8 Manfaat Buah Kelengkeng yang Luar Biasa Untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat buah kelengkeng yang luar biasa untuk kesehatan. Buah Kelengkeng memiliki bentuk yang hampir sama dengan buah leci, rasanya yang manis dan segar membuat buah ini banyak disukai hampir semua usia. Tak hanya enak dimakan, buah kelengkeng memiliki banyak manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Hal ini dikarenakan pada kelengkeng memiliki banyak kandungan penting salah satunya vitamin C. Vitamin C nya sebanyak 84 miligram per 3.5 ons jumlah tersebut mampu mencukupi kebutuhan vitamin C perhari.

Loading...

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan juga dikarenakan kandungan unsur mineral yang tinggi yang diyakini mampu menyehatkan sekaligus sebagai pencegahan penyakit dan bahkan penyembuhannya. Nah, untuk lebih jelasnya tentang manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wanita. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Ragam Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

manfaat buah kelengkeng

Biarpun ukurannya kecil namun buah kelengkeng ini memiliki manfaat yang besar untuk wanita dan pria. Bahkan memakan kelengkeng ini bisa berguna untuk kesehatan anak, dan baik juga dikonsumsi oleh ibu hamil atau wanita yang ingin diet menurunkan berat badan. Biar tidak semakin penasaran, langsung saja inilah manfaat buah kelengkeng yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengendurkan Syaraf

Kandungan dan manfaat buah kelengkeng yang pertama yaitu bisa mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang. Hal ini karenanya pada daging pada buah mungil ini terdapat kandungan yaitu, sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, Asam tartarik, dan senyawa fitokimia lainnya. Semua kandungan buah kelengkeng tersebut menjadikannya obat alami pengendur syaraf paling ampuh.

Loading...

Baca juga: Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

2. Menenangkan Dan Tambah Stamina

Manfaat buah kelengkeng yaitu bahwa pada buahnya memiliki efek sedatif atau menenangkan yang dapat mengurangi debaran jantung yang terlalu cepat. Selain itu buah ini mengandung karbohidrat kompleks yaitu, sukrosa dan glukosa, sehingga mampu meningkatkan energi, menambah tenaga, mengurangi rasa lapar dan meningkatkan stamina. Disamping itu, dengan rutin mengkonsumsinya akan bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan bagi wanita maupun pria.

3. Sumber Energi Ibu Hamil

Wanita hamil dianjurkan mengkonsumsi buah kelengkeng karena sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menambah energi. Manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil dipercaya bisa membantu memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan. Bahkan baik juga dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Namun perlu diingat, mengkonsumsi kelengkeng jangan berlebihan karena ada efek samping dari buah tersebut yaitu membuat tubuh menjadi panas karena kelebihan energi.

4. Menyehatkan Jantung

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan lainnya yaitu mampu membuat jantung kita semakin sehat. Dengan mengkonsumsinya akan menjaga kesehatan jantung sekaligus bisa mengobati jantung yang berdebar keras. Oleh karena itu sangat disarankan mengkonsumsi buah kelengkeng bagi penderita lemah jantung.

5. Melancarkan Buang Air Kecil Dan Besar

Buah kelengkeng memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan serat tersebut mampu menyehatkan usus dan menjaga kinerja proses penyerapan makanan oleh usus. Oleh karena itu, manfaat buah kelengkeng bisa memperbaiki dan melancarkan proses buang air kecil dan air besar.

6. Mengatasi Sulit Tidur

Insomnia merupakan jenis penyakit yang sekarang ini banyak dialami karena salah satu penyebabnya yaitu tingkat stres yang tinggi. Ternyata manfaat buah kelengkeng bisa menjadi obat insomnia yang ampuh dan alami. Hal ini dikarenakan adanya kandungan fitokimianya berfungsi untuk mengendurkan syaraf-syaraf sehingga menjadi obat penenang. Tidak hanya untuk orang dewasa saja, mengkonsumsi buah kelengkeng bisa mengatasi anak atau balita yang gangguan tidur.

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kecantikan-Jika tadi membahas tentang manfaat kelengkeng untuk kesehatan tubuh maka selanjutnya akan diulas tentang apa manfaatnya untuk kecantikan. Ternyata tidak hanya buahnya saja yang berguna, biji kelengkeng juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Penasaran?. Berikut ulasan lengkap tentang manfaat buah kelengkeng dan bijinya, yaitu:

7. Untuk Shampo

Biji kelengkeng yang selama ini dianggap tidak ada khasiatnya ternyata memiliki kandungan yang baik untuk rambut. Hal itu disebabkan pada biji kelengkeng mengandung asam amino dan zat pigmentasi serta saponin. Biji kelengkeng juga mengandung tanin dan lemak, sehingga kerap dipakai sebagai bahan pembuat sampo dan bisa juga berfungsi mengatasi keringat berlebih, menghentikan pendarahan.

8. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah kelengkeng tidak hanya untuk menjaga kesehatan saja, kelengkeng juga berguna membantu diet. Kelengkeng bagus dikosumsi bagi mereka yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan rendah lemak dan kalori sangat baik untuk dan mengurangi timbunan lemak tubuh.

Demikianlah Manfaat kelengkeng bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga info tadi bisa berguna untuk Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Loading...

Leave a Comment