5 Manfaat Berkumur dengan Air Garam Dan Caranya Menggunakannya

Manfaat berkumur dengan air garam dan cara menggunakannya Air garam ternyata mempunyai banyak manfaat untuk mengatasi masalah gigi dan mulut. Mungkin selama ini yang banyak diketahui bahwa garam termasuk bahan alami pemutih gigi dan penghilang karang gigi saja. Namun lebih dari itu ternyata garam bisa mengatasi masalah gusi bengkak, sakit gigi karena gigi berlubang, sakit tenggorokan, batuk dan sariawan.

Loading...

Manfaat berkumur dengan air garam untuk gigi dan mulut bisa dengan mudah Anda peroleh dengan membuat garam dapur yang memiliki kandungan yodium dan Natrium Chloride kemudian dilarutkan dengan air menjadi Larutan (air garam). Setelah itu, cukup kumur-kumur maka masalah gigi dan mulut akan segera teratasi. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa saja manfaat kumur dengan air garam dan bagaimana caranya?. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Berkumur dengan Air Garam Untuk Gigi dan Mulut

manfaat berkumur dengan air garam

Seperti yang telah dijelaskan diatas tadi, bahwa dengan memanfaatkan garam yang dilarutkan dengan air kemudian untuk berkumur memiliki manfaat untuk pengobatan gigi dan mulut. Namun penting dalam pengobatan menggunakan air garam tersebut mengetahui caranya dengan baik dan benar. Hal itu berguna untuk efek samping air garam tersebut. Berikut ini manfaat berkumur dengan air garam dan caranya yang benar, yaitu:

1. Mengobati Sakit Gigi

Loading...

Manfaat berkumur dengan air garam ternyata bisa membantu menyembuhkan sakit gigi. Dengan kumur air garam mampu meredakan rasa nyeri yang menyiksa pada gigi yang sakit. Sakit gigi pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor penyebab antara lain gigi berlubang, infeksi dan lainnya. Dengan menggunakan air garam ternyata mampu mengobati infeksi dan membunuh bakteri dan kuman. Berikut ini cara berkumur air garam untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang, yaitu:

  • larutkan 1 sendok makan garam ke dalam 1 gelas air matang dan aduk hingga tercampur rata.
  • Berkumurlah menggunakan air garam tersebut.
  • Miringkan kepala ke posisi gigi yang sakit kurang lebih 2-3 menit.
  • Lakukan berulang 3 sampai 4 kali hingga rasa nyeri mereda.

Baca juga: 7 Manfaat Garam Untuk Gigi dan Mulut Serta Cara Menggunakannya

2. Menyembuhkan Batuk

Manfaat berkumur dengan air garam juga bisa mengatasi batuk secara alami. Saat Anda terserang batuk tubuh terjadi penurunan suhu dan kekebalan tubuh. Kumur air garam untuk batuk membantu meredakan batuk sekaligus berguna menjadi antibiotik. Berikut cara menyembuhkan batuk dengan air garam, yaitu:

  • Larutkan 1 sendok teh garam dan campur dengan setengah gelas air hangat.
  • Kumur-kumur menggunakan air garam tersebut 4 kali dalam sehari.
  • Cara ini dinilai efektif untuk menyembuhkan batuk secara alami dan cepat.

3. Mengobati Radang Tenggorokan

Manfaat berkumur dengan air garam untuk radang tenggorokan mampu mengatasi nyeri dan gatal di tenggorokan. Cairan ini bisa membantu membunuh kuman di tenggorokan. Biasanya saat mengalami radang tenggorokan seseorang merasakan gatal dan bahkan pada kasus yang lebih parah akan merasa sakit dan sulit untuk menelan. Manfaat lain air garam pada radang tenggorokan yaitu mampu menghilangkan virus dan bakteri penyebab radang tersebut. Berikut adalah cara meredakan radang tenggorokan dengan air garam, yaitu:

  • Larutkan 1 sendok teh garam dilarutkan pada setengah gelas air hangat.
  • Untuk anak-anak, Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa asinnya.
  • Berkumur dengan air garam tersebut berulang 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Baca juga: 4 Cara Memutihkan Gigi dengan Garam Secara Tradisional dan Cepat

4. Obat Sariawan

Manfaat Berkumur dengan air garam untuk sariawan dapat membantu meredakan sakit dan mengobatinya dalam waktu yang singkat. Sariawan merupakan self limiting disease atau penyakit yang sembuh dengan sendirinya namun dengan air garam yang dikumur akan mempercepat penyembuhannya. Cara menyembuhkan sariawan dengan air garam sangat mudah. Anda cukup melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam air hangat sebanyak setengah gelas dan diamkan selama 1 hingga 2 menit dan buang.

5. Mengobati Gusi Berdarah

Gusi berdarah bisa dihentikan dengan kumur air garam. Anda cukup melarutkan air garam dengan air hangat seperti cara-cara diatas kemudian berkumur dan diamkan selama 1 menit kemudian buang dari mulut. Manfaat berkumur dengan air garam untuk gusi berdarah yaitu menghentikan darah yang keluar dari gusi yang sakit.

Selain Manfaat berkumur dengan air garam ternyata pemakaian garam untuk gigi dan mulut bisa menimbulkan efek samping. Efek samping garam untuk gigi dan mulut yang dilakukan setiap hari dalam jangkan panjang dan berlebihan dapat menimbulkan pengikisan gigi karena sifat asam pada garam tersebut. Jadi, lakukan cara pengobatan dengan air garam sesuai dengan aturan pemakaiannya yang benar.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa manfaat berkumur dengan air garam dan efek sampingnya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam Dalam Sekejap

Loading...

Leave a Comment