Kegunaan dan Manfaat Daun Bambu Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bambu Bagi Kesehatan. Kegunaan pohon bambu sangat membantu masyarakat untuk berbagai keperluan. Diantaranya sebagai bahan perabot rumah tangga, seperti meja kursi pagar dan kadang ternak. Selain itu, masyarakat juga mengkonsumsi bambu kecil atau rebung. Dan lagi-lagi, rebung juga bermanfaat atau berguna sebagai bahan makanan.

Loading...

Tidak cuma bisa dimasak, manfaat rebung juga membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan. Diantaranya dapat menurunkan gejala hipertensi atau darah tinggi. Mungkin Anda Belum mengetahuinya, ternyata daun bambu mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat daun bambu adalah untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit.

Hal ini karena pada daun bambu memiliki kandungan yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan daun bambu, yaitu: vitamin, flavonoid, klorofil, polisakarida, mikroelemen, dan asam folat. Dengan kandungan tersebut maka tak mengherankan jika daun bambu termasuk tanaman herbal yang bisa dibuat obat alami untuk berbagai penyakit.

Manfaat Daun Bambu Bagi Kesehatan

Daun bambu merupakan stimulan. manfaat daun bambu tersebut mampu mengurangi gangguan-gangguan yang jarang terjadi, sekresi luka dan pendarahan. Khasiat lain daun bambu adalah sebagai pembangkit gairah yang efektif. Daun-daunnya tersebut harus direbus hingga menjadi teh, Jika ingin Anda gunakan sebagai obat. Daun bambu memiliki rasa yang ringan yang khas jika Anda minum.

Banyak penyakit atau masalah-masalah kesehatan yang bisa disembuhkan dengan menggunakan ramuan herbal daun bambu ini. Berikut beberapa macam gangguan kesehatan yang bisa diobati dengan menggunakan manfaat daun bambu.

Loading...
manfaat daun bambu
Kegunaan dan Manfaat Daun Bambu Untuk Kesehatan

Mengobati Luka Pada Kulit

Jika Anda mengalami luka pada kulit, Anda bisa menggunakan daun bambu untuk mengobatinya, yaitu dengan cara menggunakan kain hangat dan basah dengan daun bambu yang telah dihancurkan terlebih dahulu, Lalu letakkan pada kain tersebut. Tempelkan pada kulit yang luka.

Kompres ini membantu dalam penyembuhan dan mengurangi bengkak. kegunaan daun bambu ini juga untuk luka kulit yang busuk karena kuman atau bakteri, yaitu dengan membuat daun bambu menjadi pasta atau jus untuk mencuci luka.

Obat Haid Yang Tidak Teratur dan Masalah Perut

Daun bambu telah dikenal untuk melancarkan dan mengatur periode menstruasi wanita. Manfaat daun bambu untuk menstruasi, dengan merebus daun bambu dan meminumnya dua kali sehari. satu gelas untuk sekali minum.

Baca juga: Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

Selain bisa mengatasi masalah kurang lancar menstruasi, khasiat daun bambu juga untuk mengatasi masalah perut. Dengan khasiat daun bambu ini untuk menguatkan dan menstimulasi perut. Batang bambu muda juga bermanfaat dalam menyembuhkan kelainan pada perut. Dengan diacar atau dimasak, sangat cocok untuk menu makanan pembuka.

Membunuh Cacing Usus

Daun bambu yang diseduh dengan air panas mampu berkhasiat membunuh cacing usus. Daun bambu harus direbus menjadi teh hangat dan kemudian Anda minum dua kali sehari selama dua hari. Hal ini sangat berguna untuk mengatasi cacing usus.

Ada cara lain menggunakan daun bambu sebagai obat cacingan alami. Yang pertama dengan membuatnya menjadi teh. Dibutuhkan 35 gram daun bambu saja yang dicampurkan dengan jus kesukaan Anda dan meminumnya sehari dua kali. Selain dengan daunnya, Anda bisa membuat jus dari batang bambu muda yaitu sebanyak 120 ml diminum dua kali sehari.

Detoksifikasi

Daun bambu memiliki kandungan Anti-inflamasi yang berguna untuk detoksifikasi alami. Dengan Anda mengkonsumsi ramuan dari daun bambu yang bisa direbus dan diminum rebusannya, maka racun di dalam tubuh akan hilang. racun dikeluarkan melalui keringat dan melalui saluran sekresi. Selain itu, daun bambu bisa meningkatkan kinerja organ hati untuk mengeluarkan racun berbahaya.

Penurun Darah Tinggi

Daun bambu mempunyai kandungan potassium. potassium merupakan mineral yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Daun bambu berkhasiat juga untuk membantu mengatur sistem pembuluh darah ke jantung dan menjaga pembuluh darah menjadi lebih sehat.

Cara untuk mendapatkan manfaat penurunan darah tinggi dan menyehatkan jantung serta pembuluh darah sebagai berikut: Ambil beberapa helai daun bambu. Kemudian cuci dan rebus menggunakan dua gelas air hingga menjadi satu gelas, lalu minum. Rutinkan meminumnya 3 kali sehari.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Selain bisa menurunkan kadar tekanan darah tinggi, manfaat daun bambu bisa sebagai obat infeksi saluran kemih alami. Infeksi saluran kemih sendiri disebabkan oleh virus, dan kuman. serta disebabkan oleh kurang mengkonsumsi air putih. Dengan menggunakan ramuan daun bambu mampu mengurangi dan menyembuhkan rasa nyeri dan panas ketika buang air kecil pada penderita infeksi saluran kencing.

Caranya cukup mudah, Ambil 15 helai daun bambu, kemudian rebus dengan menggunakan tiga gelas air hingga tersisa setengahnya. Kemudian minum rutin dua kali sehari hingga rasa nyeri dan panas ketika buang air kecil hilang.

Menyembuhkan Asam Urat

Daun bambu bisa membantu menyembuhkan penyakit asam urat. Seperti diatas cara penyembuhan asam urat bisa dengan menggunakan daun bambu menjadi ramuan. Caranya dengan merebus beberapa helai kemudian rebus dengan menggunakan dua gelas air hingga menjadi satu gelas kemudian minum secara rutin dua kali sehari secara teratur.

Demikianlah bahasan saya tentang kegunaan  daun bambu untuk menjaga kesehatan Anda, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Kopi Hijau Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami

 

Loading...

Leave a Comment