Manfaat buah pepaya

13 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Diet

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan, kecantikan dan diet. Pepaya termasuk salah satu buah yang memiliki manfaat yang banyak untuk pria dan wanita. Buah yang manis dengan banyak kandungan airnya ini pun berkhasiat juga untuk kecantikan kulit. Harga buah ini pun tergolong murah dibandingkan dengan buah lainnya meskipun demikian kegunaannya bagi kesehatan sangat banyak jika membiasakan memakannya atau diminum dengan dibuat jus.

Loading...

Semua manfaat buah pepaya tidak terlepas dari kandungannya yang kaya akan vitamin. Diantara kandungan vitamin pada buah pepaya yaitu itamin A (1.750 IU), vitamin B (0.03 mg)dan vitamin C (56 mg). Lalu, apa saja manfaat buah pepaya untuk kesehatan kecantikan dan diet?.

Ragam Manfaat Buah Pepaya Bagi Tubuh

Mengkonsumsi buah pepaya sangat baik dalam membantu kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja, pepaya bahkan memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit dan diet. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ragam manfaat buah pepaya untuk kesehatan, kecantikan kulit dan diet.

1 Mencegah Kanker Usus Besar

Buah pepaya merupakan sumber yang kaya akan nutrisi antioksidan seperti karoten, vitamin C, flavonoid, vitamin B, asam folat, pantotenat, serat, mineral, kalium dan magnesium. Dengan memiliki semua unsur tersebut, manfaat buah pepaya bisa menjaga sistem kardivaskular dan memberi perlindungan dari kanker usus besar.

Loading...

2. Mengobati Cidera

Pepaya mengandung enzim pencernaan, papain, yang serupa ditemukan pada buah nanas, yang berkhasiat untuk mengobati cedera olahraga dan penyebab trauma dan alergi. Selain itu enzim papain yang terkandung pada pepaya bermanfaat mempercepat proses pencernaan, terutama zat protein yang susah dicerna oleh tubuh.

3. Mencegah Kanker Payudara

Buah pepaya yang matang mengandung zat yang penting bagi tubuh yaitu, betakaroten. bahkan pepaya memiliki betakoroten yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Betakaroten ini adalah Antioksidan yang berperan mencegah kanker. Hasil penelitian menyebutkan dengan mengkonsumsi pepaya bisa mencegah timbulnya kanker payudara.

4. Menurunkan Kolesterol

Nutrisi dalam buah pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat penting, manakala kolesterol dioksidasi, maka ia dapat menempel di pembuluh darah Anda, yang menyebabkan plak yang merupakan pemicu serangan jantung dan stroke. Selain itu, serat dalam pepaya mempunyai fungsi ganda, yaitu menurunkan kolesterol dan juga bisa mengubah homocysteine menjadi asam amino yang jinak sehingga bisa diproses oleh tubuh. tanpa adanya proses ini homocysteine bisa melukai dinding pembuluh darah dan menyebabkan stroke dan serangan jantung.

5. Mengatasi Lemah Syahwat

Ternyata manfaat buah pepaya untuk pria sangat luar biasa yaitu dapat mengobati lemah syahwat.Pepaya mengandung arigin yang sangat efektif meningkatkan aliran darah Mr. P. Prosesnya mendorong asam nitrat tubuh untuk merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah Mr P sehingga dapat memperbesar dan melancarkan aliran darah di area Mr. P. Hal ini sangat membantu untuk mengobati lemah syahwat. Untuk mendapat manfaat tersebut cukup dengan membiasakan minum atau makan buah pepaya setiap hari.

Baca juga: Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

6. Menghitamkan Rambut

Manfaat buah pepaya tidak hanya didapatkan dari buahnya saja bahkan bijinya juga memiliki kegunaan untuk rambut. Dengan mengoleskan adonan dari bubuk biji pepaya pada rambut yang dilakukan secara teratur mampu menghitamkan rambut dengan alami dan cepat. Berikut ini cara menghitamkan rambut dengan biji pepaya, yaitu:

  • Siapkan segenggam biji buah pepaya lalu sangrai hingga kering.
  • Tumbuk sampai halus, lalu disaring.
  • Tambahkan sedikit air dan aduk hingga tercampur rata dan kentak.
  • Oleskan merata pada rambut.
  • Diamkan hingga kering lalu bilas hingga bersih.
  • Lakukan 3 kali dalam seminggu secara rutin.

