Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria dan Wanita Menurut Islam

manfaat daun kemangi untuk kesehatan pria dan wanita menurut islam. Tanaman kemangi atau disebut juga raihan memiliki manfaat dan khasiat luar biasa bagi kesehatan Anda. Kemangi diolah dan disaring, disuling untuk kemudian dimanfaatkan sebagai minyak wangi oleh pabrik-pabrik. Diantara Manfaat daun kemangi adalah untuk perawatan rambut. Khasiat kemangi sebagai penguat dan bisa menghitamkan rambut.

Loading...

Memang daun kemangi sudah tak asing lagi kita dengar, karena keberadaannya cukup familiar di masyarakat indonesia. Jika Anda termasuk orang yang menyukai lalapan, pastinya Anda tahu dan sering mengkonsumsinya. Mungkin masih ada yang belum mengetahui manfaat daun kemangi selain untuk pelengkap makanan. ternyata banyak manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman yang satu ini untuk kesehatan baik pria maupun wanita. Khusus bagi wanita khasiat daun kemangi ini bisa membantu untuk perawatan wajah.

Pada kesempatan kali ini, waras sehat akan mengupas lengkap tentang apa saja manfaat yang terkandung pada daun kemang. Baik dari pandangan medis dan menurut islam. Oke, untuk yang pertama khasiat daun kemangi menurut islam. Apa saja manfaatnya?. Simak lengkapnya di bawah ini:

Manfaat Daun Kemangi Menurut Islam

Disebutkan manfaat daun kemangi  dalam kitab Ath-Thibun Nabawi karya Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah: Sesungguhnya Allah Swt. Telah memuliakan tanaman kemangi dengan menyebutnya dalam Alqur’an. Allah Swt. berfirman,“Ada pun apabila dia (orang yang mati) termasuk orang yang di dekatnya (kepada Allah), maka dia akan memperoleh ketentraman dan rezeki serta surga kenikmatan.” (Al-Waqiah[58]:88-89).

manfaat daun kemangi
Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria dan Wanita Menurut Islam

Firman Allah Swt lainnya adalah,“Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum aromanya. Maka nikmat tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?.” (Ar-Rahman[55]:12-13). Selain kalam alqur’an menyebut tentang keutamaan manfaat daun kemangi, dalam hadits Rasulullah Saw. juga menerangkan tentang kegunaan daun kemangi tersebut.

Loading...

Di dalam Shahih Muslim, dari Rasulullah Saw. beliau bersabda,“Barangsiapa yang diberikan kepadanya raihan(kemangi), maka hendaknya janganlah menolaknya, karena sesungguhnya raihan itu ringan untuk dibawa dan wangi aromanya.”Nama-nama tanaman kemangi berbeda-beda dari satu tempat ke tempat yang  lain. Para penduduk irak dan syam atau siria misalnya,menamakan kemangi dengan sebutan”Al-habqu”.

Dawud Al-anthaki mengatakan dalam karangan kitab pengobatannya yaitu At-Tadzkirah. Bahwasanya khasiat dan manfaat daun kemangi sangatlah banyak, dan berikut saya rangkum manfaat penyembuhan daun kemangi menurut Dawud Al_anthaki, adalah sebagai berikut:

  • Berkhasiat mengharumkan ruangan dan makanan
  • mengharumkan bau mulut apa bila dikunyah.
  • Meredakan kejang dan kram pada otot.
  • Penguat sel-sel syaraf apabila stamina tubuh menurun.
  • Menghilangkan penyakit susah tidur atau insomnia.
  • Meredakan rasa sakit saat wanita haid.
  • Penyeimbang syaraf-syaraf yang tidak stabil seperti pusing, pening kepala atau vertigo dan migrain.
  • Mengobati rasa mual dan mulas pada perut.

Manfaat Daun kemangi Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Khasiat daun kemangi dapat menghentikan kerusakan empedu. dengan menghirupnya, maka akan bermanfaat untuk melegakan organ hati secara signifikan, dan juga sebagai zat pembunuh bagi bermacam-macam bakteri dan kuman. Demikian pula halnya dengan menaruhnya di dalam rumah, maka akan terjaga rumah dari bakteri dan kuman-kuman. Manfaat daun kemangi juga dapat berkhasiat untuk menyembuhkan pembengkakan yang terjadi pada saluran kencing, Dengan cara meletakkan daun kemangi di atasnya. Ada beberapa manfaat lain, yaitu ramuan atau resep daun kemangi untuk penyembuhan masalah kesehatan Anda.

