Apa Manfaat dan Risiko Minum Kopi Hijau Bagi Tubuh?

Manfaat dan risiko minum kopi hijau bagi tubuh. Kopi hijau atau green coffee memiliki banyak manfaat untuk tubuh.  Bahkan ampas kopi hijau atau sisa seduhan bisa dimanfaatkan untuk kulit wajah, agar lebih cerah tanpa flek dan jerawat. Memang selama ini kopi hijau hanya populer dengan khasiatnya untuk diet yang mampu menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh. Ternyata tidak hanya untuk diet saja, kopi hijau memiliki manfaat yang lain untuk tubuh jika dikonsumsi secara benar. Diantara manfaatnya adalah membantu menurunkan darah tinggi, meningkatkan mood peminumnya dan masih banyak yang lainnya.

Loading...

Manfaat dan risiko minum kopi hijau diperoleh dari kandungannya. Kopi hijau atau green coffee memiliki beberapa kandungan di dalamnya. Salah satu kandungan kopi hijau yaitu asam klorogenat, Asam klorogenat pada kopi hijau lebih tinggi dibandingkan pada jenis kopi biasa. Nah, asam klorogenat inilah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya membakar lemak, mencegah obesitas, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit alzheimer dan lainnya. Selain kandungan klorogenat, kopi hijau juga memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kafein yang diasup tubuh dalam jumlah banyak dan terlalu sering menimbulkan berbagai risiko atau efek samping, seperti jantung berdebar kencang, pusing bahkan diare dan dehidrasi. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja manfaat dan risiko minum kopi hijau bagi tubuh, simak lengkap berikut ini.

Manfaat dan Risiko Minum Kopi Hijau Pada Kesehatan

manfaat dan risiko minum kopi hijau

Banyak produk kopi hijau yang beredar di pasaran, sehingga Anda dengan mudah untuk membelinya seperti di supermarket, alfamart, indomaret, bahkan Anda bisa membelinya via online.  Kadang banyak yang pertanyaan dari pembeli yang rata-rata menggunakan kopi hijau untuk diet menurunkan berat badan tentang merk kopi hijau apa merk green coffee yang mana yang bagus untuk diet. Dalam hal ini semua jenis kopi hijau bagus untuk diet seperti green coffee nescafe dan kopi hijau yang lainnya. Namun Anda harus memperhatikan dan melihat komposisi dan tanggal expired nya. Selain itu juga Anda perlu melihat ijin BPOM yang menandakan produk tersebut sudah melalui ijin kesehatannya agar terhindar dari efek samping dan risiko minum kopi hijau.

Tidak hanya itu saja, Untuk mendapatkan manfaat dan mencegah risiko minum kopi hijau. Anda perlu memperhatikan cara menyeduh atau cara penyajiannya. Biasanya cara minum produk kopi hijau tersebut ada pada di kemasan bagian belakangnya bersama tanggal kadaluarsa. Jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri kopi hijau, pada artikel bisa Anda baca dibawah ini.

Loading...

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Kopi Hijau Untuk Diet Sendiri Di Rumah?

Setelah Anda membuatnya sendiri, maka Anda perlu mengetahui cara meminumnya dengan cara yang benar agar mendapatkan manfaat kopi hijau dan mencegah risiko atau efek samping meminumnya. Dalam hal ini bisa Anda baca pada artikel sebelumnya tentang bagaimana meminum kopi hijau yang benar.

Baca juga: Cara Minum Kopi Hijau Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan (Diet)

Kembali ke pokok permasalahan tentang apa manfaat dan risiko meminum kopi hijau bagi tubuh, berikut adalah manfaat minum kopi hijau, yaitu:

  • Menurunkan berat badan, dengan meminumnya secara rutin dan teratur setiap hari maka mampu membantu menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh
  • Minum kopi hijau dapat menjaga kerusakan sel-sel tubuh, karena pada kopi hijau mengandung antioksidan yang tinggi.
  • Mencegah dan mampu melawan sel kanker sehingga bisa ditekan penyebaran sel kanker tersebut
  • Minum secangkir kopi hijau pada pagi hari bermanfaat meningkatkan mood dan kinerja  sehingga membantu ketahanan tubuh dan lebih fokus dalam beraktifitas
  • Membantu menurunkan berat badan dengan alami dan cepat sehingga mencegah obesitas
  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Disamping manfaat kopi hijau tersebut, minum kopi hijau secara berlebihan dapat memicu risiko atau efek samping pada tubuh. Berikut ini adalah risiko atau efek samping minum kopi hijau, yaitu:

  • Bisa menyebabkan gangguan susah tidur atau insomnia
  • Minum terlalu banyak sebelum makan dapat menimbulkan sakit perut, mual, muntah bahkan diare
  • Minum kopi hijau juga berisiko mengalami gugup, gelisah dan meningkatkan debaran jantung karena kandungan kafeinnya. Hal ini biasanya dialami bagi peminum yang memiliki gangguan jantung.
  • Disarankan penderita diabetes untuk tidak mengkonsumsi kopi hijau karena bisa mengakibatkan gangguan pendarahan pada penyakit diabetes
  • Minum kopi hijau berlebihan juga meningkatkan risiko kolesterol tinggi, maka bagi penderita kolesterol sebaiknya menghindari minum kopi hijau
  • Minum kopi hijau terlalu sering dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan osteoporosis, dan iritasi pada usus.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat dan risiko minum kopi hijau. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, khususnya bagi Anda yang ingin meminum kopi hijau. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Kopi Hijau Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Loading...

Leave a Comment