Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun singkong tidak hanya untuk kebutuhan perut saja, namun ada beberapa manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi pada daun singkong sangat baik untuk kesehatan, bahkan untuk perawatan kecantikan.

Loading...

Masyarakat indonesia banyak yang mengenal daun singkong. Daun ini digunakan untuk alternatif sayuran. Daun singkong ini adalah sayuran yang unik, yang bisa menambah nafsu makan. Bagi yang sering mampir ke warung makan padang, tentu tak asing lagi dengan olahan masakan daun singkong ini.

Diantara kegunaan daun singkong yang banyak diketahui masyarakat, yaitu untuk mengatasi anemia, karena daun singkong memiliki kandungan zat besi yang baik untuk mengobati kurang darah.

Tidak hanya itu saja, menurut penelitian manfaat daun singkong masih banyak lagi. Berikut ini ulasan lengkapnya versi Waras Sehat.

Kandungan Daun Singkon

Daun singkong mengandung nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan sebagai obat untuk penyakit, bahkan untuk membantu Anda dalam perawatan kecantikan. Apa saja kandungan daun singkong. Kandungan gizi daun singkong antara lain sebagai berikut.

Loading...
  • protein,
  • serat,
  • kalori,
  • lemak,
  • karbohidrat,
  • Vitamin A,
  • vitamin C,
  • vitamin B17.

Daun singkong juga memiliki kandungan mineral, antara lain: fosfor, kalsium dan zat besi. Dari kandungan nutrisi tersebut, daun singkong memiliki kandungan tinggi ada pada, protein, serat, lemak, karbohidrat dan kalori.

Manfaat Daun Singkong Untuk Pengobatan

manfaat daun singkong

Ada banyak manfaat dan khasiat daun singkong, khususnya untuk kesehatan dan pengobatan masalah penyakit. Dan berikut adalah manfaatnya:

1. Mengatasi Stroke

Stroke merupakan penyakit yang ganas dan berbahaya yang menyebabkan kematian. Dan stroke termasuk jenis penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak masyarakat indonesia.

Menurut penelitian, bahwa daun singkong merupakan obat untuk menyembuhkan penyakit stroke. Hal ini karena pada daun singkong mengandung isoflavon. Dan kandungan itulah yang menjadikan daun singkong menjadi obat alami untuk stroke.

2. Menyehatkan Mata

Daun singkong berkhasiat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata Anda. Daun singkong tinggi kandungan vitamin A, hal tersebut menjadikan daun singkong sangat baik untuk kesehatan mata Anda.

Untuk mendapatkan khasiat pada kesehatan mata, Anda cukup dengan mengkonsumsi makanan olahan daun singkong minimal satu kali dalam seminggu.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun singkong juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. manfaat ini, bisa menangkal dan menghindarkan tubuh dari serangan penyakit. Hal ini karena pada daun singkong mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan vitamin C inilah akan membuat daya tahan tubuh Anda meningkat sehingga tidak mudah sakit.

4. Anti Osteoporosis

Baca juga: Penyebab Osteoporosis Pada Pria Dan Wanita

Mengkonsumsi makanan olahan daun singkong bermanfaat untuk pencegahan tulang keropos atau osteoporosis. Daun singkong memiliki kandungan fosfor dan kalsium, dua zat tersebut terkenal manfaatnya untuk menjaga kesehatan tulang.

Dengan mengkonsumsi daun singkong maka tulang Anda akan sehat dan itu berarti Anda akan terhindar dari masalah tulang keropos.

5. Obat Sakit Kepala

Khasiat daun singkong sebagai obat sakit kepala. Cara menyembuhkan sakit kepala dengan daun singkong cukup mudah. Anda cukup mengkonsumsi daun singkong yang di rebus atau memasaknya tanpa dengan santan.

6. Penyembuh Dan Mengeringkan Luka Luar

Tidak hanya untuk menyembuhkan sakit kepala, daun singkong juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka.  Kandungan zat besi pada daun singkong yang mampu mempercepat proses penyembuhan dan pengeringan luka.

7. Mencegah Penuaan

Mengkonsumsi daun singkong bisa bermanfaat untuk antiaging atau obat awet muda. Khususnya bagi wanita yang ingin terlihat awet muda, konsumsilah daun singkong minimal seminggu sekali. Anda tidak perlu lagi mencegah penuaan dengan melakukan operasi plastik atau yang lainnya. Cukup makan daun singkong maka akan Anda dapatkan wajah awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

Manfaat Daun Singkong Untuk Penyakit

Daun singkong merupakan bahan herbal yang biasa digunakan untuk obat tradisional. Pengobatan tradisional yang menggunakan daun singkong bisa menyembuhkan beberapa penyakit dan masalah kesehatan. Diantaranya, untuk menyembuhkan cacingan dan membantu meredakan rasa nyeri karena radang sendi atau arthritis dan nyeri rematik.

Di bawah ini adalah manfaat pengobatan yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan daun singkon, yaitu:

1. Rematik

Jika Anda punya penyakit rematik, ada cara mudah untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan daun singkong. Caranya cukup mudah, Sediakan 100 gram daun singkong, , satu batang serai, 15 gram jahe. Kemudian rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum 2 kali sehari pagi dan sore, maka rematik Anda akan sembuh.

2.  Luka Luar

Daun singkong bisa digunakan untuk obat luka luar. Dengan ramuan daun singkong ini, akan mempercepat penyembuhan dan pengeringan luka luar seperti lecet dan lain sebagainya. Ambil 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah dan  sirih secukupnya. Haluskan semua bahan lalu oleskan pada luka.

3. Kurang Darah (Anemia)

Untuk obat anemia dengan menggunakan daun singkong, Anda cukup dengan rutin mengkonsumsi rebusan daun singkong untuk dimakan.

Jadikan rebusan daun singkong menu makanan Anda selama mengalami anemia. Untuk memaksimalkan khasiatnya Anda bisa menambahkan minum madu setelah makan rebusan daun singkong tersebut.

Walaupun rasanya agak sedikit pahit, namun daun singkon memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Itulah ulasan mengenai manfaat daun singkong bagi kesehatan.

Loading...

Leave a comment