7. Mengobati Cacingan

Manfaat buah pepaya selanjutnya bagi kesehatan yaitu dapat menyembuhkan cacingan pada anak dan dewasa. Cara menyembuhkan cacingan dengan pepaya adalah dengan menggunakan biji buahnya. Caranya cukup mudah, sediakan 1 sendok teh biji pepaya kemudian dikunyah lalu telan.

8. Menyembuhkan Gangguan Perut

Gangguan perut seperti diare, perut kembung karena masuk angin dapat diobati dengan pepaya. Seperti mengobati cacingan diatas tadi, untuk obat gangguan perut yang digunakan adalah bijinya. Biji pepaya diramu menjadi obat tradisional kemudian diminum teratur 2 kali sehari. Berikut ini cara menyembuhkan diare dan masuk angin dengan biji pepaya, yaitu:

  • Siapkan segenggam biji pepaya kemudian rebus dengan 4 gelas air.
  • Rebus hingga mendidih menjadi 2 gelas airnya.
  • Saring dan tuangkan pada gelas dan diamkan sampai dingin atau hangat.
  • Minum teratur selama mengalami diare dan perut kembung karena masuk angin 2 kali dalam sehari.

9. Menyehatkan Kulit Kepala

Manfaat buah pepaya selain untuk pengobatan ternyata berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala agar bersih dan sehat. Pepaya kaya kandungan mineral dan vitamin yang bisa membantu rambut dan kulit kepala bersih dari kotoran. Berikut ini cara mengatasi rambut kering, rontok dan berketombe dengan buah pepaya, yaitu:

  • Siapkan secukupnya buah pepaya kemudian haluskan dengan diblender atau ditumbuk.
  • Oleskan pada rambut secara merata dengan memijat pelan.
  • Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air atau keramas hingga bersih.
  • Lakukan 3 kali dalam seminggu maka rambut kering, berketombe dan rontok akan teratasi.

10. Mengencangkan Kulit

Manfaat buah pepaya untuk kecantikan yaitu dapat mengencangkan dan mengenyalkan kulit wajah dan tubuh. Untuk mengencangkan wajah maka dibuat menjadi masker, sedangkan untuk tubuh bisa dipakai sebagai lulur. Caranya sama, cukup dengan mengoleskan pepaya yang sudah dihaluskan dan bahan lain ke kulit. Berikut ini cara mengencangkan kulit wajah dengan pepaya, yaitu:

  • Siapkan buah pepaya secukupnya kemudian haluskan dengan diblender.
  • Tuangkan dalam wadah dan tambahkan 1 sendok makan madu asli dan 1 sendok makan tepung beras.
  • Aduk-aduk hingga menjadi seperti pasta lalu oleskan pada kulit wajah secara merata.
  • Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih lakukan 3 kali dalam seminggu.

11. Memutihkan Wajah

Selain mengencangkan kulit wajah dan tubuh, manfaat buah pepaya untuk kecantikan yaitu ampuh memutihkan wajah secara alami dalam waktu singkat. Pepaya memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit wajah lebih cerah dan menghilangkan kekusamannya. Berikut adalah cara memutihkan wajah dengan pepaya, yaitu:

  • Pertama, buat buah pepaya atau dagingnya menjadi masker.
  • Haluskan daging buah pepaya hingga lembut tambahkan susu.
  • Aduk-aduk hingga rata dan menyatu, Oleskan pada wajah merata dengan dipijit pelan.
  • Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

12. Melembabkan Kulit

Dengan mengkonsumsi buah pepaya membuat kulit menjadi lembab. Nah, bagi yang mempunyai kulit kering disarankan untuk sering makan buah pepaya. Hal tersebut karena pepaya memiliki kandungan air yang banyak sehingga akan membantu melembabkan kulit. Berikut ini cara melembabkan kulit wajah yang kering dengan buah pepaya, adalah:

  • Haluskan daging buah pepaya hingga lembut tambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok minyak zaitun.
  • Aduk-aduk hingga rata dan menyatu, Oleskan pada wajah merata dengan dipijit pelan.
  • Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

13. Menurunkan Berat Badan

Memang luar biasa manfaat buah yang satu ini. Manfaat kesehatan ada, manfaat untuk kecantikan juga ada dan ditambah lagi manfaatnya untuk diet. Manfaat pepaya untuk diet karena kandungan lemak yang rendah, dan mengenyangkan. Dengan konsumsi pepaya juga akan melancarkan buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat dalam menurunkan berat badan, cukup dengan menjadikan pepaya menjadi minuman jus sebagai pendanping diet.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang manfaat buah pepaya untuk kesehatan, kecantikan, dan diet. Semoga ulasan tadi bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi Anda semua. Salam sehat!!

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *