfaat bawang putih untuk kesehatan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Caranya meningkatkan daya tahan tubuh (kekebalan tubuh) yaitu dengan cara mengkonsumsi bawang putih. Disamping itu, khasiatnya dapat menguatkan tubuh dari serangan bermacam wabah penyakit, menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor, dan mencegah anak-anak dari kelumpuhan.

13. Mengusir Cacing Pita.

Membunuh cacing pita dalam perut bisa dilakukan dengan memanfaatkan bawang putih. Dan diantara manfaat bawang putih untuk kesehatan yaitu membunuh cacing pita. Cara membunuh cacing pita dalam perut dengan bawang putih yaitu dengan merebus bawang putih. Rebus bawang putih dengan sedikit air putih selama 20 menit kemudian diminum sebelum sarapan pagi.  Jangan makan apapun selang waktu tersebut hingga siang hari serta ulangi pengobatan sampai tiga hari.

14. Mengobati batuk rejan.

Bawang putih bisa digunakan sebagai obat batuk rejan. Menurut pengobatan islam manfaat bawang putih dapat mengobati batuk rejan pada orang dewasa dan anak-anak. Cara menyembuhkan batuk dengan bawang putih yaitu dengan memberi 10 sampai 12 tetes air perasan bawang putih yang dicampur dengan jus jeruk dan madu setiap 4 jam sekali.

Demikianlah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan menurut islam. Semoga kajian tadi bisa berguna untuk pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menyembuhkan Impoten dan Migrain Pada Pria dengan Bawang Putih

Loading...

1 thought on “14 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Islam”

  1. wah ternyata banyak juga manfaat dari bawang putih ya mas

Leave a Comment