Manfaat Buah Pisang Dan Kandungan Gizinya Menurut Islam

Manfaat buah pisang dan kandungan gizinya menurut islam. Nama atau istilah Arab dari buah pisang ini adalah “thalhun”. khasiat buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, konon dikatakan bahwasanya buah pisang adalah buah apelnya nabi adam As. di dalam surga dan Allah Swt telah memuliakan buah ini dengan menyebutnya di dalam Alqur’an. Hal ini mengisyaratkan bahwa manfaat dan kandungan buah pisang sangatlah istimewa.

Loading...

Allah Swt berfirman,”Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri dan buah pisang yang bersusun-susun (buahnya) dan naungan yang terbentang luas.” (Al-Waqiah[56]:28-30). Dikatakan bahwa at-thalbun disini adalah buah pisang yang menjulur ke bawah. Buah pisang merupakan buah yang tinggi kandungan karbohidrat dan zat gulanya. Tak mengherankan dalam dunia kesehatan pisang merupakan salah satu buah sebagai sumber zat karbohidrat dan zat gula yang paling besar.

Manfaat dan kandungan gizi buah pisang bisa dilihat dari sumber zat karbohidrat sebelum buah masak dan sumber zat gula setelah masak. Pisang merupakan buah yang mengenyangkan dan menggemukkan badan. Ia berkhasiat bagi organ ginjal dan membersihkan saluran-saluran kencing.

manfaat buah pisang
Manfaat Buah Pisang Dan Kandungan Gizinya Menurut Islam

Manfaat Buah Pisang dan Nilai kandungan Gizi Menurut Islam

Ibnu sina Menuturkan seputar manfaat buah pisang. Beliau mengatakan bahwa buah pisang itu bersifat mengenyangkan dan melegakan. Dengan banyak mengkonsumsi buah ini dapat mengakibatkan menghindari penyumbatan-penyumbatan di dalam tubuh, menambah produksi air empedu.

Buah pisang bermanfaat dalam menyembuhkan luka pada tenggorokan dan dada. Khasiat dan manfaat buah pisang untuk meningkatkan produksi airmani. manfaat dan kandungan gizi buah pisang sangat cocok bagi  kesehatan ginjal dan berfungsi meningkatkan produksi air kencing.

Loading...

Buah pisang sangat baik untuk kesehatan anak-anak. Disarankan untuk memberikan asupan buah ini kepada anak-anak bersama air susu. manfaat dan kandungan gizi buah pisang juga sangat membantu kepada orang yang sedang proses penyembuhan karena penyakit,  pada penderita anemia, dan menurunnya stamina tubuh secara drastis.

manfaat dan kandungan gizi buah pisang juga baik untuk ibu hamil dan menyusui, dan orang orang yang sudah lanjut usia. Buah pisang yang dikeringkan kemudian diolah menjadi tepung yang menyerupai tepung beras dalam komposisi kimianya. Selanjutnya diolah menjadi roti yang berkhasiat bagi penderita penyakit Albuminuria, yaitu adanya zat putih telur di dalam air kencing,dan biasanya berkaitan dengan masalah ginjal.

Telah terbukti secara medis bahwa manfaat buah pisang itu kaya akan kandungan vitamin A, B, C dan E dengan kadar kandungannya yang tidak terlalu besar. Buah pisang juga mengandung zat besi, mineral dan garam-garam, manjanis, sodium, gula tebu, seng, air dan zat tepung serta gula anggur.

Baca juga: Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria dan Wanita Menurut Islam

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pisang

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa pisang mempunyai gizi yang sangat besar. Dalam setiap 100 gram buah pisang masak, mengandung 100 cc kalori. Buah pisang adalah makanan, obat bagi penyembuhan penyakit dan penguat serta penambah stamina tubuh. Manfaat dan kandungan gizi buah pisang kaya akan mineral terutama yodium dan kalsium. Oleh karena hal itu, seseorang mampu bertahan hidup dalam sehari hanya dengan makan tiga buah pisang saja.

Begitu juga kandungan vitamin E nya yang terdapat di dalamnya, sangat bermanfaat dalam menguatkan otot-otot tubuh.  Manfaat buah pisang yaitu vitamin B nya berkhasiat melindungi urat-urat syaraf dari iritasi dan mampu mengobati penyakit anemia. Manfaat buah pisang yaitu vitamin A nya yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata bagi yang rutin mengkonsumsinya, dan dapat menghindari dari masalah-masalah pada penglihatan seperti rabun.

Buah pisang tidak disarankan dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit gula atau kencing manis, serta penderita organ hati. Karena buah pisang sulit untuk dicerna. Orang-orang yang memiliki tubuh gemuk juga tidak disarankan untuk memakan buah pisang ini.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Buah pisang sudah bukan merupakan buah yang asing bagi masyarakat Indonesia. Tahukah Anda, Jika mengkonsumsi buah pisang secara rutin dan teratur maka akan menjaga kesehatan tubuh kita. Ini karena pada buah pisang mengandung banyak kandungan vitamin dan mineral. Diantaranya vitamin B kompleks, vitamin C, Kalium, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Berikut ini adalah manfaat buah pisang bagi kesehatan kita, yaitu:

Melancarkan Sirkulasi Darah

Pisang berkhasiat melancarkan peradaran darah, hal ini karena pisang kaya kandungan potasium dan kalium. Kalium bermanfaat melancarkan aliran darah dan juga bisa mengatur tekanan darah. Dengan manfaat kalium pada buah pisang, tak mengherankan buah ini mampu mengurangi resiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Mengatasi Diabetes

Pisang adalah buah yang baik dan disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dengan mengkonsumsi buah pisang akan mencegah dan mengatasi penyakit diabetes. Anda bisa mengkonsumsinya dalam wujud buah atau dalam bentuk makanan olahan, seperti pisang rebus atau pisang goreng dan lain sebagainya.

Meningkatkan Kinerja Jantung

Memakan pisang pada pagi hari akan bermanfaat menambah nutrisi yang mendukung fungsi jantung. Pisang memiliki kandungan mineral yang  disebut elektrolit kalium. Kandungan tersebut akan diasup tubuh untuk meningkatkan kinerja jantung yang membuat kesehatan jantung lebih baik. Kalium masuk ke dalam tubuh, dan diserapoleh usus, kemudian berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut di dalam cairan sel.

Mengobati Maag dan Melancarkan Pencernaan

Fungsi buah pisang bisa membantu Anda menangkal asam lambung dalam tubuh, dan dapat menekan produksi asam lambung berlebih. Maka,manfaat buah pisang dapat mengobati penyakit maag Anda. Mengkonsumsi pisang juga bisa bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Pisang dapat membantu sistem pencernaan untuk dapat lebih baik lagi. Sehingga berbagai macam nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat terserap dengan sempurna dan digunakan oleh tubuh secara optimal. Demikianlah ulasan saya tentang manfaat buah pisang dan kandungan gizinya. semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Islam

 

Loading...

Leave a Comment