9 Manfaat Daun Sirsak dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Manfaat daun sirsak dan efek sampingnya bagi kesehatan. Pengolahan daun sirsak yang benar memiliki manfaat untuk kesehatan. Bahkan dengan merebusnya secara tradisional dapat menjadi obat alami untuk berbagai penyakit. Jenis penyakit yang bisa diobati dengan ramuan sirsak seperti penyakit jantung, diabetes,  kanker, kolesterol, asam urat, penyakit paru-paru, kista ovarium dan masih banyak lainnya. Hal itu dikarena banyak kandungan nutrisi, protein dan senyawa acetogenin. Senyawa acetogenin memiliki kegunaan sebagai antiperadangan, antivirus, antimikroba dan antiparasit. Dengan senyawa tersebut membuat daun sirsak memiliki khasiat yang luar biasa untuk penyembuhan penyakit dalam.

Loading...

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak sebagai pengobatan tradisional yaitu dengan cara merebusnya untuk dijadikan ramuan herbal. Bahkan khasiat daun sirsak tidak hanya untuk kesehatan saja, tapi juga berguna untuk kecantikan kulit seperti untuk menghilangkan jerawat. Cara merebus daun sirsak yang benar yaitu disesuaikan dengan keperluannya. Tentu beda cara, jika ingin meramu daun sirsak untuk obat kanker dengan meramu untuk obat alami kolesterol. Nah, agar lebih jelasnya tentang apa saja manfaat daun sirsak dan cara merebusnya untuk pengobatan penyakit, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat daun Sirsak dan Cara Mengolahnya Serta Efek Samping Meminumnya

manfaat daun sirsak

Memang banyak khasiat kesehatan yang bisa dimanfaatkan dari merebus daun sirsak. Namun penting juga untuk Anda ketahui cara meminumnya yang benar. Hal itu untuk menghindari efek samping daun sirsak. Penggunaan rebusan daun sirsak yang berlebihan dalam meminumnya dan terlalu sering akan mendatangkan risiko terkena masalah kesehatan lain. Untuk itu, penting Anda mengetahui manfaat daun sirsak untuk pengobatan dan cara mengolah sekaligus efek samping yang ditimbulkan. Berikut manfaat daun sirsak dan cara merebusnya yang benar.

1. Mengobati kanker

Loading...

Ternyata daun sirsak adalah obat kanker. Manfaat daun sirsak untuk kanker ini dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menyatakan bahwa dengan merebus daun sirsak dan meminumnya secara tepat bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan membantu penyembuhan kanker dengan lebih cepat. Berikut ini cara mengolah daun sirsak untuk obat kanker, yaitu:

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak yang masih segar, kemudian cuci bersih dengan air.
  • Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya.
  • Minum rebusan daun sirsak dalam keadaan hangat atau dingin 2 kali sehari berturut-turut dalam seminggu.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat daun sirsak untuk kolesterol yaitu mampu dengan cepat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Kolesterol jahat yang tinggi kadarnya merupakan penyebab penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Untuk menghindari penyakit berbahaya tersebut maka perlu langkah untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi kolesterol yaitu dengan menggunakan rebusan daun sirsak kemudian meminumnya. Manfaat daun sirsak untuk kolesterol diyakini mampu menongontrol kadarnya agar tetap stabil. Nah, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi untuk mengatasinya cukup dengan meminum rebusan daun sirsak secara teratur setiap hari. Berikut ini cara merebus daun sirsak untuk kolesterol secara tradisional, yaitu:

  • Siapkan  7 sampai 15 lembar daun sirsak segar
  • Rebus dengan air 4 gelas atau setara dengan 800 ml hingga menjadi separuhnya
  • Minum dalam keadaan hangat.
  • Anda bisa dicampurkan dengan gula atau madu agar lebih bagus khasiatnya dan lebih enak.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Menyembuhkan asam urat

Manfaat daun sirsak untuk asam urat yaitu dapat menurunkan kadar purin yang tinggi. Purin inilah yang menjadi penyebab asam urat mengalami rasa sakit pada persendian. Dengan merebus daun sirsak bisa dibuat menjadi obat tradisional untuk asam urat tersebut. Cara menyembuhkan asam urat dengan daun sirsak sama dengan cara-cara diatas yaitu dengan merebusnya menjadi ramuan tradisional untuk diminum penderita asam urat. Berikut ini cara merebus daun sirsak untuk asam urat, yaitu:

  • Siapkan  6 sampai 10 helai daun sirsak yang masih segar dan cuci hingga bersih.
  • Rebus dengan2 gelas air sampai mendidih atau tersisa setengahnya.
  • Diamkan agar dingin dan minum 2 kali, pagi dan sore hari.

