7 Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Wajah

Manfaat berwudhu bagi kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Wudhu dalam islam merupakan kegiatan bersuci dari hadats kecil yang dilakukan dengan membasuh kulit muka, tangan, kepala, kuping dan kaki sebelum sholat. Berwudhu tidak hanya dapat membersihkan bagian tubuh dari kotoran namun juga memiliki banyak khasiat untuk jasmani dan rohani. Mungkin selama ini tidak disadari bahwa berwudhu adalah pijatan yang dapat memperbaiki jalur jalur energi dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada jalur tersebut sehingga terhindar dari penyakit.

Manfaat berwudhu dari segi agama dijelaskan mampu membersihkan hadats kecil. Hal itu berarti dengan wudhu mampu menghilangkan kotoran yang bisa saja menjadi penyebab penyakit seperti penyakit pada kulit dan lainnya. Bukan itu saja, ada banyak keuntungan dengan kita berwudhu saat akan menjalankan sholat atau dilakukan setiap saat. Nah, apa saja manfaat berwudhu bagi dalam kesehatan dan kecantikan?. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Berwudhu dari Segi Kesehatan

Seperti disampaikan diatas bahwa wudhu mengandung pijatan yang tidak disadari oleh orang yang melakukan. Hal ini sesuai dengan metode pengobatan reflexologi atau pengobatan melalui pemijitan titik-titik titik-titik tertentu yang terdapat pada dua kaki, dua tangan dan hidung. Dengan pijatan pada wudhu tersebut mampu memberikan efek pengobatan di area tubuh yang berbeda beda. Lantas, bagaimana dengan manfaat manfaat berwudhu bagi kesehatan tubuh menurut aktivitasnya, berikut ulasan lengkapnya, yaitu:

1. Menyela Jari dan Mengusap Telapak Tangan

Saat menyela jari dan mengusap telapak tangan dengan air tersebut mampu melancarkan aliran darah. Manfaat berwudhu untuk kesehatan saat mengusap tangan lainnya yaitu mengembalikan tenaga dan meredakan ketegangan otot-otot tangan.

Baca juga: Manfaat Air Zamzam Untuk Kesehatan Tubuh Menurut Islam

2. Menghirup Air dan Mengeluarkannya dari Hidung

Menghirup atau menyedot air dari lubang hidung (istinsyaq) dan mengeluarkannya (istinsyar) saat wudhu ternyata memiliki manfaat untuk juga yaitu untuk membersihkan kotoran yang ada di lubang hidung dan menyembuhkan alergi seperti flu dan meringankan penderita sinusitis.

3. Membasuh Muka (Wajah)

Ada banyak manfaat berwudhu saat membasuh muka khususnya untuk kecantikan kulit bagi wanita dan pria. Jika Anda membiasakan wudhu setiap saat atau dilakukan sebelum tidur maka akan mencegah jerawat dan membuat wajah awet muda. Hal ini dikarenakan membasuh muka dengan air bisa menghilangkan penyumbatan pori-pori oleh kotoran dan menjaga kulit wajah selalu bersih. Dengan terjaga kebersihan kulit wajah maka jerawat tidak akan muncul.  Selain itu, manfaat membasuh muka saat berwudhu bisa membantu menghilangkan rasa penat, lelah, lemah dan mengembalikan stamina. Mengangkat kotoran diwajah dan membantu regenerasi sel kulit sehingga kulit.

4. Mengusap Tangan

Mengusap tangan dengan air serta membasuhnya memiliki banyak manfaat. Manfaat berwudhu saat menyela kedua telapak tangan dan mengusap tangan berkhasiat untuk melancarkan aliran darah, mengembalikan tenaga dan meredakan ketegangan otot-otot tangan.

5. Mengusap Telinga

Mengusap telinga saat berwudhu ternyata memiliki manfaat yang baik untuk menguatkan syaraf-syaraf pada pendengaran dan penglihatan. Dengan membiasakan wudhu setiap saat atau sebelum tidur maka akan menajamkan pendengaran dan mata dalam melihat. Disamping itu, manfaat berwudhu saat mengusap telinga tersebut dapat mencegah masalah pendengaran seperti tuli dan penglihatan samar atau pandangan kabur.

6. Membasuh Kepala

Lalu apa manfaat bewudhu saat membasuh kepala? Membasuh kepala dan rambut dengan air memiliki khasiat menurunkan ketegangan seperti stres dan emosi. Selain itu bisa menyembuhkan sakit kepala dan migrain dan meningkatkan konsentrasi dan daya ingat yang kuat. Dengan itu maka jika sering berwudhu selain menjaga tubuh tetap suci juga dapat membantu mencerdaskan otak.

7. Membasuh kaki

Tahap terakhir dari berwudhu yaitu membasuh dua kaki. hal itu juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan diantaranya, meningkatkan daya respon syaraf pada tubuh, menghilangkan pegal-pegal pada kaki dan mencegah penyakit persendian dan tulang, menguatkan tulang dan syaraf pada kaki.

Itulah 7 manfaat berwudhu pada kesehatan dan kecantikan wajah serta kulit. Oleh karena itu biasakanlah melakukan wudhu setiap saat seperti sebelum tidur dan lainnya. Semoga ulasan tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Air Zamzam Untuk Kesehatan Menurut Pengobatan Islam

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali