11 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

Manfaat buah nanas untuk kesehatan pria dan wanita. Nanas merupakan buah yang mempunyai rasa yang enak, banyak vitamin dan kaya serat. Oleh karena itu, buah nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nanas mengandung 90% air dan kaya akan kalium, kalsium, iodium, sulfur, khlor, asam, biotin, vitamin B12, vitamin E serta enzim bromelin. Dengan kandungannya tersebut maka mengkonsumsi nanas sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan bahkan bisa berguna untuk kecantikan wanita.

Loading...

Ada banyak manfaat buah nanas yang bisa didapat, baik dengan mengkonsumsinya langsung, membuatnya menjadi jus atau dengan membuatnya menjadi masker wajah. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa saja manfaat buah nanas untuk kesehatan?. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan dan Kandungannya

Manfaat buah nanas

Seperti telah disebutkan diatas bahwa buah nanas kaya akan vitamin dan nutrisi lain yang bisa membantu menyehatkan badan. Selain itu buah tomat bisa berguna sebagai pencegahan, pengobatan penyakit. Tidak cukup disitu saja, khasiat nanas juga bisa membantu meningkatkan kecantikan pada wanita. Berikut beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan, antara lain:

1. Mencegah Penuaan Dini

Loading...

Buah nanas memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Dengan kandungan vitamin tersebut, nanas bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit. Diantara manfaat buah nanas untuk kulit yaitu dapat mencegah dan menunda proses penuaan sehingga kulit menjadi awet muda. Hal itu dikarenakan vitamin A dan C terkenal memiliki sifat Antioksidan yang tinggi. Selain itu,  nanas mengandung cystine yang bermanfaat untuk pembentukan kulit dan rambut kita. cystine juga bisa memperlambat proses penuaan.

Baca juga: Kumpulan Jus Buah Untuk Asam Urat yang Mujarab dan Cara Membuatnya

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah nanas juga mengandung asam amino esensial dan non esensial untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Oleh karenannya mengkonsumsi nanas dapat mencegah terserang penyakit. Disamping itu manfaat buah nanas dapat  mengatasi kelelahan serta meningkatkan stamina dan energi.

3. Memperbaiki Jaringan Otot

Manfaat buah nanas yang lain bagi kesehatan yaitu dapat memperbaiki jaringan otot pada tubuh. Hal itu dikarenakan nanas memiliki kandungan zat valine dan leucine yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot. Zat valine dan leucine termasuk salah satu zat esensial yang diperlukan untuk mempertahankan kadar energi tubuh kita.

4. Menguatkan jantung

Manfaat buah nanas untuk kesehatan pria dan wanita yaitu dapat menguatkan jantung agar menjadi lebih sehat. Kandungan zat amino non esensial, proline pada nanas mempunyai khasiat untuk mempertahankan fungsi sendi dan tendon, serta sangat bagus untuk memperkuat jantung.

5. Mengatasi penyakit Edema

Penyakit Edema adalah penyakit yang ditandai oleh pembengkakan yang disebabkan oleh kelebihan cairan yang terjebak dalam jaringan tubuh. Penyakit edema ini mampu diatasi dengan buah nanas karena ternyata nanas memiliki Enzim bromelain. Enzim bromelain membantu untuk membersihkan tubuh dan mengimbangi kadar keasaman dalam darah. Manfaat buah Nanas dapat menaikkan kadar basa darah dan membantu meringankan penyakit edema dengan cara mengurangi air berlebih dalam tubuh.

4. Membantu Proses metabolisme

Manfaat buah nanas untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat membantu proses metabolisme tubuh. Nanas merupakan termasuk salah satu buah yang mengandung aspartic acid yang cukup tinggi. Jenias asam ini mempunyai manfaat sebagai asam amino yang berfungsi membuang asam amonia. Asam amonia adalah beracun yang sangat berbahaya bagi sistem saraf pusat

5. Melegakan tenggorokan

Manfaat buah nanas dapat membantu melegakan tenggorokan. Saat panas dalam, gatal karena batuk dapat diatasi dengan mengkonsumsi nanas. Hal ini dikarenakan nanas mempunyai kandungan enzim bromelain yang berguna melegakan tenggorokan dan mengobati masalah pada tenggorokan seperti tenggorokan gatal dan kering.

