8 Manfaat Gula Aren Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Diet

Manfaat gula aren asli untuk kesehatan dan kecantikan serta diet sehat. Gula aren sering dikenal dengan sebutan gula merah atau gula jawa. Jenis pemanis ini terbuat dari cairan yang keluar dari bunga pohon seperti aren, kelapa dan siwalan. Gula aren biasanya digunakan sebagai pemanis pengganti gula pasir, berbeda dengan gula pasir, teksturnya yang kasar bukan kristal dan berwarna merah. Warna merah itulah membuat orang menyebut gula aren dengan gula merah.

Loading...

Manfaat gula aren untuk kesehatan, kandungan kalorinya yang rendah menjadikan peminum gula aren tidak menyebabkan kegemukan, penambah tenaga, mencegah anemia dan bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun tetap saja dalam penggunaan batas yang wajar. Tidak hanya hanya berguna untuk kesehatan saja, Manfaat gula aren untuk kecantikan dan diet menurunkan berat badan secara alami juga.

Manfaat Gula Aren Untuk Tubuh dan Efek Sampingnya

manfaat gula aren
Sumber gambar via fakta.co.id

Gula aren memiliki indeks glikemik (IG) kategori rendah yaitu 35. Meskipun rendah, tetap saja memiliki efek samping bagi penderita diabetes yang dianjurkan untuk menghindarinya. Efek samping gula aren asli akan menaikkan gula darah pada penyakit diabetes jika diminum terlalu sering atau dalam jumlah yang banyak. Setelah mengetahui efek samping gula aren, berikut ini manfaat gula aren untuk tubuh adalah:

1. Penambah Energi atau Tenaga

Manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh yang pertama yaitu bisa menambah tenaga. Memang kalori pada gula aren atau gula merah lebih rendah dibandingkan gula pasir, Namun gula aren cukup bagus sebagai penambah tenaga alami. Bahkan banyak pendaki yang membawa gula aren asli sebagai makanan atau minum penambah tenaga saat merasa lelah saat berjalan.

Loading...

Baca juga: 6 Manfaat Tauge Bagi Kesehatan Tubuh dan Kesuburan Pria Wanita

2. Pencegah Anemia

Manfaat gula aren untuk kesehatan lainnya yaitu mampu mencegah risiko terkena anemia atau kurang darah. Dengan membiasakan minum gula aren atau makan olahan gula aren setiap hari maka akan menjauhkan kurang darah yang membuat tubuh lemah, lesu cepat lelah dan mudah merasa pusing dan sakit kepala. Manfaat gula merah atau gula aren untuk anemia ini tidak terlepas dari kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi pada gula aren tergolong tinggi yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi gula aren sebagai pencegahan anemia saat hamil.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Peredaran darah menentukan kesehatan, kondisi aliran darah tersumbat bisa menjadikan penyakit-penyakit ganas seperti stroke dan penyakit jantung. Nah manfaat gula aren untuk kesehatan ternyata bisa membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Mengkonsumsi gula aren merupakan upaya cara mencegah penyakit ganas seperti stroke dan penyakit jantung tersebut.

4. Menjaga Kolesterol Stabil

Selain bisa mengobati dan mencegah anemia, manfaat gula aren untuk kesehatan berikutnya yaitu menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Seperti yang diketahui bahwa kadar kolesterol tinggi merupakan pemicu atau penyebab utama penyakit yang mematikan. Kadar kolesterol tinggi adalah keadaan buruk bagi kesehatan karena bisa memicu penyakit jantung koroner, asam urat, diabetes, stroke dan sesak nafas. Nah, dengan mengkonsumsi gula aren termasuk cara mencegah penyakit-penyakit berbahaya dengan mudah.

5. Membersihkan Darah

Mengkonsumsi gula aren bisa membantu membersihkan darah. Masalah yang disebabkan oleh darah kotor biasanya akan mempengaruhi kecantikan kulit. Akibat darah yang kotor antara lain bisul, jerawat dan gatal-gatal. Jika Anda sedang mengalami jerawat akibat darah kotor maka tak perlu khawatir, konsumsilah gula aren setiap hari karena manfaat gula aren untuk kecantikan kulit yaitu mencegah jerawat dan mengatasinya.

6. Detoksifikasi

Siapa sangka mengkonsumsi gula aren bisa mengeluarkan racun-racun yang berbahaya dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi atau mengganti gula pasir dengan gula merah maka akan jauh lebih baik untuk membersihkan tubuh dari racun. Racun dalam tubuh bisa berbahaya menyebabkan penyakit yang mengganggu kesehatan. Bahkan racun-racun berbahaya tersebut bisa mengganggu kecantikan kulit seperti timbulnya penyakit gatal kronis pada kulit dan lainnya.

7. Menurunkan Berat badan

Manfaat gula aren untuk diet menurunkan berat badan secara alami. Meminumnya setiap hari akan membantun membentuk tubuh ideal dan lebih langsing. Mengkonsumsi gula aren asli baik untuk wanita yang ingin menurunkan berat badan atau mengecilkan tubuh gemuk. Cukup minum sekali gula aren setiap hari, Anda bisa mengkombinasikan dengan air jahe sebagai pengganti madu. Jahe terkenal untuk diet sehat yang bisa menurunkan berat badan secara alami dan cepat, sekaligus melangsingkan tubuh dan mengecilkan perut buncit.

8. Menyembuhkan Migrain

Salah satu manfaat aren yang ampuh dengan cepat yaitu mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah. Terbukti dengan minum atau memakan gula aren secara langsung saat mengalami migrain mampu menghilangkan migrain tersebut dengan cepat. Tidak hanya untuk sakit kepala migrain saja, bahkan dengan mengkonsumsi aren mampu menyembuhkan nyeri sendi.

Baca juga: 6 Manfaat Teh Basi Untuk Kulit Wajah dan Rambut Serta Cara Perawatannya

Loading...

Leave a Comment