1. Mengatasi  Mimisan Dan Pendarahan Rongga Hidung

Apabila daun kemangi ditumbuk halus dalam keadaan masih segar, selanjutnya diaduk dengan campuran cuka, kemudian di letakkan di atas kepala, maka dapat berkasiat dalam menghentikan pendarahan pada rongga hidung. Dengan resep ramuan ini insya Allah masalah mimisan Anda akan teratasi .

2. Obat Luka Basah

Kegunaan daun kemangi juga berkhasiat untuk luka basah. seperti, luka gores, luka karena jatuh dan terpotong. Cara mengobati pada luka basah adalah dengan Anda menumbuk halus daun kemangi kering kemudian Anda taburkan pada bagian kulit yang terluka, maka manfaat daun kemangi di sini berguna mempercepat mengeringkan dan menyembuhkannya. Tanaman kemangi juga berkhasiat untuk menguatkan organ-organ tubuh yang lemah, yaitu apabila daun kemangi dioleskan padanya. Tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati luka di sekitar daerah kuku.

3. Mengatasi Jerawat, Bisul, Dan Borok.

Khasiat lainnya daun kemangi yaitu bisa menyembuhkan masalah-masalah kesehatan kulit. Seperti, jerawat, bisul dan borok di sekitar daerah wajah, tangan dan kaki, yaitu dengan cara: Menumbuk daun kemangi hingga menjadi halus, kemudian mengoleskannya di atas kulit yang bermasalah tersebut.

4. Mengatasi Bau Badan Tak Sedap

Daun tanaman kemangi mempunyai manfaat untuk menyembuhkan bagi Anda yang mempunyai masalah dengan bau badan. Bau badan ini berhubungan juga dengan masalah produksi keringat oleh tubuh yang berlebihan dan itu juga bisa diobati dengan manfaat daun kemangi ini.

Baca juga: Khasiat Kurma Mengkal Bagi Kesehatan Menurut Islam

Dengan cara daun kemangi ini, Anda oleskan ke bagian tubuh anda dengan memijit-mijitkannya. Hal ini akan berkhasiat dalam produksi  keringat tubuh yang berlebihan, menyerap cairan-cairan berlebihan di dalam tubuh dan mampu menghilangkan bau kurang sedap badan Anda.

5. Membantu Proses Persalinan

Ternyata kegunaan daun kemangi ini, dapat membantu ibu hamil untuk mempermudah proses persalinannya. Yaitu dengan cara merebus daun kemangi, dan meminumnya. Selain untuk persalinan. manfaat daun kemangi juga untuk mempermudah proses keluarnya tinja atau kotoran bagi Anda yang mempunyai masalah dengan susah BAB atau sembelit.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kecantikan

Tidak hanya membantu untuk meningkatkan kesehatan dan penyembuhan terhadap penyakit saja. manfaat kemangi juga bisa digunakan wanita sebagai perawatan kecantikan. Apa saja manfaat kemangi untuk kesehatan?.

Obat Untuk Infeksi Kulit

Daun kemangi memiliki kandungan sifat antijamur, anti bakteri dan antibiotik dan juga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk infeksi kulit, yaitu obat alami kurap dan vitilingo.

Membersihkan Darah dan Mengatasi Komedo

Sering mengkonsumsi daun kemangi bisa berkhasiat untuk membersihkan darah dan membuang racun-racun serta zat berbahaya dalam tubuh Anda. Daun kemangi juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti kulit kering dan kusam serta iritasi pada wajah. Caranya lumatkan daun kemangi kemudian campur dengan bubuk kunyit, bubuk cendana dengan takaran satu sendok teh. Ditambah lagi perasan lemon secukupnya. Aduk rata hingga menjadi lembut, dan kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas. Dengan teratur menggunakan masker daun kemangi tersebut maka masalah pada kulit wajah akan sembuh.

