7 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

7 Manfaat daun seledri untuk kesehatan dan pengobatan penyakit. Seledri adalah jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat, mulai dari batang dan daunnya semua berkhasiat dalam pengobatan penyakit. Diantaranya  khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan untuk kesehatan ginjal, menyembuhkan penderita hipertensi. Bahkan daun ini bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kecantikan wajah. Bagi orang yang ingin diet menurunkan berat badan, Daun seledri bisa menjadi menu diet yang sehat dengan membuatnya menjadi jus seledri.

Loading...

Efek Samping Daun Seledri

Perlu diperhatikan Selain manfaat daun seledri baik untuk kesehatan ternyata daun seledri memiliki efek samping. Mengkonsumsi dengan waktu yang lama dan terlalu sering atau berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan. efek samping daun seledri diantaranya bisa menimbulkan alergi. alergi yang ditimbulkan seperti gatal-gatal, kulit merah-merah, rasa pusing, dan gangguan pencernaan. Untuk menghindari efek samping daun seledri tersebut sebaiknya kenali dulu kondisi tubuh, apakah termasuk orang yang alergi mengkonsumsinya atau bukan. Selain itu, efek samping daun seledri juga berbahaya bagi ibu hamil. Saat mengkonsumsi daun seledri pada masa kehamilan bisa menimbulkan terjadinya pendarahan dan kontraksi uterine.

Baca juga: 15 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun seledri selain digunakan untuk menambah rasa yang enak pada masakan. Ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan banyak masalah kesehatan, seperti menurunkan tekanan tensi darah, mencegah risiko terkena penyakit jantung dan stroke dan mengatasi masalah rambut rontok, dan masih banyak yang lainnya. Oke, untuk lebih lengkapnya tentang khasiat dan manfaat daun seledri ini, simak berikut ini.

Loading...

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

manfaat daun seledri

Ada beberapa penyakit atau masalah kesehatan yang bisa diatasi oleh daun seledri ini. Tidak hanya mampu mengatasi masalah kesehatan saja. Daun seledri juga dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan dengan baik. Untuk mendapatkan khasiat atau manfaat daun seledri ini, Anda bisa mengkonsumsinya sebagai makanan atau minuman seperti dibuat jus. Berikut ini adalah khasiat dan manfaat daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu:

1. Manfaat Daun Seledri Untuk Menurunkan Berat Badan

Daun seledri ternyata berkhasiat untuk diet untuk menurunkan berat badan. khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan ini bisa Anda dapatkan dengan membuatnya menjadi jus yang Anda konsumsi secara rutin dan teratur. Jus seledri diyakini mampu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan minum 2 kali sehari jus seledri ini akan membantu membakar lemak yang ada di tubuh sehingga berat badan pun akan turun dengan cepat. khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan ini sama seperti sama dengan manfaat pada teh hijau atau kopi hijau.

2. Manfaat Daun Seledri untuk  Ginjal

Daun seledri untuk ginjal sudah lama diketahui oleh penelitian medis.  Cuci ginjal merupakan cara yang baik untuk menjaga fungsinya dan tubuh menjadi sehat karena bisa mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh. Daun seledri juga disebut dengan pembersih ginjal alami. Meminum jus seledri dengan tambahan satu sendok madu berkhasiat untuk membantu membersihkan ginjal. Bagi penderita gagal ginjal minum jus seledri akan membantu mencuci darah secara alami. Jadi, konsumsilah jus seledri dalam dosis normal untuk membersihkan darah bisa dengan seminggu sekali untuk mendapatkan manfaat daun seledri untuk ginjal Anda.

3. Manfaat Daun Seledri untuk Rambut

Kegunaan seledri untuk rambut lainnya yaitu bisa untuk mengatasi rambut rontok atau obat alami rambut rontok. Jika Anda mengalami rambut rontok, maka jangan khawatir. Ada ramuan atau cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan daun seledri. Hati-hati kerontokan yang tidak ditangani dengan segera, kerontokan bisa menyebabkan kebotakan. Manfaat daun seledri untuk rambut membantu Anda untuk melebatkan kembali rambut yang rontok dan menguatkannya. Berikut ini cara yang mudah untuk mengatasi kerontokan rambut dan menyehatkannya. Inilah cara membuat ramuan obat alami rambut rontok dengan daun seledri, yaitu:

