Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat daun serai untuk kesehatan dan kecantikan kulit.  Daun serai sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia karena daun serai merupakan salah satu bumbu untuk banyak jenis masakan khas di indonesia. Dengan itu, serai sangat akrab bagi ibu-ibu rumah tangga karena sering menggunakannya. Selain manfaat daun serai untuk masakan ternayata memiliki manfaat untuk tubuh kita.

Loading...

Daun Serai

Serai atau sereh adalah jenis tumbuhan dari anggota suku rumput-rumputan yang di manfaatkan untuk  bumbu yang bermanfaat mengharumkan masakan. manfaat daun serai selain untuk kesehatan tubuh, ia juga banyak dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Dengan minum air serai dapat membantu mengatasi masalah jerawat, eksim dan psoriasis. Selain itu, minum teh serai dapat melancarkan aliran darah dan bisa menghambat dan mencegah penuaan dini dan menghilangkan fleks. Manfaat tersebut dapat ditemukan juga pada manfaat kunyit.

Manfaat Daun Serai

Manfaat daun serai
Manfaat daun serai untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Manfaat daun serai untuk kesehatan sangatlah banyak sekali, maka tak mengherankan jika ia sering dijadikan bahan untuk obat-obatan herbal untuk menyembuhkan berbagai masalah penyakit.

1. Mencegah Kanker

Loading...

Penelitian menemukan bahwa serai mengandung citral. Citral merupakan zat antikanker yang mampu membunuh sel-sel kanker. Namun ia menjaga sel atau jaringan yang sehat pada tubuh kita. Hal ini bukan berarti dengan mengkonsumsi air serai atau teh serai dapat menyembuhkan penyakit kanker, tapi meminumnya dapat mencegah risiko terkena kanker.

2. Menurunkan Gula Darah

Manfaat air serai atau teh serai bisa membersihkan atau detoksifikasi pada pangkreas dan meningkatkan kinerjanya. sehingga hal ini sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga mengkonsumsi serai sangat membantu bagi penderita diabetes.

3. Mengatasi Anemia

Kandungan serai kaya akan zat besi yang diperlukan untuk  sintesis hemoglobin. Sintesis hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Manfaat serai dapat mengatasi masalah anemia, terutama yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

4. Membunuh bakteri dan jamur

Serai bersifat antiseptik pada kandungannya. Dengan meminum teh sereh bisa membantu untuk menghilangkan MikroOrganisme jahat di dalam tubuh, membersihkan darah, membunuh bakteri dan menghilangkan jamur.

5. Antiradang dan Antiseptik

Sifat serai Antiinflamasi dan antiseptik, dengan sifatnya ini, serai dapat digunakan sebagai obat herbal dan alami untuk mengobati arthritis, asam urat dan radang saluran kemih.

6. Menyembuhkan Masuk Angin

Baca juga: Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Daun serai mengandung minyak serai. Minyak tersebut termasuk minyak atsiri sehingga bermanfaat untuk membantu masalah pada saluran pernapasan. Selain itu, daun serai dapat digunakan untuk meringankan gejala flu/pilek  dan demam (panas dingin) seperti pada manfaat temulawak yang mampu menghangatkan tubuh.

7. Mengeluarkan Racun

Daun serai selain bersifat  antioksidan, antiseptik dan diuretik dari daun serai menjadikan herbal ini sangat penting untuk menu diet saat detoksifikasi. Detoksifikasi ini sangat membantu untuk membersihkan  pada ginjal, hati, pangkreas, kandung kemih dan meningkatkan sirkulasi darah. Sifat deuretik daun sereh mampu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh Anda.

8. Mengatasi Insomnia

Sulit tidur dapat terjadi karena ketidakseimbangan dalam tubuh, atau bisa disebabkan oleh gangguan saraf. Efek menenangkan pada serai mampu meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi masalah gangguan sulit tidur.

9. Menurunkan Berat Badan

Daun serai yang dibuat untuk teh mampu membantu untuk melunturkan lemak  dalam tubuh. Sifat diuretiknya bisa melancarkan buang air besar (BAB). Hal ini sangat efektif dan cepat dalam menurunkan berat badan.

10. Mengurangi Kolesterol

Daun serai memiliki kandungan antikolesterol dan antiaterosklerosis. Kedua fungsi tersebut mampu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus, serta oksidasi kolesterol jahat dalam darah, sehingga mampu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah yang menjadi pemicu penyakit jantung.

11. Mencegah Hipertensi

Kandungan potassium pada daun serai yang tinggi akan mendorong deuritis, sehingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan menyetabilkan tekanan darah. Rutin minum teh daun serai dapat mencegah penyakit hipertensi.

12. Mengobati Mulas (Gastritis)

Secangkit teh daun serai hangat dapat menyembuhkan mulas dan gangguan pencernaan yang disebabkan oleh naiknya  asam lambung dalam perut. Teh daun serai juga bisa digunakan untuk terapi yang berguna untuk mengurangi penyakit mulas atau gastritis.

13. Meningkatkan sistem saraf

Daun serai mengandung magnesium , fosfor dan folat yang berguna untuk perkembangan dan fungsi sistem saraf sebagai nutrisi pentingnya. Selain itu, daun serai mampu meningkatkan konsentrasi, memori dan meningkatkan fungsi otak untuk memproses informasi.

Khasiat dan Manfaat Daun serai Untuk Kulit

khasiat dan manfaat serai selain untuk kesehatan, ternyata bisa digunakan untuk perawatan kulit, yang bisa membuat kulit menjadi sehat. Manfaat daun serai untuk kecantikan kulit ini, karena serai mampu memurnikan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah. Peredaran darah yang lancar dalam tubuh, akan mencegah dari penuaan dini dan flek-flek hitam. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup Anda meminum teh daun serai secara rutin.

Daun serai merupakan rempah yang sangat dikenal pada masyarakat indonesia dan penggunaannya meluas untuk masakan di kawasan asia. Penggunaan daun serai ini biasanya dengan dihancurkan terlebih dahulu untuk mendapatkan aroma lemon yang membuat wangi masakan.

Daun serai juga digunakan untup sup, kaldu, kari,saus dan teh. Selain itu dengan memotongnya menjadi irisan kecil yang dibumbuhkan pada salad. Daun, batang dan umbi serai dapat digunakan untuk berbagai manfaat kesehatan tubuh manusia bahkan hewan peliharaan. Untuk memaksimalkan manfaat daun serai ini, sebaiknya dibuat untuk minuman yaitu teh daun serai atau teh serai.

Demikianlah manfaat daun serai untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

 

Loading...

Leave a Comment