7 Manfaat Garam Untuk Gigi dan Mulut Serta Cara Menggunakannya

Manfaat garam untuk gigi dan mulut serta cara menggunakannya. Garam yang kita ketahui merupakan bumbu dapur ternyata memiliki banyak manfaat, khususnya kesehatan mulut dan gigi. Bahkan salah satu manfaat yang sering kita dengar bahwa air garam bisa meringankan sakit gigi. Tidak hanya itu saja, banyak manfaat lain dari garam tersebut yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah gigi dan mulut.

Para ahli percaya bahwa manfaat garam untuk gigi  dan mulut didapat dari kandungannya. Kandungan nutrisi pada garam diyakini mampu membunuh bakteri dan kuman sehingga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah gigi seperti gigi berlubang, berkarang, sakit gigi dan lainnya. Disamping itu, sifat bleaching garam untuk gigi ampuh memutihkan gigi dan bahkan untuk merontokkan karang gigi. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa saja manfaat garam untuk gigi dan kesehatan mulut, simak lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Garam Untuk Gigi dan Kesehatan Mulut

manfaat garam untuk gigi

Dengan menggunakan garam untuk gigi secara utuh atau dengan menambahkan air atau dijadikan larutan garam akan memiliki efek kesehatan yang menakjubkan. Berikut ini adalah manfaat garam untuk gigi dan mulut serta cara menggunakannya, yaitu:

Loading...

1. Mencegah gigi berlubang

Manfaat garam untuk gigi yang pertama adalah kemampuannya untuk mencegah terjadinya gigi berlubang. Gigi berlubang bisa menjadi penyebab sakit gigi dan menjadi penyebab paling banyak pada kasus sakit gigi di masyarakat. Nah, jika tidak ingin memiliki gigi berlubang Anda bisa memanfaatkan air garam sebagai pencegahannya. Cara mencegah gigi berlubang dengan garam yaitu dengan berkumur air garam. manfaat air garam untuk gigi dipercaya mampu mengurangi risiko gigi berlubang.

2. Menghilangkan gigi berkarang

Selanjutnya, manfaat garam untuk gigi yaitu dapat digunakan untuk mengatasi karang gigi yang membandel untuk dihilangkan. cara memutihkan gigi dengan garam dan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya, cukup Anda sediakan sikat gigi yang telah dibasahi. Kemudian celupkan pada garam selanjutnya menggosokannya pada gigi yang berkarang gigi. Agar lebih ampuh bisa menambahkan baking soda atau soda kue.

3. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi memang sangat menyiksa. Rasa sakitnya bisa mengganggu penderitanya menjadi tidak nyaman dan sakit kepala. Garam memiliki manfaat untuk mengatasi sakit gigi, Hal itu tak lepas dari kandungan garam yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Untuk mengobati sakit gigi agar cepat dan alami yaitu dengan menambahkan bawang putih. Bawang putih memiliki manfaat antiseptik, antiradang, antibakteri yang membantu proses penyembuhan gigi tersebut. Berikut ini cara mengatasi sakit gigi dengan garam dan bawang, yaitu:

  • Siapkan 1 sendok teh garam, dan 3 siung bawang putih
  • Tumbuk garam dan bawang putih hingga lembut seperti pasta
  • Oleskan pada gigi yang sakit dan gusi yang bengkak dan diamkan beberapa menit.
  • Kumur hingga bersih dan kemudian sikat gigi Anda seperti biasa maka rasa sakit dan nyeri akan hilang.

4. Memutihkan gigi

Jika Anda memiliki gigi yang kuning akibat rokok atau minum kopi atau karena penyebab lainnya maka garam bisa menjadi obat alami memutihkan gigi tersebut.  Manfaat garam untuk gigi bisa membantu memutihkannya secara cepat dan alami. Nah, berikut ini cara memutihkan gigi dengan garam. Ambil garam dan masukkan ke dalam mangkuk. Celupkan sikat gigi pada garam tersebut kemudian gunakan untuk menggosok gigi seperti biasa. Setelah itu berkumur sampai bersih.

5. Menghilangkan bau mulut

Selain manfaat garam untuk gigi, garam juga berguna untuk mengatasi masalah bau mulut yang tak sedap. Penggunaan sedikit garam yang dilarutkan dengan air mampu menekan pertumbuhan dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Cara mengatasi bau mulut dengan garam, cukup dengan mencampur 1 sendok teh garam pada setengah gelas air kemudian aduk agar tercampur rata. Kumur dengan air tersebut berulang-ulang dan bilas hingga bersih.

6. Mengatasi gigi sensitif

Seseorang yang memiliki gigi sensitif akan mudah terkena masalah gigi ngilu. Gigi mudah terasa ngilu jika mengkonsumi makanan dan minuman yang panas atau dingin. Jika Anda mempunyai gigi sensitif dan sering mengalami ngilu maka tak perlu khawatir untuk mengatasinya. Manfaat garam untuk gigi lainnya adalah mampu mengatasi gigi sensitif. Berikut ini cara mengatasi gigi sensitif yang sering ngilu dengan garam. Gunakan air garam untuk berkumur setiap merasa ngilu seperti saat makan atau minum air yang panas atau dingin.

7. Mengatasi gusi bengkak dan sakit tenggorokan

Masalah kesehatan yang mampu diatasi oleh garam selanjutnya adalah gigi bengkak dan sakit tenggorokan. Ternyata selain manfaat garam untuk gigi, Anda juga bisa memanfaatkan garam untuk obat alami gusi dan tenggorokan. Sifat anti peradangan yang dimiliki garam mampu mengatasi gusi yang bengkak akibat sakit gigi dan tenggorokan yang sakit karena panas dalam dan lainnya. Cukup dengan berkumur dengan air garam selama mengalami gusi bengkak dan tenggorokan. Selain itu, Manfaat berkumur dengan air garam  dapat  membantu menguatkan gusi.

Demikianlah manfaat garam untuk gigi dan mulut dan cara menggunakannya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Loading...

One Response for 7 Manfaat Garam Untuk Gigi dan Mulut Serta Cara Menggunakannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *