Daun Thyme: Sifat dan Manfaat Daun Thyme Menurut Islam

WarasSehat.com – Daun thyme merupakan tanaman obat yang mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiatnya dalam pengobatan penyakit dan kesehatan manusia. Manfaat daun thyme diantaranya adalah mengobati penyakit batuk, penyakit asma dan lain sebagainya.

Loading...

Thyme adalah tanaman yang beraroma wangi, banyak di jual di pedagang rempah-rempah dalam bentuk bubuk dalam wadah. Selain mempunyai manfaat pada pengobatan, ternyata daun thyme juga digunakan sebagai pengawet makanan.

manfaat daun thyme
Sumber Image : Merdeka.Com

Tanaman thyme merupakan jenis tanaman obat atau Herbal Medicine. Ia banyak ditanam di daerah semenanjung laut tengah. Tanaman ini juga banyak ditanam di negara yunani dan di asia kecil. Sekarang , penanaman thyme telah menyebar luas sehingga kemudian muncul istilah kemangi iran, kemangi yordan, kemangi pakistan dan lainnya.

Manfaat Daun Thyme Sebagai Obat Penyembuh Herbal

Tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiatnya. Sebagai mana disebutkan dalam kitab At-Tadzkirah adalah sebagai berikut:

Khasiat daun thyme sebagai penguat dan melancarkan darah haid, serta memperkuat organ dalam perut. tanaman kemangi atau thyme juga berfungsi sebagai antibodi, penawar obat kejang otot (tetanus) dan penyakit radang pernafasan pada hidung yang berlendir dan tersumbat taraf akut.

Loading...

Daun thyme yang dimasak, direbus bersama dengan buah tin bermanfaat menyembuhkan penyakit asma dan batuk-batuk yang disertai sesak nafas. Sedang daun thyme yang di campur dengan keju segar akan berkhasiat bagi siapa saja yang ingin menggemukkan badan.

Disebutkan pula dalam ilmu kedokteran kuno, bahwa daun thyme atau kemangi adalah termasuk diantara tanaman obat anti toksin. Ia dapat menyembuhkan hampir sebagian besar racun-racun yang berbahaya dalam tubuh. Maka dengan merebus daun tanaman ini bersama air minum dapat menyembuhkan racun yang disebabkan oleh gigitan serangga.

Manfaat Daun Thyme Menurut Para Ahli Pengobatan

Para pakar kesehatan menyebutkan beberapa khasiat daun thyme bagi penyembuhan dan kesehatan, diantara manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Manfaat daun thyme juga bisa menyembuhkan masuk angin, mual dan mulas.
  • Dengan menyebarkan daun thyme bermanfaat unuk mengusir serangga-serangga beracun.
  • Berkumur dengan daun thyme yang direbus dengan air cuka dan tanaman cumin berkhasiat mengobati sakit gigi dan tenggorokan
  • Merebus daun thyme dicampur dengan buah tin akan berkhasiat menyembuhkan sakit asma, membersihkan lendir dan kotoran-kotoran lain dalam organ pernafasan.
  • Merebus daun thyme dengan seledri akan bermanfaat melancarkan buang air kecil.
  • Merebus daun thyme dengan bunganya akan berkhasiat melancarkan haid.

Itulah ramuan rebusan daun thyme untuk diminum maka manfaat diatas akan Anda peroleh. Sementara itu, mengkonsumsi daun kemangi atau thyme dengan ditambah madu maka akan berkhasiat batuk dan mengeluarkan dahak. Memakan daun thyme sangat baik untuk menghilangkan mual , mulas dan kembung pada perut.

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Islam

Mengkonsumsi makanan daun thyme yang dicampur dengan air cuka, berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab serangan jantung dan berkhasiat mencairkan endapan kolesterol dalam saluran darah. Apabila dikonsumsi dengan makanan yang keras maka akan melembutkan dan menghaluskan dalam lambung, sehingga lambung mudah mencernanya.

