8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat buah naga untuk kesehatan yang belum banyak diketahui. Buah-buahan memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh tidak terkecuali buah naga. Buah yang memiliki kulit mirip ekor naga ini banyak mengandung kalori, vitamin C, B1, B2 dan B3, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor, maka tak mengherankan buah yang rasanya masam ini mempunyai manfaat yang banyak untuk tubuh kita. Pada umum Buah naga memiliki warna daging merah dan ada pula yang putih. Warnanya kulitnya ada yang merah, dan kuning namun kandungan dan khasiatnya relatif sama.

Manfaat buah naga bisa diperuntukkan untuk ibu hamil, untuk bayi bahkan bisa berguna untuk kecantikan kulit. Disamping itu, buah naga ini bisa membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan diet. Nah, agar makin jelas dan tidak makin penasaran, yuk kita bahas apa saja sebenarnya manfaat buah naga tersebut.

Manfaat Buah Naga Untuk Tubuh dan Kesehatan

manfaat buah naga

Penampilan buah naga terlihat unik dibandingkan dengan buah lainnya. Tidak sekedar unik, buah naga juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Berikut ini macam-macam manfaat buah naga untuk tubuh, antara lain:

1. Penghilang Dahaga

Buah naga memiliki rasa yang segar dan enak saat dimakan, hal ini dikarenakan pada buah ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi sekitar 90 persen dari berat buahnya. Dengan kandungan air yang tinggi tersebut maka pantaslah jika manfaat buah naga bisa menghilangkan dahaga dengan cepat. Selain itu, buah naga sangat cocok dibuat menjadi jus sebagai minuman sehat yang menyegarkan saat cuaca panas.

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Protein Tinggi dan Banyak

2. Penurun Kolesterol

Manfaat buah naga untuk kesehatan jantung karena buah naga ternyata bisa membantu menurunkan kolesterol dengan cepat dan alami. Dengan rutin mengkonsumsinya maka bisa membuat jantung tetap sehat, Anda bisa menjadikan buah naga ini sebagai minuman harian dengan membuatnya menjadi jus. Dengan teratur minum jus buah naga maka akan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan  kadar kolesterol yang baik. Disamping itu, buah naga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan dapat membantu organ jantung tetap sehat dan prima.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi

Manfaat buah naga merah untuk bayi yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh si bayi sehingga tidak mudah sakit. Tidak hanya itu dengan kandungan vitamin dan zat besi pada buah naga mampu meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan tumbuh kembang secara optimal pada bayi tersebut.

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Kandungan serat pada buah naga yang  mencapai 0.7 sampai 0.9 gram dalam setiap gramnya bisa bermanfaat menjaga kesehatan organ pencernaan dalam hal ini organ usus. Buah naga juga memiliki kandungan zat oligosakarida yang berfungsi sebagai probiotik untuk mendukung  dan meningkatkan sistem pencernaan tubuh.

5. Menurunkan Berat Badan

Buah naga ternyata bisa mendukung program diet untuk menurunkan berat badan secara alami. Manfaat buah naga merah untuk diet bisa memenuhi kebutuhan akan protein untuk tubuh selama diet. Disamping kandungan protein yang baik untuk diet, Buah naga mengandung lemak dan karbohidrat yang rendah. sehingga bisa membantu mengecilkan perut dan menurunkan berat badan secara efektif. Diet dengan buah naga sangat mudah, Anda hanya merutinkan mengkonsumsinya 3 kali sehari pagi, siang dan malam.

6. Menyehatkan Ibu Hamil

Manfaat buah naga lainnya ternyata bisa mendukung kesehatan ibu hamil. Seperti diketahui bahwa buah naga memiliki kandungan vitamin C, fitokimia, protein, kalium, vitamin B1. Dengan kandungannya tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin dalam menyalurkan kebutuhan gizi dan nutrisi yang kompleks. Selain itu, khasiat buah naga untuk ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan selama kehamilan. Hal ini penting karena kerbohidrat menjadi sumber energi selama kehamilan yang membuat ibu hamil tetap sehat.

7. Menghilangkan Jerawat

Buah naga tidak hanya untuk kesehatan saja karena ternyata manfaat buah naga untuk kecantikan juga. Hal ini dibuktikan dengan manfaatnya yang bisa mengatasi masalah jerawat. Untuk menghilangkan jerawat dengan buah naga maka Anda harus membuatnya menjadi masker. Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan buah naga, yaitu:

  • Potong-potong menjadi ukuran kecil daging buah naga yang masih segar.
  • Haluskan dengan blender kemudian oleskan buah naga yang sudah lembut tersebut ke kulit wajah yang berjerawat selama 1 malam.
  • Bersihkan atau bilas keesokan harinya.
  • Dengan melakukannya secara teratur maka jerawat akan cepat hilang dan tidak akan timbul kembali.

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

Buah naga merupakan jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Manfaat buah naga ternyata bisa menstabilkan kadar gula darah serta mengurangi komplikasi kardiovaskuler pada penderita diabetes. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, Anda cukup menjadikan buah naga ini sebagai menu buah harian yang rutin dikonsumsi setiap hari dengan cara dimakan atau diminum dalam bentuk jus.

Itulah tadi beberapa manfaat buah naga untuk tubuh kita, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Vitamin A tinggi dan Manfaatnya

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali