12 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Alami

12 Manfaat coklat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Coklat adalah jenis makanan yang banyak disenangi oleh banyak kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun tak sedikit orang menghubungkan tentang bahaya coklat dengan kerusakan gigi dan kegemukan. Sebenarnya makanan ini bukanlah penyebab rusaknya gigi dan obesitas karena kandungan gula yang terdapat pada makanan ini. Sebaliknya makanan manis ini mengandung alkaloid-alkaloid seperti fenetilamina, anandamida dan teobromin yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Loading...

Manfaat coklat antara lain mencegah kerusakan gigi, anti depresi dan masih banyak yang lainnya. Anda cukup dengan makan atau minumnya maka khasiat tersebut bisa Anda dapatkan. Jenis makanan favorit anak-anak ini, banyak bentuknya dari yang jenis padat dan bubuk, bahkan ada yang cair. Ada beberapa macam coklat yang biasa dikonsumsi masyarakat seperti almond, arab, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat coklat bagi kesehatan Anda

Makan coklat bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Ada banyak jenis dan produk yang beredar di pasaran dari mulai coklat bubuk, coklat hitam dan merk nya pun sangat banyak seperti silver queen dan masih banyak yang lainnya. Coklat jenis apa saja memiliki manfaat, sebagai contoh manfaat coklat untuk kecantikan yaitu membantu meremajakan sel kulit wajah dan mencegah penuaan dini. Selain itu manfaatnya juga sangat baik untuk otak kita. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat coklat untuk tubuh, simak ulasan berikut ini.

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi coklat mendatangkan kebaikan bagi kesehatan tubuh kita, Berikut ini adalah manfaat coklat untuk kesehatan kita, yaitu:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Loading...

Manfaat coklat bubuk atau jenis cair akan membantu mencegah risiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena pada coklat mengandung bahan-bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular menjadi lancar. Terutama manfaat coklat hitam (dark Chocolate) sangat efektif mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 50 persen dan penyakit koroner hingga 10 persen. Jadi, bukan Bahaya jika coklat kita konsumsi sepotong coklat setiap hari.

Baca juga: Anda Sedang Stres? Inilah Cara Mudah Menghilangkan Stres Anda

2. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat coklat bisa membantu menurunkan tensi darah dan kadar kolesterol. Coklat adalah zat yang mengandung senyawa yang berfungsi untuk menenangkan saraf-saraf yang mengalami ketegangan. Dengan makan atau minumnya seseorang akan merasa tenang dan lebih rileks. Oleh karena itu coklat bisa menurunkan tekanan darah. Menurut hasil penelitian mengungkapkan bahwa manfaat coklat hitam mampu menurunkan tensi darah bagi penderita hipertensi. Dan makan coklat hitam secara teratur telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sebanyak 10 persen.

manfaat coklat

3. Anti Depresi

Manfaat coklat hitam bisa mencegah risiko terkena depresi dan stres. Hasil penelitian menyatakan bahwa coklat mengandung serotonin. Manfaat minum atau memakan coklat sepotong per hari bisa merangsang tubuh untuk memproduksi hormon endorfin yang berguna untuk menimbulkan rasa senang dan bahagia. Selain itu, Manfaat pencairan coklat dalam mulut akan menghasilkan perasaan senang lebih lama. Jadi jika Anda merasa stres atau mengalami depresi, Makanlah sepotong coklat hitam untuk mengatasinya. Sempatkan waktu untuk menikmati sepotong saja.

4. Mencegah Kerusakan Gigi

Banyak orang menganggap Bahwa bahaya coklat yaitu bisa merusak gigi. Menurut mereka makanan enak ini bisa menimbulkan kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang dan rapuh. Sebenarnya yang menyebabkan kerusakan gigi bukanlah makanan ini tapi gula yang terdapat pada makanan coklat. Jadi bukan masalah jika Anda ingin memakannya dengan sarat rajin gosok gigi. Justru Manfaat coklat bisa mencegah kerusakan gigi, karena pada coklat memiliki zat theobromin yang mencegah kerusakan terjadi pada gigi.  Zat tersebut akan membasmi bakteri yang menjadi penyebab kerusakan gigi pada rongga mulut.

5. Antioksidan Tinggi

Berdasarkan hasil sebuah studi penelitian bahwa manfaat coklat untuk mencegah terserang penyakit. Hal ini karena pada coklat mengandung flavanol yaitu sejenis flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa yang terbentuk secara alami dalam makanan nabati yang berguna sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jadi dengan mengkonsumsinya tubuh akan lebih sehat.