Manfaat kemangi untuk menghilangkan komedo, Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Caranya, cukup dengan melumatkan daun kemangi dan menggosokkannya pada area yang berkomedo. Diamkan beberapa menit 10 sampai 15 menit. Setelah itu basuh menggunakan air hangat sampai bersih dan keringkan dengan handuk halus.

Memutihkan Kulit Wajah

Wanita pasti menginginkan mempunyai kulit wajah yang cerah dan putih, Anda tak perlu melakukannya ke salon. Dengan daun kemangi, Anda bisa membuat ramuan tradisional untuk memutihkan wajah. Caranya, Haluskan daun kemangi dan campurkan dengan putih telur. Kemudian aduk hingga tercampur rata dengan diaduk. Oleskan merata pada wajah Anda, kemudian diamkan selama 10-20 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat hingga bersih dan keringkan.

Mengobati Gatal Akibat gigitan Serangga

Jika Anda mengalami gatal-gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga seperti nyamuk pada muka atau bagian tubuh yang lain, maka gunakanlah daun kemangi. Caranya, haluskan daun kemangi yang segar lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena gigitan serangga. Diamkan 10 sampai 15 menit maka rasa gatal akan hilang.

Anti Aging

Daun kemangi juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, dan mengencang kulit keriput. Cara membuat ramuan tradisional untuk kulit keriput dan kendur yaitu dengan mencampur bubuk daun kemangi dengan madu dan minyak kelapa ditambah lagi susu. Campurkan semua bahan dan aduk untuk maskeran. Tunggu selama 10 sampai 15 menit. Kemudian bilas menggunakan air dingin. lakukan 2 minggu sekali untuk mengatasi masalah penuaan dini.

Menyehatkan Mata

Mengkonsumsi daun seledri akan bermanfaat menyebuhkan mata. Dengan mengkonsumsinya minimal 2 sampai 3 kali seminggu maka mata Anda akan terjaga kesehatannya.

Ramuan Tradisional Daun Kemangi

Dengan merebus daun kemangi Anda akan mendapatkan manfaat pengobatan atau penyembuhan macam-macam penyakit dan masalah pada kesehatan. Apa saja manfaat daun kemangi jika direbus?. Inilah manfaat atau kegunaan pengobatan yang Anda dapatkan,jika Anda merebus dan menggunakannya :

  • Bermanfaat untuk mengendorkan persendian dan otot-otot yang kaku jika memakai rebusan daun kemangi lalu membalurkannya.
  • Jika dituangkan pada tulang yang retak atau patah, yang masih belum menyatu, maka rebusan daun raihan berkhasiat membantu penyembuhannya

Adapun air dari tanaman kemangi, dapat berkhasiat menguatkan atau mengikat rambut yang mudah rontok, dan menghitamkannya. Apabila daun kemangi ini ditumbuk halus, lalu dituangkan sedikit air, kemudian Anda campur dengan sedikit minyak atau sejenis minyak dari saripati bunga mawar, maka manfaat daun kemangi akan baik untuk menyembuhkan luka yang masih basah, mati rasa, dan mengobati iritasi pada kulit.

Selain itu ramuan di atas berkhasiat juga untuk mengobati bengkak-bengkak, biduran dan wasir. Untuk masalah wasir Anda menggunakannya dengan cara mengoleskan ramuannya pada sekitar luka.

Sedangkan biji dari tanaman kemangi sangat berkhasiat untuk menyembuhkan TBC, yaitu masalah kesehatan dengan keluarnya darah dari dada dan paru paru saat batuk. Berkhasiat juga membersihkan organ-organ dalam perut.

Biji tanaman kemangi tidak mempunyai efek negatif pada kesehatan rongga dada dan paru-paru. Selain itu manfaatnya untuk digunakan sebagai pencuci perut dari kotoran-kotoran yang dibarengi dengan batuk-batuk.

Manfaat biji raihan ini juga berkhasiat memperlancar air seni, dan juga sebagai penawar racun karena gigitan ular atau racun sengatan kalajengking. Biji kemangi juga bisa untuk kesehatan jantung, dengan biji ini akan memperkuat pembuluh-pembuluh darah arteri di dalamnya. Demikianlah Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria dan Wanita Menurut Islam. Semoga  bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Dan Khasiat Gandum Untuk Kesehatan Menurut Islam

 

Loading...

Leave a Comment