6. Menyehatkan Pencernaan

Seperti kita ketahui bahwa nanas memiliki kandungan serat yang tinggi. Itu berarti manfaat buah nanas bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan. Selain serat yang tinggi nanas juga mempunyai zat bromelain yang berguna mencerna protein di dalam makanan dan menyiapkannya supaya mudah diserap oleh tubuh.

7. Menyembuhkan Luka

Manfaat buah nanas untuk kesahatan ternyata bisa membantu membantu proses penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan atau peradangan di dalam tubuh. Hal itu dikarenakan zat bromelain tersebut. Maka tak heran jika nanas termasuk menu makanan pilihan yang baik untuk pasien yang akan melakukan operasi dan setelah operasi.

8. Mencegah Kanker

Menurut penelitian tentang manfaat buah nanas yang dilakukan oleh Oregon State university tahun 2002. Mereka menemukan pada buah nanas yaitu mempunyai kandungan serotin. dan serotin inilah yang mampu berperan mencegah kanker.

Baca juga: Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kandungannya

9. Mengatasi Stres

Selain mencegah kanker dengan kandungan serotin manfaat buah tomat dapat mengatasi stres. Dengan mengkonsumsi buah nanas 200 gram setiap hari dengan teratur selama beberapa minggu tubuh akan mendapat manfaat ganda. Mengkonsumsi nanas tubuh akan mengalami relaksasi atau terhindar dari stres dan mampu menurunnya kadar kolesterol darah sebesar 10 persen.

10. Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya memiliki manfaat dalam penyembuhan dan pencegahan penyakit. Ternyata nanas memiliki manfaat untuk diet. Diantara manfaat buah nanas untuk diet yaitu mampu melangsingkan tubuh dan menurunkan berat badan. Cara diet dengan buah nanas sangat mudah yaitu cukup membuatnya menjadi jus dan diminum teratur setiap hari. Berikut cara membuat jus nanas untuk diet, yaitu:

  • Sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang.
  • Kupas lalu cuci sampai bersih.
  • Potong seperlunya lalu dijus atau diparut.
  • Saring dan minum dua kali sehari.

11. Mengangkat Kulit Mati

Selain untuk diet, manfaat buah nanas untuk kecantikan yang lain yaitu dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Hal ini karena pada nanas memiliki enzim yang bisa membersihkan jaringan kulit yang mati. Bahkan menyembuhkan dengan cepat pada luka kulit karena terbakar. Cara pemakaian nanas untuk pencerah kulit wajah dan menyembuhkan luka yaitu dengan mengoleskan nanas yang telah dilembutkan pada kulit dan bilas setelah didiamkan beberapa menit.

Selain memiliki manfaat, buah tomat juga memiliki efek samping. Diantara efek samping buah nanas dapat menyebabkan sakit kepala. Selain itu, nanas juga bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Alergi yang ditimbulkan mengkonsumsi buah nanas biasanya berupa alergi kulit yaitu kulit menjadi merah dan gatal setelah memakannya.

Untuk mencegah efek samping buah nanas maka penting memperhatikan kadar saat mengkonsumsinya. Disamping itu tips untuk memperoleh manfaat buah nanas untuk tubuh dan menghindari efek sampingnya yaitu sebelum mengkonsumsi buah nanas cuci bersih air garam. Dengan mencuci buah nanas dengan air garam dapat menghilangkan enzim yang dapat menimbulkan alergi.

Sebagai tambahan informasi manfaat buah nanas, Anda juga harus memperhatikan efek sampingnya. Ternyata tak hanya alergi saja, berikut efek samping buah nanas selain manfaatnya, antara lain:

  • Bahaya nanas muda diyakini berpotensi sebagai abortivum yaitu dapat menggugurkan kandungan. Namun hal ini masih dalam perdebatan. Meskipun begitu, tetaplah berhati-hati bagi wanita hamil untuk memakannya dan sebaiknya jangan mengkonsumsinya.
  • Bahaya buah nanas yang sudah masak mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Penderita diabetes sebaiknya menghindari mengkonsumsinya secara berlebihan.

Demikianlah beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan pada wanita dan untuk pria. Semoga info ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Loading...

Leave a Comment