Manfaat buah pisang

12 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan yang Sebaiknya Anda Tahu

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh. Mengenal buah pisang yang kaya manfaat. Buah pisang adalah tanaman buah yang berasal dari kawasan asia tenggara. Termasuk juga Indonesia, Madagaskar, Amerika selatan dan tengah. Karena rasa buahnya yang manis, buah ini banyak disukai orang untuk mengkonsumsinya. Bahkan bagi sebagian hewan menjadikan buah ini sebagai makanan favoritnya, seperti monyet.

Loading...

Manfaat buah pisang diantaranya membantu menurunkan darah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang mempunyai masalah darah tinggi. Disamping baik untuk penderita darah tinggi masih banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan. Apa saja manfaat tersebut?. Silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Jenis Dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Beragam jenis buah pisang dipasaran, mulai dari pisang Ambon, raja, kepok, pisang susu dan lain sebagainya. Buah ini adalah multi manfaat, dari buah, daun, kulit hingga batangnya bisa digunakan. Misalnya batangnya dapat diproses menjadi serat untuk pakaian, kertas dan lain sebagainya. Kegunaan Pisang, batang buah pisang yang dipotong kecil dan daunnya bermanfaat untuk makanan ternak ruminansia seperti domba dan kambing, Saat musim kemarau ketersediaan rumput sulit didapat.

Manfaat buah pisang bagi kesehatan

Kulit pisang pun bisa dimanfaatkan untuk pembuatan cuka yaitu melalui proses fermentasi alkohol dan asam cuka. Sedang pada daun pisang juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pembungkus berbagai jenis makanan tradisional indonesia. Selain hal tersebut diatas. Pisang merupakan buah penutup makan sekaligus menjadi pencuci mulut karena khasiat buah pisang dapat menhilangkan bau mulut. Ketika kita sekolah di SD, kita telah diajarkan tentang manfaat buah pisang bagi kesehatan, karena kandungan vitamin A yang bisa menyehatkan mata. namun sebatas itulah guru menjelaskannya tentang khasiat buah pisang. Masih ingat kan?. Berikut ini manfaat buah pisang yang perlu Anda ketahui, yaitu:.

Loading...

1. Manfaat Buah Pisang Sebelum Tidur.

Pisang mengandung magnesium dan potassium dengan mengkonsumsinya pada waktu malam sebelum tidur, mampu membuat otot-otot menjadi rilaks. Dengan makan pisang sebelum tidur juga mampu membuat tidur menjadi lebih pulasTernyata memiliki

Baca juga: 4 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet Pisang yang Benar dan Mudah

2. Manfaat Buah pisang Untuk Kulit

khususnya untuk perawatan wajah. Masalah jerawat bisa disembuhkan dengan pisang, yaitu dengan cara menghancurkan pisang untuk dioleskan pada bagian yang berjerawat. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air. Lakukan rutin setiap hari sampai jerawat hilang.

Selain itu manfaat pisang bagi kesehatan adalah membantu mencerahkan wajah dengan cara dibuat masker wajah. Lumatkan pisang secukupnya hingga halus, lalu campurkan dengan 1 sendok madu dan aduk rata. Oleskan ke seluruh bagian wajah, tunggu sampai kering dan bilas. Dengan penggunaan masker pisang maka kulit wajah menjadi cerah dan terlindungi dari masalah kulit kering dan kasar.

3. Manfaat Buah Pisang Untuk Diet.

Bukan rahasia lagi, jika pisang bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini terbukti dengan adanya diet pisang yang cukup terkenal. Zat gizi pada pisang bisa menurunkan nafsu makan, serat dan vitamin C nya juga bisa menurunkan berat badan dengan baik. Diet dengan pisang sangat mudah dilakukan, yaitu dengan memakan pisang sebagai sarapan pagi dan ditambah 1 gelas air putih hangat.

Untuk mendapatkan manfaat buah pisang, kita tidak boleh asal memakannya saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain, pilihlah pisang yang sudah matang, yang mempunyai kulit hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning. Pisang yang telah matang lebih mudah untuk kita cerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami yang secara cepat diserap ke dalam aliran darah.

4. Manfaat Buah Pisang Untuk Pria.

Pisang sangat baik dikonsumsi oleh pria, dengan mengkonsumsi pisang banyak manfaat yang didapatkan. Pisang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, Vitamin C, protein dan magnesium yang sangat diperlukan pria untuk kesuburan dan menambah pembentukan sel mani/semen  lebih banyak.

5. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang, karena kandungan asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah dari cacat bawaan. Dengan memakan 2 buah pisang segar pada ibu hamil, kebutuhan akan asam folat akan dapat terpenuhi. Sebuah pisang matang mengandung 85 sampai 100 kalori. Disamping itu pisang mampu menjaga kadar gula darah yang mengakibatkan morning sick. Oleh karena itu buah pisang merupakan cemilan sehat ibu hamil.

6. Sumber Kebaikan Potassium.

karena pada 100 gram pisang mengandung 400 gram potasium. Potasium adalalah nutrisi yang bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah, menyuplai energi, membantu pertumbuhan otot serta menghindari masalah kram pada otot.

7. Memulihkan Stamina tubuh.

Manfaat buah pisang mampu memulihkan stamina tubuh karena pisang mengganti potasium yang hilang dari dalam tubuh. Selain itu pisang juga bisa menghilangkan rasa pegal, mengurangi mual, mengurangi kandungan magnesium yang tinggi, sehingga bermanfaat menghilangkan pusing dan melancarkan aliran darah.

8. Baik Untuk Pencernaan.

Buah pisang mudah dalam proses pencernaannya, sehingga gula yang terdapat di dalamnya akan diubah menjadi energi yang baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot dan juga untuk menghilangkan lelah.

9. Menyembuhkan Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada buah pisang dapat menstimulasi produksi haemoglobin dalam darah, sehingga bagus untuk mengatasi gejala kurang darah atau Anemia. Dua buah pisang sehari sangat baik untuk penderita Anemia.

10. Mengatasi Kecanduan Rokok

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa pisang ternyata membantu perokok mengatasi kecanduan nikotin. Kandungan vitamin B6 dan vitamin B12 yang terdapat pada pisang bermanfaat menetralisir pengaruh nikotin dalam tubuh. Bahkan enzim Bromelain yang terkandung dalam pisang bisa meningkatkan libido pada pria.

11.  Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Pisang mengandung asid, enzim, dan sebagian kandungan zat kimia penting. Ia juga mengandung 3 jenis gula yaitu, sukrosa, glukosa dan fruktosa. Ini semua sangat penting untuk tumbuh kembang pada anak-anak.

12. Menyembuhkan Diare

Diare bisa disembuhkan dengan pisang yang memiliki titik-titik coklat dikulitnya. Sebab adanya kandungan pectin, potasium dan magnesium yang dikandungnya. Selain itu juga kandungan asam amino-molekul  pembentuk protein. Itu sangat dibutuhkan tubuh karena tubuh tak bisa memproduksi sendiri.

Fakta Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Menurut Penelitian

Inilah beberapa riset dan penelitian yang dilakukan sehubungan manfaat buah pisang terhadap kesehatan:

Berdasarkan riset The New England Journal of Medicine, mengkonsumsi pisang setiap hari akan menurunkan resiko kematian akibat stroke hingga 40%

Para peneliti mengemukakan bahwa buah pisang adalah satu-satunya buah yang jika dimakan mentah bisa menyembuhkan luka lambung dan menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan pada buah pisang mengandung potasium yang tinggi dengan iodium yang sedikit. Manfaat buah pisang yang lain adalah mengantisipasi keasaman lambung dan sangat cocok bagi penderita gizi buruk dan kurang vitamin.

Berdasarkan penelitian ilmiah para ilmuwan jepang, ditemukan kandungan pada buah pisang berupa zat TNF yang berfungsi menangkal sel kanker jahat atau tumor. Selain itu, pisang semakin matang, khasiatnya akan semakin tinggi untuk menangkal kanker.

Profesor Sinji dari Universitas tokyo jepang, mengadakan penelitian memakai hewan, dengan membandingkan hasilnya dengan memberi makanan pisang, anggur, apel, semangka, nangka, pir, dan berbagai macam buah-buahan untuk mengujinya. Hasilnya membuktikan diantara buah-buahan tersebut, pisanglah yang mempunyai khasiat terbaik. Pisang mampu menambah sel darah putih, dapat menggantikan sel-sel yang rusak, selain itu menangkal sel-sel jahat.

Demikianlah ulasan lengkap tentang manfaat buah pisang bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *