Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan. Ikan tuna merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan rendah kalori, tetapi mempunyai kandungan protein yang tinggi yang bermanfaat untuk otak. Manfaat ikan tuna untuk kesehatan tersebut berasal dari Asam Omega 3 lemak tak jenuh ganda yang populer disebut dengan Omega 3.

Loading...

Penelitian menemukan bahwa makan ikan dua atau tiga kali dalam seminggu akan mendapatkan manfaat dan keuntungannya. Ikan tuna kaya akan kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, ada banyak kandungan penting pada ikan tuna bagi kesehatan.

Kandungan Ikan Tuna

  • Protein
  • Amino Acid
  • Kalori
  • Vitamin
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Mineral

Manfaat Ikan Tuna

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan
Manfaat ikan tuna untuk kesehatan

Manfaat untuk ikan tuna untuk kesehatan sangat penting. Berikut adalah manfaat pentingnya yang baik untuk kesehatan.

1. Kesehatan Jantung

Loading...

Kandungan Omega 3 pada ikan tuna dapat meningkatkan konsentrasi kolesterol baik (HDL), menekan terjadinya pembekuan darah, menjaga ritme denyut jantung dan menjaga fungsi jantung. Dengan konsumsi ikan tuna juga bisa mencegah penyakit jantung.

2. Sumber Protein Tubuh

Jika kita bahas protein maka yang terbayang adalah daging dan telur. Ternyata ikan tuna juga memiliki protein yang cukup tinggi, dan sangat baik untuk membantu kesehatan otot-otot agar tetap kuat. Protein ikan tuna juga baik untuk darah, rambut, kulit dan kuku.

3. Mencegah Alzheimer

Mengkonsumsi ikan tuna minimal sekali seminggu membantu neuron materi abu, yaitu bagian di otak yang berkaitan dengan memori dan kognisi. Penelitian menemukan, orang yang mengkonsumsi ikan tuna yang dipanggang atau dikukus, tetapi tidak dengan digoreng akan baik untuk kecerdasan dan mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

4. Mencegah Kanker Payudara

Kandungan Omega 3 pada ikan tuna berguna untuk menghambat enzim Proinflammatory yang merupakan enzim pendukung terjadinya kanker payudara. Omega 3 juga bisa berkhasiat untuk memperbaiki DNA.

5. Tekanan Darah Tinggi

Omega 3 ikan tuna merupakan asam lemak yang membantu mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penelitian mengungkapkan bahwa memakan ikan tuna yang mengandung asam lemak omega 3 akan membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Mereka yang belum mempunyai masalah tekanan darah tinggi maka dengan makan ikan tuna akan bermanfaat mencegah penyakit darah tinggi.

6. Memperbaiki Kesehatan Kulit Dan Rambut

Salah satu efeksamping atau bahaya diet lemak adalah merampas lemak yang sehat yang sangat dibutuhkan oleh rambut dan kulit. Hal ini akan membuat kulit dan rambut menjadi kering, kusam. Omega 3 pada ikan tuna akan memperbaiki kesehatan kulit dan rambut dan sebagai nutrisi untuk menjaga kulit Anda sehat dan rambut tampil berkilau.

7. Baik Untuk Mata

Ikan tuna sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Omega 3 nya mencegah tubuh melawan mascular degeneration pada mata. Hal tersebut adalah suatu keadaan ketika mata Anda mengalami penurunan penglihatan yang dapat kehilangan penglihatan pada usia lebih dari 50 tahun.

8. Mencegah Stroke

Kandungan Gizi yang tinggi pada ikan tuna berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit stroke. Dengan mengkonsumsi ikan tuna dapat mengurangi risiko terkena penyakit stroke.

9. Menurunkan Kadar Trigliserida

Trigliserida adalah penyusun utama pada minyak nabati dan lemak hewani. Dengan mengkonsumsi ikan tuna dua porsi dala seminggu, Anda bisa menurunkan kadar trigliserida. Trigliserida dalam aliran darah merupakan jumlah lemak yang akan diproses. Jika Anda mempunyai kadar trigliserida tingkat tinggi, maka akan tinggi pula kadar kolesterol jahat pada tubuh Anda, dan menjadi rendah kolesterol baiknya (HDL). Dengan konsumsi ikan tuna maka tubuh akan mendapatkan keseimbangan.

Baca juga: Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh Kulit Dan Wajah

Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

Ada manfaat lain dengan mengkonsumsi ikan tuna, antara lain:

1. Imunitas Tubuh

Ikan tuna selain sumber protein, ia juga merupakan sumber selenium. Antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem kekebalan tubuh adalah bagian penting bagi kesehatan tubuh yang merupakan bagian integral untuk melawan penyakit dan infeksi.

2. Mencegah Obesitas

Manfaat lain dari asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan tuna adalah kemampuannya dalam mengurangi risiko obesitas atau kegemukan, sekaligus meningkatkan respon insulin. Selain itu, kandungan EPA yang tinggi pada ikan tuna mampu menstimulasi hormon leptin sehingga berkhasiat untuk mencegah kegemukan.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Ikan tuna berguna untuk meningkatkan fungsi mengingat karena kandungan asam lemak omega 3 nya. Sehingga menghindarkan kita dari masalah degenerasi otak atau alzheimer karena akan melancarkan suplai darah ke otak.

4. Merupakan Sumber Vitamin B

Ikan tuna merupakan sumber vitamin B untuk tubuh yang membantu membangun dan memelihara sel darah merah dan meningkatkan energi. Vitamin B merupakan jenis vitamin yang larut dalam air, sehingga mampu meningkatkan metabolisme, memperkuat kekebalan tubuh dan membantu kesehatan kulit Anda.

5. Menghilangkan Depresi

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa kandungan omega 3 ikan tuna mampu menghilangkan depresi seseorang. Kandungan ini lebih bagus dari obat antidepresan. Jika Anda mengalami depresi atau stres dengan makan ikan tuna menjadi solusi untuk mengatasinya.

Amankah Ikan Tuna Untuk Ibu Hamil?

Memang banyak manfaat ikan tuna untuk kesehatan manusia. Namun, ada efeksamping atau bahaya ikan tuna, yaitu bahaya ikan tuna untuk ibu hamil. Ikan tuna kaleng tidak disarankan dikonsumsi selama kehamilan, karena adanya risiko terkontaminasi merkuri yang dapat mempengaruhi perkembangan janin.

Wanita hamil disarankan untuk membatasi makan asupan ikan tuna, namun bukan sepenuhnya menghindarinya, sebab ikan tuna mengandung nutrisi langka yang sangat baik untuk janin. Ikan tuna cenderung mengandung polutan lingkungan seperti dioxin. yang meningkatkan beberapa risiko kesehatan bagi ibu dan janin. Konsumsi ikan tuna kalengan yang terkontiminasi merkuri selama kehamilan bisa membawa dampak buruk. Seperti, gangguan otak dan sel saraf janin dan perkembangannya.

Oleh karena itu sangat penting untuk bisa memilih ikan tuna pada saat membelinya. inilah beberapa tips memilih ikan tuna agar gizi tetap terjaga.

Tips Memilih Ikan Tuna

Untuk mendapat manfaat ikan tuna kita harus pintar memilihnya, berikut adalah cara memilih ikan tuna yang baik dan benar, yakni:

1. Aroma

Perlu diperhatikan dalam memilih ikan tuna yaitu aroma ikan. Ikan tuna segar beraroma laut yang khas. Waspadai ikan tuna yang berbau anyir dan busuk yang menyengat.

2. Kulit Lembab

Jika Anda memilih ikan tuna, sangat perlu Anda perhatikan kondisi kulitnya. Jika Anda membeli ikan tuna di supermarket seperti mall, hindari memilih ikan tuna yang kulitnya kering, karena menandakan tidak segar lagi. Pilih ikan tuna yang berwarna merah kulitnya dan kenyal saat ditekan dagingnya.

3. Hindari Beli Potongan

Langkah terakhir memilih ikan tuna yang benar adalah jangan membeli potongan. Banyak pedagang yang menjual ikan tuna potongan, hal ini menghindari  ulah nakal pedagang yang memberi bahan kimia agar  terlihat nampak segar dan menggoda. sebaiknya beli utuh, jika nanti sisa, Anda bisa menyimpannya dalam kulkas untuk dimasak lain waktu.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat ikan tuna, bahayanya dan cara memilihnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Manusia Dan Kecantikan

Loading...

Leave a Comment