Jika daun kemangi dicampur direbus dengan buah jujube, kemudian diminum airnya, berkhasiat untuk mencairkan darah yang membeku. Apabila direbus dengan madu lalu diminum airnya maka akan bermanfaat mengobati mual dan mulas serta membunuh cacing-cacing dalam perut.

Jika memakannya dengan buah tin maka bisa berkhasiat meningkatkan produksi keringat dan memperindah dan meremajakan kulit sehingga akan terlihat lebih muda dan bersinar kulitnya.

Sifat Daun Thyme

Sifat tanaman thyme adalah berfungsi sebagai pembangkit dan penggerak, menghilangkan gas-gas beracun, dan penyembuh diare. Kegunaan daun thyme juga dimanfaatkan sebagai bahan pasta gigi, karena ia bermanfaat membersihkan gigi dan pembersih mulut. Ia juga bermanfaat sebagai penggerak bagi membran selaput lendir dan menguatkannya.

Daun thyme juga berkhasiat menyembuhkan flu atau pilek, disebutkan pula bahwa daunnya berkhasiat menambah berat badan, karena ia membantu dalam proses mengunyah dan mencerna zat-zat lemak. Maka mengkonsumsi thyme dengan daging dan ikan, keju dan mentega dapat menggemukkan badan.

Ibnu sina pun bertutur mengenai daun thyme.

Bahwasanya khasiat yang paling ampuh dari tanaman thyme adalah dengan yang tumbuh di daratan liar, dengan mengunyahnya, maka ia dapat menyembuhkan penyakit gigi dan menyembuhkan peradangan pada gusi, berkat kekuatan khasiat tanaman ini yang mujarab.”

Penuturan Raja Yusuf At-Turkimani Tentang Manfaat Daun Thyme

Raja Yusuf at-Turkimani adalah pakar kesehatan dan penyembuhan herbal, ia menuturkan seputar khasiat daun thyme.

Tanaman ini adalah penyembuh masuk angin, pencerna dan penghacur makanan yang keras, melancarkan air seni dan haid, menajam kan pandangan mata, sebagi penghangat organ dalam perut dan hati dari kedinginan, melunakkan campuran zat-zat yang keras dan membuka penyumbatan-penyumbatan pada pembuluh darah. Ia juga bermanfaat meringankan rasa sakit pada rahim dan kandumg kemih.

Jika thyme dicampur dengan madu dan meminumnya akan mempertajam pandangan mata dan meningkatkan kesehatan mata, mengendalikan kesadaran otak dari imajinasi atau halusinasi sebagai efek negatif yang ditimbulkan oleh otak yang panas.

Baca juga: Manfaat Dan Khasiat Gandum Untuk Kesehatan Menurut Islam

Diantara khasiat-khasiat medis dari tanaman thyme adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan darah dan meningkatkan proses peredaran darah dalam tubuh.
  • Melindungi organ jantung dan menguatkan otot-ototnya, serta membuka penyumbatan-penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang dapat membahayakan fungsi organ hati.
  • Dapat mengobati rasa nyeri pada organ dada.
  • Berkhasiat menyembuhkan rasa sakit pada punggung dan peradangan-peradangan dalam persendian tubuh.
  • Berfungsi menanggulangi penyumbatan pada hati dari kotoran-kotoran dan menghilangkan timbunan lemak yang melekat di dalamnya.
  • Ia juga mampu melancarkan air seni, haid dan air susu ibu.
  • Daun thyme merupakan tanaman yang bisa membersihkan organ dalam perut yang paling utama, sekaligus sebagai motor penggerak dan membantu pengatur proses pencernaan yang berlangsung di dalamnya.
  • Dengan mengunyahnya maka akan berkhasiat melindung gigi dari kerusakan dan keropos.
  • Tanman atau daun thyme yang direbus berkhasiat mengobati penyakit batuk, menghilangkan dan mengeluarkan dahak serta menyembuhkan asma.
  • Tanaman thyme berkhasiat menyembuhkan dan mengatasi kerontokan rambut.

Demikianlah banyak manfaat dan keistimewaan manfaat daun thyme bagi penyembuhan penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat dan salam sehat.

Loading...

Leave a Comment