  • Ambil 10 tangkai daun seledri, kemudian Anda tumbuk, membuatnya jadi halus. Setelah halus Anda bisa gunakan untuk mengoleskannya pada rambut setelah keramas. Keramas terlebih dahulu seperti biasa, selanjutnya oleskan ramuan daun seledri tadi. Jangan lupa lakukan pijatan yang lembut. Hal ini untuk melancarkan aliran darah pada kulit kepala dan meresapkan ramuan tersebut ke dalam kulit kepala.
  • Kemudian diamkan selama satu jam dengan menggunakan shower cap atau topi pembungkus rambut. Setelah satu jam, bilas rambut dengan menggunakan air bersih. lakukan tips ini, dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Manfaat Daun Seledri Untuk Batuk

Manfaat seledri juga berguna untuk menyembuhkan batuk. Batuk merupakan penyakit ringan, namun jika tidak mengatasinya dengan cepat, maka akan mengganggu kesehatan dan kenyaman aktivitas Anda. Bagaimana manfaat seledri untuk batuk?. Manfaat daun seledri bagi batuk akan Anda peroleh dengan membuat ramuan. Membuatnya cukup mudah, yaitu dengan merebus segenggam daun seledri dengan 4 gelas air hingga air menjadi 2 gelas. Lalu saring rebusan tersebut. Tambahkan madu asli satu sendok setiap 1 gelas rebusan daun seledri. Minumlah dengan rutin sehari 2 kali sampai batuk sembuh.

5. Manfaat Daun Seledri bagi Penderita Hipertensi

Daun seledri mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan itu, mengkonsumsi seledri sangat dianjurkan untuk penderita darah tinggi (hipertensi). Mengkonsumsinya secara teratur saat mengalami darah tinggi akan menurunkan tensi darah menjadi normal kembali. Hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya. Darah tinggi akan berisiko terkena berbagai macam penyakit mematikan seperti, stroke, jantung dan lain sebagainya. Manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi sangat penting Untuk menghindari menjadi penyakit tersebut dan menjaga kestabilan tekanan darah. Menjaga atau mengontrol tekanan darah bisa dilakukan dengan meminum jus seledri. Bagaimana cara membuat jus seledri untuk hipertensi?. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Tumbuk seikat daun seledri hingga hancur
  • Rebus dengan 4 gelas air hingga menjadi 2 gelas.
  • Minum 2 kali sehari secara rutin maka tekanan darah tinggi akan segera menurun.

6. Khasiat Daun Seledri untuk Pria

Mengkonsumsi  seledri sangat baik untuk kesehatan, khususnya keharmonisan rumah tangga. Mengkonsumsi daun seledri bermanfaat meningkatkan hormon feromon pada keringat pria. Hormon tersebut akan membuat aroma keringat pria disukai wanita. Feromon pada keringat akan menarik wanita  lebih nempel. Hal ini akan membuat pria mendapatkan perhatian lebih dari wanita. Cukup mengkonsumsi sekali sehari maka siap-siap Anda mendapatkan perhatian secara berlebih oleh wanita atau istri Anda. Itulah khasiat daun seledri untuk pria.

7. Manfaat Daun Seledri untuk Wajah

Selain berkhasiat untuk kesehatan rambut ternyata khasiat seledri berguna juga untuk kecantikan kulit wajah. manfaat daun seledri untuk wajah antara lain Untuk menutrisi kulit wajah, Mengatasi wajah berminyak dan mencegah penuaan dini. Untuk mengatasi wajah berminyak Anda bisa menggunakan air rendaman daun seledri untuk mencuci muka yang dilakukan sebelum tidur. Rebus 3 batang seledri beserta daunnya hingga mendidih dan diamkan dalam kulkas. Dan pakai saat malam menjelang tidur untuk membasuh wajah.

Daun seledri untuk wajah lainnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Untuk mencegah penuaan dini bisa Anda lakukan dengan membuatnya menjadi masker. Daun seledri dan batangnya dilembutkan dengan blender dan oleskan pada kulit wajah secara merata dan diamkan antara 15 sampai 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Dengan melakukan perawatan wajah dengan daun seledri secara rutin seminggu 1 sampai 2 kali maka bermanfaat mencegah penuaan dini. Itulah pentingnya manfaat daun seledri untuk wajah dan kecantikan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang manfaat daun seledri untuk kesehatan dan efek sampingnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Khasiat Seledri Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

Loading...

Leave a Comment