6. Menurunkan Berat Badan

Ada manfaat minum coklat sebelum tidur yaitu berguna untuk menurunkan berat badan. Hal ini jika dilakukan dengan mengkonsumsinya dalam takaran yang pas dan cukup. Dengan minum secangkir coklat  yang dicampur dengan susu rendah lemak mampu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk mendapatkan manfaat coklat untuk menurunkan berat badan dengan rutin minum secangkir coklat sebelum tidur.

7. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat  coklat untuk otak bisa membantu mencerdaskan atau meningkatkan IQ. Hal ini dikarenakan setiap mengkonsumsi coklat maka akan meningkatkan atau melancarkan aliran darah pada otak, sehingga otak bekerja dengan baik. Selain itu kandungan flavonoidnya mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga agar sehat. Nah dengan Anda merutinkan makan coklat minimal sepotong sehari maka akan Ber manfaat coklat tersebut pada otak dan kesehatan Anda.

Manfaat Coklat Untuk Kecantikan

Memakan coklat bukan hanya enak dan lezat, ternyata ada manfaat makan coklat untuk kecantikan. Berikut ini manfaat coklat untuk kecantikan, yaitu:

1. Mempercepat Pertumbuhan Rambut.

Manfaat coklat untuk kecantikan yang pertama adalah mampu membantu pertumbuhan rambut lebih cepat. Hal ini dikarenakan pada kandungan coklat tersebut bisa melancarkan sirkulasi darah termasuk melancarkan aliran darah pada kulit kepala. Dengan sirkulasi darah yang lancar maka akan mampu mencegah terjadinya kerontokan rambut. Coklat kaya kandungan tembaga, zat besi dan mineral lainnya yang bisa berguna untuk meningkatkan proses pembaharuan sel darah dalam tubuh serta mempercepat tumbuhnya rambut.

2. Detoksifikasi Kulit

Manfaat coklat selanjutnya untuk kecantikan adalah menghilangkan atau mengangkat kulit mati. Dengan mengkonsumsi coklat akan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dari tubuh. Hal ini akan mendorong untuk meremajaan kulit lebih segar, sehingga kulit terlihat lebih muda. Dan hal ini juga menjadi alasan dengan dipakainya coklat pada produk-produk untuk kecantikan kulit.

3. Melindungi Kulit Dari Ultra Violet (UV)

Manfaat makan atau minum coklat pada pagi hari bisa membantu Anda melindungi kulit dari sinar ultra violet saat Anda beraktivitas di luar ruangan. Hal ini karena pada coklat terkandung zat flavonols yang melindungi kulit dari sinar matahari yang mengandung sinar UV. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan coklat untuk dioleskan pada kulit yang bermanfaat untuk melembabkan kulit dan menyembuhkan luka bakar pada kulit yang diakibatkan sinar panas matahari.

4. Mengkilapkan Rambut

Manfaat coklat hitam tidak hanya mampu mempercepat pertumbuhan rambut dan mengatasi kerontokan rambut saja. Ternyata coklat berguna untuk mengkilapkan warna rambut menjadi lebih berkilau. Caranya, dengan membuat coklat menjadi masker rambut. Berikut ini cara menghitamkan rambut dengan coklat agar mengkilap, yaitu:

  • Campurkan coklat hitam, yoghurt dan madu aduk hingga rata
  • Setelah menjadi lembut seperti pasta, oleskan secara merata pada rambut Anda
  • Biarkan meresap dengan diamkan selama kurang lebih setengah jam
  • Kemudian bilas atau keramas rambut hingga bersih

Dengan manfaat coklat hitam yang dioleskan pada rambut tersebut akan membuat rambut Anda nampak hitam berkilau dan menghilangkan warna kusam rambut.

5. Mencegah Kerutan Kulit Wajah

Manfaat coklat hitam bisa membantu Anda mencegah penuaan dini. Coklat memiliki kandungan kolagen yang baik untuk kulit, khususnya kulit wajah. Dengan makan coklat atau mengoleskannya pada kulit maka berkhasiat menghilangkan kerutan-kerutan pada kulit dan menghilangkan garis halus pada wajah. Demikianlah pembahasan tentang manfaat coklat bagi kesehatan tubuh dan kesehatan dan untuk otak kita. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wajah Secara Alami Dan Mudah

Loading...

Leave a Comment