Manfaat Gurah Bagi Kesehatan Tubuh dan Efeksampingnya

Manfaat gurah bagi kesehatan tubuh dan efeksampingnya. Sering kita mendengar terapi gurah atau pengobatan gurah di kalangan masyarakat. Mereka mempercayai manfaat gurah mampu menyembuhkan sejumlah penyakit, salah satunya penyakit pernapasan. Seperti flu berkepanjangan, sinusitis dan lainnya. Bahkan dalam perkembangannya, terapi gurah dimanfaatkan oleh sebagian kalangan untuk membuat suara merdu.

Loading...

Gurah merupakan terapi untuk mengeluarkan lendir kotor yang ada di dalam tubuh manusia, dengan memasukkan ramuan obat alami ke rongga hidung maupun mulut. Sejumlah penyakit seperti polip, sinus, bronkitis, asma, mengorok, flu berkepanjangan, atau sekedar suara lebih lembut dan merdu bisa diatasi dengan terapi gurah. Untuk lebih lengkapnya, apa itu gurah, manfaat gurah dan efeksamping gurah simak di bawah ini.

Pengertian Gurah. Gurah adalah sebuah metode pengobatan yang bermanfaat untuk mengeluarkan lendir-lendir kotor dari dalam tubuh dengan menggunakan ramuan-ramuan tradisional atau herbal alami yang dimasukkan melalui hidung atau mulut. Menurut caranya terapi gurah ini, beberapa jenis antara lain gurah hidung, gurah mulut, dan bahkan gurah organ kewanitaan. Untuk gurah organ kewanitaan memiliki manfaat yang berbeda.

Manfaat Gurah Hidung dan Mulut Buat Kesehatan

Metode gurah hidung dan gurah mulut ini yang paling sering dilakukan. Rasa perih dan panas akan dirasakan oleh pasien yang melakukan metode ini. khasiat gurah hidung dan mulut untuk mengeluarkan lendir-lendir dari tubuh. Sebenarnya terapi gurah sebenarnya tidaklah sakit. Rasa sakit yang dirasakan karena reaksi ramuan obat alami dan itu hanya terjadi selama 5 menit setelah ramuan obat gurah mulai bereaksi dengan ditandai mulut dan hidung mengeluarkan lendir-lendir kotor dalam tubuh.

manfaat gurah
Manfaat Gurah Bagi Kesehatan Tubuh dan Efeksampingnya

Lendir-lendir kotor yang keluar inilah merupakan kotoran di dalam tubuh yang mengandung kuman dan bakteri, serta racun yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, kopi, alkohol dan lainnya. Ada pun manfaat gurah bagi kesehatan, yaitu:

Loading...

1. Untuk Kesehatan Hidung

  • Mampu mencegah dan mengobati sumbatan-sumbatan hidung oleh lendir dan polip yang disebabkan karena polusi udara dan bau-bauan.
  • Membantu untuk mengeluarkan lendir yang kotor yang mengandung kuman, bakteri dan racun yang mengganggu sistem pernapasan.
  • Mampu membersihkan selaput paru-paru bagian dalam dan luar dari lendir dan jamur yang mengganggu kinerja paru-paru.
  • Bisa menyembuhkan penyakit sinusitis, polip, dan flu berkepanjangan.

2. Untuk Kesehatan Tenggorokan

Baca juga: Cara Mengobati Alergi dan Asma Secara Alami

  • Mencegah dan mengobati penyakit amandel
  • Menyembuhkan batuk kering, batuk berdahak dan radang pada tenggorokan.
  • Mencegah dan mengobati panas dalam dengan gejalanya seperti sering sariawan.

3. Untuk Kesehatan Lainnya

  • Dapat meningkatkan kerja otak, membuat pikiran jernih, meningkatkan kecerdasan dan kepintaran.
  • Menyembuhkan penyakit asma, bronkitis, migrain dan TBC
  • Membersihkan kotoran yang ada pada kandung kemih atau kandung kencing, sehingga terhindar dari penyakit infeksi saluran kencing (ISK)
  • Mampu menyembuhkan penyakit ginjal dengan menghancurkan batu ginjal dan membantu membersihkan ginjal.
  • Dapat menjaga tekanan darah sehingga tekanan darah menjadi normal, gurah sangat membantu bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Membersihkan pita suara sehingga suara akan jernih dan merdu. Hal ini berguna bagi orang membutuhkan dukungan suara pada kerjanya, seperti penyanyi.

Alasan orang memilih menggunakan terapi gurah untuk pengobatan dan menjaga kesehatan, yang pertama adalah Alami. Pengobatan terapi gurah sangat aman karena menggunakan obat tradisional dari bahan herbal alami tanpa campuran zat kimia. yang kedua efisien, harga pengobatan gurah cukup terjangkau atau murah dibandingkan dengan pengobatan medis. Nah itulah manfaat terapi gurah untuk kesehatan dan kelebihannya.

Efeksamping Gurah Hidung dan Mulut

Gurah memang memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan kita. Namun pengobatan terapi gurah memiliki efeksamping. Efeksamping terapi gurah baik itu gurah hidung atau gurah mulut yaitu tidak ada takaran jelas pada obat tradisional yang digunakan. Maka hal ini bisa menyebabkan rawan terjadi kelebihan dosis dan pada orang tertentu bisa menyebabkan penyakit.

Selain itu, pemakaian obat tradisional yang berlebihan atau sering melakukan terapi gurah bisa menyebabkan gangguan pada organ seperti tuli dan gangguan organ lainnya. Bagi wanita gurah yang berlebihan menyebabkan gangguan menstruasi. Meskipun menggunakan obat ramuan tradisional, namun untuk orang yang memiliki penyakit tertentu bisa menyebabkan gangguan lain. Misalnya bahan herbal yang digunakan merupakan pantangannya.

Seperti pada pengobatan yang lain, terapi gurah juga memiliki beberapa pantangan. Berikut ini adalah Makanan dan minuman pantangan gurah yang harus dihindari yaitu, Minum es, makanan berlemak seperti gorengan, makanan pedas. Pantangan gurah bukan seperti pantangan pada penyakit pada umumnya. Ini merupakan saran atau anjuran saja selama beberapa hari kedepan setelah terapi gurah dilakukan, untuk mengurangi jenis makanan dan minuman tersebut agar manfaat gurah optimal.

Pengobatan terapi gurah untuk penyakit yang kronis bisa membutuhkan pengobatan 3 bulan yang dilakukan secara berkala. Namun pada penyakit jenis ringan bisa dilakukan cukup dengan sekali pengobatan saja. Demikianlah pembahasan tentang manfaat gurah bagi Kesehatan tubuh dan efeksampingnya, semoga bermanfaat bagi semua pembaca dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Pengobatan Sinusitis Tanpa Operasi Secara Tradisional

Loading...

Leave a Comment