4. Mengobati rematik dan nyeri punggung

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa daun sirsak memiliki sifat antiperadangan. Manfaat daun sirsak untuk rematik yaitu dapat menyembuhkan rasa nyeri karena rematik. Selain itu bisa juga meringankan sakit pada tulang punggung. Cara menyembuhkan rematik dengan daun sirsak tidak dengan diminum, melainkan dengan menempelkan atau mengoleskannya pada bagian yang sakit. Caranya cukup mudah, sipakan segenggam daun sirsak kemudian rebus setelah itu buat menjadi halus dan oleskan pada bagian sendi yang sakit. Lakukan 2 kali sehari pagi dan malam maka rematik akan sembuh.

5. Mengobati diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan kadar gula darah yang tinggi. Ternyata memanfaatkan daun sirsak bisa membantu mengobatinya. Diantara manfaat daun sirsak untuk diabetes antara lain menurunkan kadar gula darah yang tinggi dan mengontrolnya agar tetap stabil. Berikut ini cara mengolah daun sirsak untuk diabetes yaitu:

  • Sediakan  2-5 helai daun sirsak kemudian cuci sampai bersih.
  • Rebus kedalam 4 gelas air sampai mendidih sampai tersisa setengahnya.
  • Minum air rebusan daun sirsak tersebut 2 kali pagi dan malam.

Baca juga: Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

6. Mengobati eksim

Daun sirsak tidak hanya untuk penyakit dalam saja, untuk penyakit luar seperti borok, korengan, dan eksim bisa menyembuhkannya. Manfaat daun sirsak untuk eksim yaitu membantu mengurangi peradangannya dan menghilangkan rasa gatal. Cara mengobati eksim dengan daun sirsak tidak sulit melakukannya, cukup dengan menaruh daun sirsak yang telah ditumbuk halus ke bagian kulit yang ber eksim secara teratur setiap hari.

7. Mengobati kanker kista

Daun sirsak bisa membantu menyembuhkan penyakit kista. Hal itu karena daun sirsak memiliki sifat antiperadangan, antivirus dan antimikroba dan masih banyak sifat penangkal lain pada daun sirsak. Manfaat daun sirsak terbaru disebut mampu menjadi alternatif pengobatan penyakit kista yang ampuh. Berikut ini cara mengolah daun sirsak untuk penyakit kista ovarium, yaitu:

  • Siapkan 10 daun sirsak yang masih segar, kemudian cuci bersih
  • Rebus dengan air sebanyak 4 gelas dan biarkan mendidih hingga menjadi setengahnya
  • Saring air rebusan daun sirsak tersebut dan minum 2 kali sehari secara rutin

8. Mengobati bisul

Manfaat daun sirsak untuk bisul yaitu akan menyembuhkan dalam waktu yang relatif cepat secara alami. Penggunaan yang rutin setiap hari akan mengobati bisul dalam seminggu. Berikut ini cara mengolah daun sirsak untuk bisul dan cara meminumnya, yaitu cukup dengan menghaluskan daun sirsak yang masih muda sebanyak 5-10 helai kemudian tempelkan pada bisul hingga bisul mengering.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun sirsak untuk obat jantung diakui oleh beberapa kalangan peneliti. Mengolah daun sirsak dengan merebus menjadi ramuan dan diminum secara rutin akan mengatasi masalah kesehatan pada jantung Anda. Berikut adalah cara mengolah daun sirsak untuk obat jantung, yaitu:

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak, kemudian cuci hingga bersih.
  • Rebus dengan 4 gelas air selama 15 menit atau sampai tersisa setengahnya.
  • Minum 2 kali sehari pagi dan sore.
  • Dengan meminumnya secara teratur akan mencegah dan mengatasi penyakit jantung secara alami.

Selain manfaat daun sirsak tersebut, ternyata meminum daun sirsak juga bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Berikut ini efek samping daun sirsak antara lain, bisa menyebabkan dehidrasi, sembelit, gangguan asam lambung, gangguan ginjal, gangguan fungsi hati, dan sakit sendi dan otot. Namun jangan khawatir dengan mengikuti cara minum rebusan daun sirsak yang benar maka mampu mencegah efek samping daun sirsak tersebut. Selain itu untuk lebih jelasnya berikut ini cara mencegah efek sampingnya, yaitu:

  • Gunakan daun sirsak yang masih segar.
  • Minum sesuai dengan anjuran pengobatan, jangan terlalu banyak dan sering.
  • Jangan minum air rebusan sirsak dengan mengkonsumsi obat kimia.
  • Bisa mencampurkan bahan herbal lain seperti madu agar lebih menyehatkan.

Demikianlah banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan cara menggunakannya. Semoga informasi resep tradisional dengan memanfaatkan daun sirsak tadi bisa berguna untuk pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Loading...

Leave a Comment