Manfaat Jagung: Untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Kecantikan

Selain padi dan gandum, jagung merupakan tanaman pangan penghasil karbohidrat yang baik di dunia. Karena kadungan inilah jadung dimanfaatkan untuk pengganti nasi. Tidak hanya itu, ternyata ada banyak manfaat jagung untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Loading...

Jagung juga memiliki kandungan lainnya, seperti Vitamin B, vitamin C, karoten, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, omega 6 dan lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Buah yang berasal dari amerika latin ini, kaya akan manfaat. Disamping bisa digunakan untuk pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

Jangung juga bisa diolah menjadi berbagai aneka makanan, antara lain pop-corn, jagung rebus, dan jagung bakar. Tidak hanya itu saja, bahkan jagung bisa diproses menjadi pemanis buatan pengganti gula yang cocok untuk penderita diabetes.

Ternyata panganan murah yang satu ini mempunyai segudang khasiat. Berikut ini manfaat jagung manis untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Loading...

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat jagung

1. Mencegah Anemia

Jagung adalah obat anemia. Cukup dengan mengkonsumsinya secara rutin maka masalah kurang darah Anda akan segera diatasi. Hal ini karena pada jagung memiliki kandungan vitamin B12 dan zat besi, serta asam folat yang merupakan produsen hemoglobin dalam tubuh. Dengan konsumsi jagung, maka Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk mengobati anemia.

2. Pengganti Nasi

Jagung merupakan sumber karbohidrat kompleks yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti nasi. Dan jagung juga memiliki kandungan rendah kalori. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, bisa memasukkan jagung ini sebagai menu untuk dikonsumsi.

Dengan mengonsumsi jagung bisa memberikan rasa kenyang yang lama. Hal ini yang membedakan jagung dengan nasi, jika nasi memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yang membuat tubuh gampang melar, sehingga tidak cocok untuk diet.

3. Menyehatkan Pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi, jagung mampu membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Serat pada jagung juga bisa untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Maka konsumsilah jagung untuk kesehatan dan meningkatkan kinerja sistem pencernaan Anda, dan sekaligus dapat meningkatkan dan melancarkan proses metabolisme tubuh Anda.

4. Mengobati Diabetes

Baca juga: Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Anda

Bagi Anda yang penderita diabetes, jagung sangat baik untuk Anda konsumsi. Hal ini karena pada jagung memiliki kandungan bioflavanoid dan karotenoid yang bermanfaat untuk menyerap dan mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Memperkuat Tulang

Jagung memiliki kandungan magnesium, zat besi, tembaga, kalsium dan fosfor. Kandungan tersebut sangat baik manfaatnya untuk tulang. Tulang menjadi kuat, dan kokoh. Sehingga akan mencegah dari masalah osteoporosis.

6. Menyehatkan Jantung

Jagung mengandung vitamin C, karotenoid dan bioflavanoid yang berkhasiat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini akan menjadikan jantung Anda menjadi lebih sehat.

7. Menyehatkan Mata

Jagung merupakan sumber betakaroten. Betakaroten adalah pembentuk vitamin A, dengan Anda konsumsi jagung dalam jumlah yang normal akan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh organ penglihatan Anda yaitu mata. Penglihatan akan sehat dan terhindar dari masalah mata seperti rabun.

8. Mencegah Wasir

Dalam secangkir jagung mengandung serat sekitar 18,4 persen. Hal ini bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan asupan serat. Dengan kebutuhan serat yang tercukupi maka akan mencegah masalah pencernaan seperti ambeien dan sembelit.

Serat bermanfaat juga untuk melancar buang air besar, yang dapat merangsang peristaltik serta merangsang produksi asam lambung dan empedu. Sehingga hal ini, akan membantu Anda terhindar dari masalah diare atau pun wasir.

9. Mencegah Alzheimer.

Jagung juga dapat mencegah terjadinya penyakit alzheimer, karena jagung merupakan sumber timin. Timin berperan dalam reaksi enzimatik pusat produksi energi dan fungsi sel otak. Hal tersebut sangat diperlukan untuk sintesis asetikolin. Sebuah neotransmitter yang penting untuk memori dan jika berkurang maka bisa berakibat menjadi pikun dan penyakit alzheimer.

Baca juga: Manfaat seledri

Manfaat Jagung Untuk Kecantikan Wajah

Jagung memiliki antioksidan yang tinggi. Dengan itu, jagung berfungsi juga untuk menutrisi seluruh jaringan kulit pada tubuh. Tidak mengherankan jika khasiatnya bisa membuat kulit menjadi awet muda dan mencegah kulit keriput dan kendur.

Selain itu, manfaat jagung untuk kecantikan adalah menambah berat badan. Badan kurus menjadikan berat badan kurang ideal, dan hal itu tentu akan mengurangi kecantikan tubuh Anda. Bagi Anda yang ingin menambah berat badan, maka jagunglah pilihan tepat sebagai solusinya. Karena jagung memiliki kandungan kaya kalori dan karbohidrat yang mampu meningkatkan berat badan.

Khasiat jagung juga bisa untuk mengatasi kerontokan rambut. jagung mengandung lemak dan vitamin E, dengan demikian, minyak jagung dan vitamin E nya dapat membantu untuk menjaga folikel rambut tetap baik. Antioksidannya dapat mencegah kerusakan rambut dari radikal bebas.

Oleh karena itu, minyak jagung mampu mengatasi rambut rontok. Ditambah lagi kandungan kalsiumnya juga, hal ini akan memaksimalkan perannya dalam kesehatan rambut Anda dan terhindar dari kerontokan.

Baca juga: Manfaat daun singkon

Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil

Jagung sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Jagung kaya kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Kekurangan asam folat pada masa kehamilan menyebabkan berat badan bayi bermasalah.

Mengkonsumsi asupan asam folat pada ibu hamil, akan bermanfaat pembentukan jaringan sel otak pada janin, sehingga akan mendukung proses kecerdasan anak nantinya. Maka bagi Anda yang sedang hamil, mengkonsumsi jagung akan sangat bermanfaat.

Loading...

2 thoughts on “Manfaat Jagung: Untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Kecantikan”

  1. banyak juga yaa ternyata manfaat dari mengkonsumsi jagung, bisa untuk ibu hamil dan kecantikan wajah pula

    Reply

Leave a Comment